Teater Kecil

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Gambar Arifin C Noer, pendiri Teater Kecil.

Teater Kecil adalah sebuah kelompok teatrikal yang didirikan oleh Arifin C. Noer setelah ia pindah dan tinggal di Jakarta pada tahun 1968.[1][2] Teater Kecil menjadi salah satu gerbong dalam pembaharuan teater Indonesia.[1] Kekuatan mereka terletak pada tema-tema naskah yang mencerminkan kehidupan rakyat kecil seperti penderitaan, harapan dan integritas mereka.[1] Naskah-naskahnya menarik minat para teaterawan dari generasi yang lebih muda, sehingga karyanya banyak dipentaskan di berbagai tempat.[2] Teater Kecil diangggap dekat akrab dengan publik karena Arifin C. Noer memasukkan unsur-unsur budaya seperti lenong, stambul, boneka (marionet), wayang kulit maupun golek, dan melodi pesisir.[2] Lakon-lakonnya yang penting antara lain: Sumur Tanpa Dasar, Tengul, Orkes Madun Bagian Pertama atau Madekur dan Tarkeni, Umang-umang, Sandek, Kapai-Kapai (1970), Madekur dan Tarkeni (1974), dan Sandek Pemuda Pekerja (1979) Dalam Bayangan Tuhan, Introgasi.[2][1] Lakon Kapai-Kapai dimainkan pula dalam bahasa Inggris dan Belanda di Amerika Serikat, Belgia, dan Australia.[2] Aktor-aktor terbaik dalam teater ini antara lain adalah Amak Baldjun, Jajang C.Noer dan pemusiknya adalah Embie C Noer.[2]

Rujukan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c d "Teater Kecil". Portal Resmi Provinsi DKI Jakarta. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2014-05-18. Diakses tanggal 18 Mei 2014. 
  2. ^ a b c d e f "Teater Kecil". Tokoh Indonesia. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2012-03-19. Diakses tanggal 18 Mei 2014.