Suku Zhuang

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Zhuang (Bouxcuengh)

Zhuang potret selebriti
Wei Yinbao (韦银豹) • Xiao Chaogui' (萧朝贵)
Huang Xianfan(黄现璠)
Jumlah populasi
18 juta
Daerah dengan populasi signifikan
 China  Vietnam
Bahasa
Zhuang, Bahasa Mandarin, Tionghoa Pinghua
Agama
Didominasi animisme dengan pemujaan leluhur; sebagian Buddha Theravada, Taoisme, dan Kristen
Kelompok etnik terkait
Buyei
Tày and Nung (Vietnam)

Zhuang (dalam bahasa Zhuang: Bouчcueŋь / Bouxcuengh (diucapkan shung bou); dalam bahasa Thai: จ้วง ผู้ (diucapkan Poo Chuang) Tionghoa Sederhana: 壮族; Tionghoa Tradisional: 壮族; Pinyin: Zhuàngzú) adalah sebuah kelompok etnis yang sebagian besar tinggal di Daerah Otonomi Guangxi Zhuang di Tiongkok selatan. Beberapa juga tinggal di Yunnan, Guangdong, Guizhou dan provinsi Hunan. Mereka membentuk satu dari 56 kelompok etnis yang secara resmi diakui oleh Republik Rakyat Tiongkok. Populasi mereka, diperkirakan 18 juta orang, menempatkan mereka kedua setelah suku Han dan membuat Zhuang minoritas terbesar di Tiongkok.

Catatan etimologikal[sunting | sunting sumber]

Nama Zhuang (Rao) minoritas digunakan untuk ditulis 獞. Namun, karakter juga mengacu pada berbagai anjing liar, sehingga dianggap masalah etnik. Pada 1949, "hewan" radikal digantikan oleh "manusia" radikal, dan karakter menjadi 童. Akhirnya, karakter ini diganti dengan 壮, karakter yang sudah ada berarti "kokoh" atau "kuat".[1]

Orang terkenal dari Suku Zhuang[sunting | sunting sumber]

Zhuang di Guangxi

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Defrancis, John (1984). The Chinese Language: Fact and Fantasy, p. 117. University of Hawaii Press. ISBN 0-8248-0866-5.