Tabel (pangkalan data)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Suatu tabel ialah koleksi data berhubungan disimpan pada format tabel dalam suatu pangkalan data yang terdiri akan kolom dan baris.

Pada pangkalan data relasional, suatu tabel ialah himpunan akan elemen data (nilai) menggunakan sebuah model kolom vertikal (dapat ditandai dengan nama) dan baris horizontal, sel yang menjadi unit di mana baris dan kolom bersilangan.[1] Tabel terdapat jumlah kolom tertentu, tetapi dapat memiliki beberapa jumlah baris. Setiap baris ditandai dengan satu atau lebih nilai yang muncul pada himpunan kolom tertentu. Pilihan kolom spesifik tertentu yang secara unik mengidentifikasi baris disebut kunci primer.

Data pada sebuah tabel tidak harus secara fisik disimpan dalam pangkalan data. View juga berfungsi seperti tabel relasional, tetapi data yang ditampilkan akan berdasarkan kueri di waktu tersebut.

Hubungan dengan relasi[sunting | sunting sumber]

Pada istilah model relasional pangkalan data, suatu tabel dapat dianggap representasi mudah dari sebuah relasi, tetapi mereka tidak benar-benar sebanding. Sebagai contoh, sebuah tabel SQL dapat berpotensi mengandung baris duplikat, sedangkan sebuah relasi sungguhan tidak dapat berisi baris duplikat yang pula dikenal sebagai tupel. Demikian pula, representasi sebagai tabel menyiratkan sebuah urutan tertentu pada baris dan kolom, sementara relasi secara eksplisit tidak berurut. Bagaimanapun, sistem pangkalan data tidak menjamin urutan baris kecuali klausa ORDER BY ditentukan dalam pernyataan SELECT kueri akan tabel.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "cell", Merriam-Webster (definisi), diakses tanggal April 30, 2020