Sungai Tamborasi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Program PLN Peduli terhadap pengembangan Objek Wisata Sungai Tamborasi.[1]
Mata air Sungai Tamborasi berasal dari gua bawah tanah dan langsung mengalir ke laut. Aliran sungai sulit terlihat saat air laut pasang yang tampak pada saat foto ini diambil.

Sungai Tamborasi adalah sebuah sungai yang terletak di Kabupaten Kolaka, Provinsi Sulawesi Tenggara, Indonesia. Sungai ini memiliki panjang 20 meter dan lebar 15 meter. Sungai tersebut diklaim sebagai sungai terpendek di Indonesia dan dunia.[2]

Lokasi[sunting | sunting sumber]

Sungai Tamborasi terletak di Desa Tamborasi, Kecamatan Wolo, Kabupaten Kolaka, Provinsi Sulawesi Tenggara. Sungai Tamborasi dapat terlihat langsung di sisi sebelah kiri jalan Trans Sulawesi saat menuju Kabupaten Kolaka Utara

Akses[sunting | sunting sumber]

Ada beberapa pilihan akses apabila akan ke tempat wisata Tamborasi ini. Yang pertama bisa melalui udara dengan rute perjalanan dari Bandara Sultan Hasanuddin Maros menuju Bandar Udara Sangia Nibandera Kabupaten Kolaka dengan waktu tempuh sekitar 50 menit.

Dengan akses darat bisa menggunakan rute dari Kota Kendari ke Kolaka dengan memakan waktu 3-4 jam perjalanan.

Dari pusat Kabupaten Kolaka ke Sungai Tamborasi membutuhkan waktu 1-2 jam lagi, dengan jarak sekitar 90 kilometer ke arah utara.

Referensi[sunting | sunting sumber]