Telenovela

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Telenovela adalah judul kolektif untuk semua serial televisi drama berbahasa Spanyol dari Amerika Latin yang memunculkan berbagai jenis novel televisi. Kata ini menggabungkan tele, singkatan untuk televisión atau televisão (bahasa Spanyol dan Portugis untuk televisi), dan novela, sebuah kata yang studi sastra Latin bergaul dengan romantis menengah-span dan kata bahasa Spanyol atau Portugis untuk "novel". Telenovela adalah genre yang berbeda berbeda dari opera sabun, untuk telenovelas memiliki akhir dan berakhir setelah jangka panjang (umumnya kurang dari satu tahun). Telenovela menggabungkan drama dengan roman bersambung pada abad ke-19 dan radionovela Amerika Latin. Media telah digunakan berulang kali untuk mengirimkan pesan sosial budaya dengan memasukkan mereka ke dalam alur cerita.[1]

Berbeda dengan serial televisi di negara-negara Barat, telenovela biasanya hanya terdiri atas satu musim. Telenovela juga kerap mengangkat permasalahan sosial kontemporer dan memiliki banyak jalan cerita kompleks yang dipadatkan dalam satu musim tayang tersebut.[2]

Telenovela berdasarkan negara[sunting | sunting sumber]

Indonesia[sunting | sunting sumber]

Brasil[sunting | sunting sumber]

Rede Globo di Brasil biasanya menayangkan tiga telenovela setiap hari Senin hingga Sabtu. Masing-masing telenovela dikenal berdasarkan jam tayangnya yakni telenovela das seis (telenovela pukul 18.00), telenovela das sete (telenovela pukul 19.00), dan telenovela das nove (telenovela pukul 21.00).[3] Dalam satu telenovela Brasil biasanya memiliki tiga hingga empat jalan cerita berbeda yang merefleksikan kondisi sosio-ekonomi masyarakat Brasil yang terpisah berdasarkan kelas-kelas tersebut. Telenovela Brasil biasanya dibuat secara kejar tayang, direkam sekitar 15 hari sebelum rencana penayangan episode tersebut agar produser dapat mempelajari apakah jalan cerita atau suatu tokoh disukai penonton atau tidak.[2]

Pada tahun 2012, Avenida Brasil di Rede Globo diestimasikan meraup pendapatan lebih dari R$ 2,5 miliar (atau hampir Rp. 10 triliun). Slot iklan sepanjang 30 detik selama penayangan telenovela tersebut dihargai hingga R$ 1 juta (hampir Rp. 4 miliar) dan banyak perusahaan yang rela membeli slot-slot tersebut.[2]

Kolombia[sunting | sunting sumber]

Yo soy Betty, la fea karya Fernando Gaitán yang tayang antara tahun 1999 hingga 2001 adalah salah satu telenovela paling terkenal dari Kolombia yang turut mengangkat reputasi Kolombia di kancah internasional. Telenovela ini terdiri atas 334 episode, telah ditayangkan di 180 negara, ditafsirkan ke dalam 25 bahasa, dan diadaptasi ke dalam teater.[4]

Venezuela[sunting | sunting sumber]

Salah satu warisan dari era Hugo Chávez adalah "telenovela sosialis" seperti Teresa en Tres Estaciones yang mengisahkan dampak pengembangan sistem perkeretaapian terhadap tiga tokoh wanitanya.[5]

Meksiko[sunting | sunting sumber]

Televisa dan TV Azteca keduanya merupakan perusahaan media terbesar di Meksiko yang memproduksi telenovela. Pesaing utama mereka adalah perusahaan independen Argos Comunicación. Telenovela yang diproduksi oleh jaringan Telemundo yang berbasis di Amerika Serikat cenderung mengikuti model Meksiko. Sebelumnya, telenovela sering dianggap digunakan sebagai alat pemerintah untuk mengalihkan perhatian warga negara dari isu-isu nasional, sebuah alasan yang disebut-sebut menyebabkan penurunan sementara kredibilitas dan daya tarik popularitasnya. Saat ini, televisi Meksiko telah berhasil melawan pengaruh pemerintah dalam telenovela-nya. Secara khusus, sekitar tahun 1990, Televisa menemukan pasar yang sangat besar untuk telenovelanya di wilayah seperti Brasil dan sebagian Amerika Latin, Eropa Timur pasca-Perang Dingin, dan Asia. Hal ini memicu apa yang disebut 'Telenovela Craze'. Para ahli media memuji tindakan Televisa yang mengekspor telenovelanya pada awal 1990-an, dan menyaingi gelombang komedi situasi Amerika yang disiarkan ke seluruh dunia pada periode yang sama.

Amerika Serikat[sunting | sunting sumber]

Telemundo adalah satu-satunya jaringan televisi Amerika Serikat yang memproduksi telenovela. Produksi bersama telenovela pertamanya adalah Amantes del desierto (dengan RTI) dan Cara o cruz (dengan Argos) pada tahun 2001. Jaringan ini juga ikut memproduksi telenovela Vale Todo tahun 2002 bersama dengan TV Globo, serial tersebut tidak berjalan dengan baik di tahun 2002. peringkat. Pada tahun 2003, Telemundo mulai memproduksi novelnya di Amerika Serikat di Miami, dimulai dengan produksi bersama RTI, Amor Descarado. Telemundo semakin sukses dengan telenovelanya, yang juga telah disindikasikan ke Kolombia, Venezuela, Peru, dan Chili. Argos mengakhiri kesepakatan produksi bersama dengan Telemundo pada tanggal 31 Desember 2006, dengan produksi bersama terakhir adalah Marina. Telemundo terus memproduksi telenovela bersama RTI tetapi juga mulai memproduksi serialnya sendiri. Pada tahun 2005, jaringan tersebut membuka Telemundo Television Studios di Miami, sebagai studio produksi telenovelanya; Dame Chocolate juga menjadi telenovela pertama yang diproduksi sepenuhnya oleh Telemundo. Pada tahun 2006, Telemundo menyiarkan dua telenovela yang tidak dibuat oleh jaringan atau mitranya, Amor mío (diproduksi bersama oleh Televisa dan Telefe) dan La Esclava Isaura (diproduksi oleh Record).

Filipina[sunting | sunting sumber]

Telenovela produksi dalam negeri pertama kali muncul di televisi Filipina pada tahun 1960an, dimulai dengan program ABS-CBN Hiwaga sa Bahay na Bato. Format telenovela Filipina hampir sama dengan telenovela Spanyol dan Meksiko, karena banyak meminjam unsur termasuk banyak klise. Namun, telenovela Filipina, yang menggambarkan realitas masyarakat Filipina (dan juga sebagian besar masyarakat Asia lainnya), telah berkembang selama beberapa dekade dan menampilkan karakteristik khusus yang berbeda dari kebanyakan telenovela di dunia.

Akhir tahun 1980-an dan 1990-an bertepatan dengan berakhirnya darurat militer dan perluasan jaringan televisi komersial seiring dengan pelonggaran kendali pemerintah Filipina terhadap pers dan media. Dengan bantuan program nasional yang simultan di seluruh Filipina dan munculnya "kegemaran telenovela" yang dipicu oleh telenovela Meksiko yang disiarkan ke seluruh dunia, komedi situasi Filipina yang sebelumnya dominan telah digantikan oleh serial drama produksi dalam negeri yang ditayangkan di televisi pada jam tayang utama untuk mendorong lebih banyak persaingan antar jaringan dan televisi. menjangkau lebih banyak khalayak di seluruh negeri. Contoh telenovela klasik tersebut antara lain Flordeluna, Villa Quintana, Mara Clara, Esperanza, Valiente, Kung Mawawala Ka, Mula sa Puso dan Sa Dulo Ng Walang Hanggan.

Drama televisi Filipina modern biasanya disebut teleserye, gabungan dari kata Filipina "telebisyon" ("televisi") dan "serye" ("serial"). Istilah "teleserye" berasal dari tahun 2000-an dari Pangako Sa 'Yo yang diproduksi ABS-CBN, yang dijuluki oleh media Filipina sebagai teleserye sejati pertama serta serial televisi Filipina yang paling banyak diekspor dan paling banyak ditonton di luar negeri. Pada abad ke-21, teleseri mungkin termasuk dalam satu atau beberapa genre seperti fantasi, ketegangan, aksi, atau komedi, tetapi menampilkan beberapa variasi baru dari telenovela Filipina sebelumnya pada abad sebelumnya. Pada tahun 1997–2004, Saluran Internasional dari comcast menayangkan Telenovela seperti Pangako Sa 'Yo, Basta't Kasama Kita, Mula sa Puso, Recuerdo de Amor, Saan Ka Man Naroroon, dan Flames pada siaran internasionalnya. Seri terakhir yang mengudara di jaringan AZN adalah Krystala dan Marina.

Korea Selatan[sunting | sunting sumber]

Telenovela Korea sering kali mirip dengan opera sabun tetapi tanpa alur cerita yang tiada habisnya dan konten seksual yang jujur. Drama-drama ini biasanya melibatkan konflik seputar pacaran dan hubungan perkawinan, masalah keuangan, hubungan antara anggota keluarga dan mertua (biasanya antara ibu mertua dan menantu perempuan), dan seringkali cinta segitiga yang rumit. Pahlawan wanita biasanya jatuh cinta dengan tokoh utama yang mungkin memperlakukannya dengan buruk untuk sementara waktu, tidak seperti orang yang selalu peduli padanya. Telenovela Korea cenderung tayang lebih dari 100 episode (jarang melebihi 200) dan mengudara dari Senin hingga Jumat. Penyiar dan produser utama adalah KBS, MBC dan SBS.

Korea Selatan menjadi salah satu produser drama televisi terbesar di Asia pada awal abad ke-21. Drama Korea telah diekspor secara global dan berkontribusi pada fenomena Gelombang Korea yang dikenal dengan Hallyu.

Turki[sunting | sunting sumber]

Turki mulai memproduksi telenovela sendiri, yang juga dikenal dalam bahasa Turki sebagai televizyon dizileri, pada akhir tahun 1990-an bersamaan dengan Filipina dan Korea Selatan yang mulai mengekspor drama televisi mereka sendiri ke berbagai belahan dunia. Alur cerita drama Turki biasanya didasarkan pada novel klasik serta latar sejarah negara tersebut (kebanyakan selama periode Kekaisaran Ottoman), dan diketahui memiliki episode yang masing-masing berdurasi setidaknya dua jam, lebih lama daripada episode telenovela biasa. Acara drama ini, secara umum, berjenis miniseri, biasanya berdurasi kurang dari setengah tahun, dan disiarkan dalam bentuk serial kalengan atau siaran simultan di pasar televisi utama Turki dengan teks film dalam berbagai bahasa, bergantung pada negara di luar Turki yang menayangkan acara tersebut. telah ditayangkan.

India[sunting | sunting sumber]

Thailand[sunting | sunting sumber]

Thailand mulai memproduksi telenovela sendiri, yang juga dikenal dalam bahasa Thailand sebagai Lakorn, pada tahun 1990-an bersamaan dengan Filipina, Turki, dan Korea Selatan mulai mengekspor drama televisi mereka sendiri juga ke beberapa wilayah Asia. Sinetron Thailand pertama Dao Pra Sook secara internasional di Kamboja, disusul Singapura dengan Nang Tard dan Love Destiny, serta Filipina dengan You're My Destiny. Demikian pula, konten Thailand juga mendapatkan banyak pengikut di Filipina, dengan sejumlah serial Thailand seperti 2gether: The Series dan The Gifted secara teratur menduduki puncak tren Twitter di negara tersebut.

Kajian telenovela[sunting | sunting sumber]

Akademisi budaya Amerika Latin dan Latino di Amherst College Ilan Stavans dalam tulisannya mengimbau khalayak, terutama civitas academica, agar tidak merasa malu dan menganggap sebelah mata telenovela karena ia merupakan bagian dari budaya populer layaknya "strip komik, fiksi ilmiah, dan serial komedi Seinfeld" yang telah diajarkan dalam perkuliahan di berbagai universitas di Amerika Serikat.[5]

Daftar telenovela populer[sunting | sunting sumber]

Telenovela Tayangan Jumlah Episode Lokasi
Amor Mio Telefe 100 Argentina
Luz Clarita Televisa 122 Meksiko
Carita de ángel Televisa 175 Meksiko
La Madrastra Televisa 256 Meksiko
Morelia Univision 206 Amerika Serikat dan Meksiko

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Brown, William J. (Winter 1992). "Sociocultural Influences of Prodevelopment Soap Operas in the Third World". Journal of Popular Film and Television. 19 (4). Carnegie Endowment for International Peacen. hlm. 157. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2008-07-18. Diakses tanggal 4 September 2008. 
  2. ^ a b c "What Australia's TV networks can learn from Brazil's telenovelas". Radio National (dalam bahasa Inggris). 2014-07-01. Diakses tanggal 2019-02-19. 
  3. ^ "The telenovelas of Brazil". Radio National (dalam bahasa Inggris). 2014-06-27. Diakses tanggal 2019-02-19. 
  4. ^ Noticias RCN (2019-01-29), Noticias RCN 7 de la noche, martes 29 de enero de 2019, diakses tanggal 2019-02-19 
  5. ^ a b Stavans, Ilan (2013-07-01). "Teaching Telenovelas". The Chronicle of Higher Education (dalam bahasa Inggris). ISSN 0009-5982. Diakses tanggal 2019-02-19. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]