The Chemical Brothers

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Chemical Brothers tampil di Italia pada 2005.

The Chemical Brothers merupakan duo komponis musik elektronik yang berasal dari Inggris.[1] Adalah Tom Rowlands and Ed Simons yang mendirikan grup ini di Manchester, Lancashire, Inggris pada tahun 1989. Musik mereka menjadi bagian dari pergerakan musik elektronika.

The Chemical Brothers menyatukan berbagai musik, seperti Public Enemy, Cabaret Voltaire, dan My Bloody Valentine untuk menciptakan sebuah musik campuran yang terdiri atas dance-rock-rap fusion. Menurut mereka, musik tersebut dapat menyaingi sekolah DJ terbaik dan tertua.[2]

Mereka bertemu pertama kali di kampus yang sama, yaitu the University of Manchester pada 1989. Mereka berdua mempelajari sejarah di universitas tersebut. Sejak itu, keduanya tak dapat dipisahkan dan mulai merencanakan untuk membuat grup musik.[3]Mereka dapat dikatakan sebagai sosok yang idealis dalam bermusik, tanpa mau disebut sebagai selebritas setelah meraih popularitas pada era 90-an.

Untuk memulai berkarier sebagai DJ, Tom Rowlands and Ed Simons memutuskan untuk mengubah kamar mereka menjadi studio rekaman.

Mereka merupakan pionir suatu gaya musik yang kemudian disebut big beat. Mereka telah membuktikan bahwa musik dansa yang mereka ciptakan dapat diterima publik Inggris dan Amerika.

Referensi[sunting | sunting sumber]