The Princess Diaries (film)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
The Princess Diaries
Berkas:The Princess Diaries film.jpg
Poster film The Princess Diaries
SutradaraGarry Marshall
ProduserWhitney Houston
Debra Martin Chase
Ditulis olehMeg Cabot (novel),
Gina Wendkos
PemeranJulie Andrews,
Anne Hathaway,
Mandy Moore
DistributorBuena Vista Pictures
Tanggal rilis
3 Agustus 2001
Durasi115 menit
Anggaran~US$37.000.000
IMDbInformasi di IMDb

The Princess Diaries adalah sebuah film komedi Amerika Serikat yang diproduksi oleh penyanyi dan aktris Whitney Houston dan disutradarai oleh Garry Marshall. Film ini berdasarkan novel berjudul sama karya Meg Cabot yang bercerita tentang seorang remaja yang menemukan fakta bahwa ia adalah seorang putri bangsawan. Anne Hathaway mengawali debut kariernya sebagai aktris di film ini, berperan sebagai tokoh utama Mia Thermopolis, beradu akting dengan Julie Andrews sebagai Ratu Clarisse Renaldi, Heather Matarazzo sebagai Lilly Moscovitz, Héctor Elizondo sebagai Joseph, and Robert Schwartzman sebagai Michael.

Film ini dirilis di Amerika Utara pada tanggal 3 Agustus 2001, meraup sukses secara komersial dengan pendapatan 165,3 juta dolar AS. Sekuel film ini berjudul The Princess Diaries 2: Royal Engagement, yang dirilis pada bulan Agustus 2004.

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Mia Thermopolis (Anne Hathaway) adalah seorang remaja putri yang tinggal bersama ibunya, Helen, di San Francisco. Sampai remaja, ia menjalani hidupnya sebagaimana orang biasa namun suatu ketika ia diundang oleh neneknya, Ratu Clarisse Renaldi (Julie Andrews) — yang belum pernah ia kenal — untuk berkunjung ke Kedutaan Besar Genovia dan terungkap bahwa ayahnya adalah putra mahkota Kerajaan Genovia namun sayangnya sudah meninggal dunia.

Mia yang harus memilih antara tinggal di San Francisco atau menjadi putri (dan kelak menjadi ratu) di Genovia. Selama ia harus memutuskan hal tersebut, Mia diberi pelajaran tata krama layaknya seorang putri. Selama masa itu pula neneknya menjadi lebih dekat dengannya. Namun hubungan mereka sempat renggang karena Mia terlibat dalam skandal yang disebabkan oleh pria yang ia sukai dalam suatu acara sekolah.

Pada akhirnya, Mia yang awalnya hendak melepas gelar putri dan kabur malah memilih untuk menjadi putri dari Kerajaan Genovia.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]