Sup konro

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Sup Konro)
Sup konro
Sup konro
Nama lainPallu Konro (Makassar)
SajianMakanan utama
Tempat asalIndonesia
DaerahMakassar
Suhu penyajianPanas
Bahan utamaIga sapi
VariasiKonro bakar
Sunting kotak info
Sunting kotak info • L • B
Info templat
Bantuan penggunaan templat ini

Sup konro atau Pallu konro adalah masakan sup iga sapi khas Indonesia yang berasal dari tradisi Etnik Makassar.[1] Sup ini biasanya dibuat dengan bahan iga sapi atau daging sapi.[1][2] Masakan berkuah warna coklat kehitaman ini biasa dimakan dengan burasa dan ketupat yang dipotong-potong terlebih dahulu. Warna gelap ini berasal dari buah kluwek yang memang berwarna hitam. Bumbunya relatif "kuat" akibat digunakannya ketumbar. Rasa pedas dan berbumbu ini dibuat dari campuran rempah-rempah, seperti ketumbar, keluwak (buah yang menyebabkan masakan berwarna hitam), sedikit pala, kunyit, kencur, kayu manis, asam, daun lemon, cengkih, dan daun salam.[3]

Variasi[sunting | sunting sumber]

Konro bakar, makanan khas Makassar, Sulawesi Selatan.

Konro aslinya dimasak berkuah dalam bentuk sup yang kaya rempah, akan tetapi kini terdapat variasi kering yang disebut "Konro bakar" yaitu iga sapi bakar dengan bumbu khas konro. Konro bakar biasanya juga disajikan dengan disertai kuah sup yang terpisah.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Holzen, Heinz Von; Arsana, Lother (2015-01-27). Food of Indonesia: Delicious Recipes from Bali, Java and the Spice Islands (dalam bahasa Inggris). Tuttle Publishing. ISBN 9781462914913. 
  2. ^ Holzen, Heinz Von; Arsana, Lother (1999). The Food of Indonesia: Authentic Recipes from the Spice Islands (dalam bahasa Inggris). Periplus Editions. ISBN 9789625933894. 
  3. ^ "Sup Konro Rumahan". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2017-05-26. Diakses tanggal 2018-03-08.