The Duchess (film)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
The Duchess
Poster film The Duchess
SutradaraSaul Dibb
ProduserMichael Kuhn
Gabrielle Tana
Ditulis olehJeffrey Hatcher
Anders Thomas Jensen
Saul Dibb
Berdasarkan
Georgiana, Duchess of Devonshire
oleh Amanda Foreman
PemeranKeira Knightley
Ralph Fiennes
Charlotte Rampling
Dominic Cooper
Hayley Atwell
Penata musikRachel Portman
SinematograferGyula Pados
PenyuntingMasahiro Hirakubo
Perusahaan
produksi
Qwerty Films
Magnolia Mae Films
DistributorPathé Distribution
(Britania Raya)
Paramount Vantage
(Amerika Serikat)
Tanggal rilis
  • 3 September 2008 (2008-09-03) (London)
  • 5 September 2008 (2008-09-05) (Britania Raya)
  • 19 September 2008 (2008-09-19) (terbatas di Amerika Serikat)
  • 10 Oktober 2008 (2008-10-10) (secara luas di Amerika Serikat)
Durasi110 menit[1]
NegaraBritania Raya
Prancis
BahasaBahasa Inggris
Anggaran£13,5 juta ($17 juta)[2]
Pendapatan
kotor
$43.306.325[3]

The Duchess adalah film biografi drama sejarah tahun 2008 yang disutradarai oleh Saul Dibb dan diproduseri oleh Michael Kuhn dan Gabrielle Tana. Naskah film ini ditulis oleh Jeffrey Hatcher, Anders Thomas Jensen dan Saul Dibb berdasarkan buku Georgiana, Duchess of Devonshire karya Amanda Foreman. Film ini dibintangi oleh Keira Knightley, Ralph Fiennes, Charlotte Rampling, Dominic Cooper dan Hayley Atwell.

Film The Duchess ditayangkan secara perdana di London pada tanggal 3 September 2008 dan dirilis di Britania Raya pada tanggal 5 September 2008.[4] Film ini dirilis di Amerika Serikat pada tanggal 19 September 2008 secara terbatas dan 10 Oktober 2008 secara luas.[5] Film ini mendapatkan review rerata dari para kritikus.

Plot[sunting | sunting sumber]

Georgiana (Keira Knightley) dikontrak untuk menikah dengan William Cavendish (Ralph Fiennes), dengan harapan Georgiana bisa memiliki anak laki-laki dan menjadi pewaris keluarga Cavendish. Georgiana kecewa dengan suaminya ketika Charlotte (Camilla Arfwedson), putri William tanpa ibu, datang untuk tinggal bersama mereka saat Georgiana hamil. William mengharapkan Georgiana menjadi ibu Charlotte. Ketika Georgiana melahirkan seorang putri, William merasa tidak senang.

Georgiana bergaul dengan Bess Foster (Hayley Atwell) di kota spa, Bath, dan ia dengan ramah mengundang Bess untuk tinggal bersama mereka, karena Bess tidak punya tempat lain untuk pergi. William berselingkuh dengan Bess, menyebabkan Georgiana merasa dikhianati oleh teman satu-satunya. Bess menjelaskan kepada Georgiana bahwa motifnya adalah untuk mendapatkan kontak kembali dengan tiga putranya dan hidup bersama mereka.

Georgiana mulai berselingkuh dengan Charles Grey (Dominic Cooper). William marah ketika Georgiana menyatakan bahwa sejak William berselingkuh dengan Bess, Georgiana seharusnya diizinkan berselingkuh dengan Charles sebagai selingan. William memperkosa Georgiana demi memiliki seorang anak laki-laki.

Bess mendorong hubungan antara Georgiana dan Charles setelah kelahiran putra Georgiana. Segera setelah itu, seluruh masyarakat London mengetahui perselingkuhan Georgiana. William mengancam untuk mengakhiri karier politik Charles dan melarang Georgiana agar tidak melihat anak-anaknya lagi jika Georgiana tidak mengakhiri perselingkuhan. Setelah awalnya menolak, Georgiana menyadari apa maksud Bess tentang tidak ada batasan dengan apa yang akan dilakukan demi anak-anak mereka. Georgiana mengakhiri hubungannya dengan Charles, namun ia memberitahu William bahwa ia hamil dari Charles. Georgiana dikirim ke pedesaan di mana ia diam-diam melahirkan putri mereka, Eliza Courtney, yang diberikan kepada keluarga Charles untuk dibesarkan sebagai keponakan Charles.

Georgiana menemukan kenyamanan dalam persahabatan dengan Bess ketika ia melahirkan Eliza. Georgiana dan William saling berdamai satu sama lain dan bersama Bess, mereka melanjutkan hidup mereka bersama.

Film ini berakhir dengan Georgiana yang mengunjungi putrinya, Eliza, secara diam-diam. Eliza melanjutkan untuk menamai putrinya sendiri Georgiana sama dengan nama ibunya. Charles kemudian menjadi Perdana Menteri Britania Raya pada masa pemerintahan Raja William IV. Georgiana mengizinkan William dan Bess untuk menikah sebelum ia meninggal.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

  • Keira Knightley sebagai Georgiana Cavendish, Duchess of Devonshire
  • Ralph Fiennes sebagai William Cavendish, 5th Duke of Devonshire
  • Hayley Atwell sebagai Lady Elizabeth "Bess" Foster
  • Charlotte Rampling sebagai Georgiana Spencer, Countess Spencer, ibu Georgiana
  • Dominic Cooper sebagai Charles Grey, 2nd Earl Grey
  • Aidan McArdle sebagai Richard Brinsley Sheridan
  • Simon McBurney sebagai Charles James Fox
  • Sebastian Applewhite sebagai Sir Augustus Clifford, 1st Baronet
  • Calvin Dean sebagai pengurus rumah Devonshire
  • Emily Jewell sebagai pengurus rumah
  • Richard McCabe sebagai Sir James Hare
  • Bruce Mackinnon sebagai aktor yang memerankan tokoh Sir Peter Teazle dalam The School for Scandal
  • Alistair Petrie sebagai Heaton
  • Georgia King sebagai aktris yang memerankan tokoh Lady Teazle dalam The School for Scandal
  • Camilla Arfwedson sebagai Lady Charlotte

Tanggapan Kritikus[sunting | sunting sumber]

Film The Duchess mendapatkan review rerata dari para kritikus. Berdasarkan Rotten Tomatoes, film ini memiliki rating 61%, berdasarkan 165 ulasan, dengan rating rata-rata 6,2/10.[6] Berdasarkan Metacritic, film ini mendapatkan skor 62 dari 100, berdasarkan 34 kritik, menunjukkan "ulasan yang baik".[7]

Box Office[sunting | sunting sumber]

Film The Duchess mendapatkan $13.848.978 di Amerika Utara dan $29.457.347 di negara lain. Total pendapatan yang dihasilkan oleh film ini mencapai $43.306.325, melebihi anggaran produksi film $17 juta.[3]

Pada pembukaan akhir pekan secara terbatas, film ini mendapatkan $190.426, menempati posisi ke-32 di box office. Namun, pada pembukaan akhir pekan secara luas, film ini mendapatkan $3.304.841, menempati posisi ke-9 di box office.[3]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "The Duchess (12A)". British Board of Film Classification. August 26, 2008. Diakses tanggal March 24, 2014. 
  2. ^ Gritten, David (August 16, 2008). "On-set report: The Duchess". The Daily Telegraph. Diakses tanggal March 23, 2018. 
  3. ^ a b c "The Duchess (2008)". Box Office Mojo. Diakses tanggal March 23, 2018. 
  4. ^ "Knightley stars at Duchess launch". BBC News. September 3, 2008. Diakses tanggal March 23, 2018. 
  5. ^ McClintock, Pamela (March 31, 2008). "2008 awards season shaping up". Variety. Diakses tanggal March 23, 2018. 
  6. ^ "The Duchess (2008)". Rotten Tomatoes. Diakses tanggal February 13, 2018. 
  7. ^ "The Duchess reviews". Metacritic. Diakses tanggal February 13, 2018. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]