The Selfish Gene

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
The Selfish Gene
PengarangRichard Dawkins
SubjekBiologi evolusioner
PenerbitOxford University Press
Tanggal terbit
1976
Halaman224
ISBNISBN 0-19-857519-X
OCLC2681149
Diikuti olehThe Extended Phenotype 

The Selfish Gene adalah buku mengenai evolusi karya Richard Dawkins. Buku ini dibuat berdasarkan teori George C. Williams dalam bukunya Adaptation and Natural Selection.

Dawkins menggunakan istilah "gen egois" sebagai cara untuk mengekspresikan pandangan evolusi berpusat-pada-gen yang menentang pandangan yang terfokus pada organisme dan kelompok, mempopulerkan ide-ide yang dikembangkan pada 1960-an oleh WD Hamilton dan lain-lain. Dari pandangan berpusat-gen, makin terkait secara genetis dua individu, makin masuk akal (pada tingkat gen) bahwa mereka berperilaku kurang egois satu sama lain. Oleh karena itu konsep ini sangat baik untuk menjelaskan banyak bentuk altruisme. Istilah ini tidak boleh dirancukan dengan istilah gen keegoisan.

Dalam bukunya, ia menjelaskan:

Suatu organisme ini diharapkan untuk berevolusi memaksimalkan kesesuaian yang inklusif—jumlah salinan gen yang diwariskan secara global (bukan oleh individu tertentu). Akibatnya, populasi akan cenderung ke arah strategi evolusi yang stabil. Buku ini juga mengenalkan istilah "meme" untuk unit evolusi budaya manusia sebagai analogi untuk gen, menunjukkan bahwa replikasi "egois" demikian juga dapat memodelkan budaya manusia, dalam arti yang berbeda. Memetika telah menjadi subyek banyak penelitian sejak penerbitan buku ini.

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ (Dawkins 1976, hlm. 35)

Pranala luar[sunting | sunting sumber]