Suite PreCure

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Suite Pretty Cure♪
スイートプリキュア♪
(Suīto PuriKyua♪)
GenreMagical girl, Musik
Seri anime
SutradaraMunehisa Sakai
SkenarioToshiya Ono
MusikYasuharu Takanashi
StudioToei Animation
Saluran
asli
TV Asahi
Tayang 6 Februari 2011 29 Januari 2012
Episode48 (Daftar episode)
Manga
IlustratorFutago Kamikita
TerbitMaret 2011Februari 2012
Permainan
Suite PreCure Melody Collection
GenreMinigame
PlatformNintendo DS
Film anime
Suite Precure The Movie: Take it back! The Miraculous Melody that Connects Hearts!
SutradaraYoko Ikeda
StudioToei Animation
 Portal anime dan manga

Suite PreCure♪ (スイートプリキュア♪, Suīto PuriKyua♪), atau Suite Pretty Cure[1] adalah seri ke-8 dari serial anime Jepang buatan Izumi Todo. Diproduksi oleh Toei Animation, seri ini disutradarai oleh Munehisa Sakai. Karakter didesain oleh Akira Takahashi. Seri ini menggantikan HeartCatch PreCure! di timeslot awal dan digantikan oleh Smile PreCure!. Sebuah adaptasi manga oleh Futago Kamikita telah dibuat serial dalam majalah bulanan Kodansha, yaitu Nakayoshi.

Tema dalam seri ini adalah musik, yang memengaruhi nama-nama Cure dan perangkat ajaib yang mereka gunakan. Serial ini didedikasikan untuk Tomoyuki Dan (pengisi suara yang terkenal di Naruto & Naruto Shippuden, Kisame Hoshigaki), yang meninggal pada tahun 2013.

Cerita[sunting | sunting sumber]

Di sebuah tempat yang disebut Pulau Mayor, Melodi Kebahagiaan dimainkan, menyebarkan kebahagiaan di seluruh dunia. Namun, seorang pria jahat bernama Mephisto telah mencuri Nilai Legendaris, berencana untuk mengubahnya menjadi Melodi Kesedihan untuk menyebarkan kesedihan di seluruh negeri. Aphrodite, ratu Pulau Mayor, menyebarkan Nada-Nada yang membentuk Nilai Legendaris ke dunia manusia dan mengirimkan peri bernama Hummy ke Kota Kanon untuk memulihkan mereka. Di sana, Hummy bertemu 2 orang gadis, Hibiki Hōjō dan Kanade Minamino, yang dipilih untuk menjadi Suite Pretty Cure untuk memulihkan Nada-Nada yang hilang dan melindungi kebahagiaan semua orang. Pertempuran melodi ke-8 pun dimulai.

Karakter[sunting | sunting sumber]

Pretty Cure[sunting | sunting sumber]

Berkas:Suite PreCure.png
Dari kiri ke kanan; Cure Beat, Cure Melody, Cure Muse, dan Cure Rhythm

Hibiki berusia 14 tahun & memiliki sifat yang ceria, merupakan pelajar tahun ke-2 di Aria Academy Private School. Sama seperti Nagisa di Futari wa Pretty Cure, dia sangat berbakat di bidang olahraga, terutama di sepak bola, tetapi tidak begitu pandai di bidang belajar. Walaupun ayahnya adalah guru musik yang genius & ibunya adalah pemain biola terkenal, Hibiki merasa dia tidak memiliki bakat musik sama sekali (bahkan memainkan piano masih dibilang seperti anak-anak), tetapi walaupun begitu dia memiliki hati yang mutlak terhadap musik & dia juga dapat mengindetifikasikan partitur musik secara sempurna. Dia juga menyukai makanan manis, terutama kue dari Toko keluarga Kanade. Sebagai Cure Melody, rambutnya yang berwarna orange menjadi berwarna pink & terikat menjadi twin tail. Warna temanya adalah pink, & dia memperkenalkan dirinya dengan "Memainkan irama yang liar, Cure Melody!" (Tsumabiku arabu shimabe, Kyua Merodī!) (Lahir: 21 Maret; Golongan Darah: A)

Kanade juga berusia 14 tahun bersekolah di Aria Academy sekolah yang sama dengan Hibiki & dia juga adalah teman masa kecil dari Hibiki. Sama seperti Honoka di serial awal Pretty Cure, Kanade adalah siswa yang pintar, tetapi dia tidak begitu pandai di olahraga seperti Hibiki. Nilainya yang selalu tinggi & sifatnya membuat dia seperti selebritis di sekolahnya, Kanade memiliki sifat yang dewasa, tetapi dia terkadang juga memiliki sifat keras kepala. Dia bermimpi untuk menjadi pastry chef ketika dewasa nanti untuk mewariskan toko kue orang tuanya, "The Lucky Spoon". Dia juga sangat menyukai kucing, terutama Hummy. Sebagai Cure Rhythm, rambutnya yang berwarna coklat kekuningan berubah menjadi berwarna kuning kecerahan dengan rambut pirang dan menjadi sangat panjang, warna temanya adalah putih dengan pink muda sebagai warna keduanya, dia memperkenalkan dirinya dengan "Memainkan irama keanggunan, Cure Rhythm!" (Tsumabiku taoyaka na shimabe, Kyua Rizumu!) (Lahir: 25 Mei; Golongan Darah: AB)

Seiren adalah kucing "Peri Suara" perempuan & asisten dari Mephisto. Meskipun dia lahir di Major Land & berteman dengan Hummy, ketika penyanyi tahunan "Melodi Kebahagiaan" diberikan kepada Hummy sebagai gantinya, dia menjadi cemburu & meminta untuk menjadi pengikut Mephisto. Dia mempunyai kalung yang dapat mengubah wujudnya menjadi manusia ataupun orang lain yang dia harapkan. Bentuk asli manusia-nya adalah Seiren Ellen Kurokawa (セイレン・エレン・黒川, Seiren Eren Kurokawa). Sejak dia terbebas dari cuci otak Mephisto, dia mulai berteman kembali dengan Hummy setelah berapa kali mengkhianatinya. Karena kekuatan pertemanan dengan Hummy, dia pun berubah menjadi Cure Beat (キュア ビート, Kyua Bīto). Sejak berubah menjadi cure, dia terjebak dirinya dalam bentuk manusia Seiren Ellen Kurokawa & menyebabkan dia kehilangan kekuatannya untuk transformasi akibat kalungnya retak. Setelah bergabung dengan para Cure, dia mulai hidup dengan kakeknya Ako & bersekolah di Aria Academy Private School bersama dengan Hibiki & Kanade. Sebagai Cure Beat, rambutnya yang berwarna biru kehitaman menjadi berwarna biru cerah & panjang diikat menjadi sisi ekor kuda. Dia memperkenalkan dirinya "Memainkan irama spiritual, Cure Beat!" (Tsumabiku wa tamashii no shirabe, Kyua Bīto! ?) (Lahir: 24 Juli; Golongan Darah: AB)

Ako adalah mahasiswa berusia 9 tahun di kelas 3 dari Kanon Public Elementary, yang berada di kelas yang sama dengan adiknya Kanade, Souta. Dia sangat dewasa untuk usianya, tetapi juga sangat dingin & suka atau tidak terlalu membagi-bagikan ceramah kepada orang yang lebih tua, khususnya terhadap Hibiki & Kanade. Tanpa diketahui, dia adalah Cure Muse, cure misterius dengan memakai topeng berwarna hitam yang membantu para Pretty Cure & menggunakan tuts piano berwarna-warni untuk menyerang Negatone. Dia sering membantu Cures jika mereka terjebak, tetapi tidak menghabisi Negatones tersebut. Dia menyembunyikan statusnya di balik topengnya & tidak berbicara sedikit pun, sebagai mitra Fairy Tone-nya, Dodory, melakukan semua yang dibicarakannya. Dia sering menyatakan bahwa dia tidak akan bermitra dirinya dengan para Cure sampai waktunya tepat. Selama Beberapa Episode, dia mengungkapkan dirinya adalah putri dari negeri Major Land, putri dari Aphrodite & Mephisto (ayahnya). Setelah ayahnya menghilang, dia melarikan diri ke kota Kanon & menyamar, hidup dengan kakeknya, Otokichi. Ketika Mephisto mencuri Skor legendaris, potensi Ako sebagai Cure terbangun. Sebagai Cure Muse, rambutnya yang berwarna oranye agak gelap pendek tumbuh menjadi panjang berwarna oranye cerah & diikat oleh 2 pita kuning. Dalam bentuk bertopeng nya, tema warna-nya hitam, & dalam bentuk yang sebenarnya, tema warna nya kuning, & mitra Fairy Tone-nya adalah Dodory. Dia tercatat sebagai Pretty Cure paling muda di Serial Pretty Cure. Dia memperkenalkan dirinya sebagai "Memainkan irama dewi, Cure Muse!" (Tsumabiku wa Megami no Shirabe, Kyua Myuzu!?) (Lahir: 27 September; Golongan Darah: AB)

Lainnya[sunting | sunting sumber]

  • Hummy

Hummy adalah kucing "Peri Suara" dan mitra dari kedua Kanade dan Hibiki. Dia adalah penyanyi tahunan Melodi Kebahagiaan di Major Land, yang mencoba menentang rencana jahat Mephisto. Ia dikirim ke dunia manusia untuk mencari dan mengumpulkan Notasi yang tersebar dari Melodi Kebahagiaan sampai ia bertemu dengan Kanade dan Hibiki. Hummy juga memiliki kemampuan untuk memanggil Fairy Tone.

  • Fairy Tones; Dory, Rery, Miry, Fary, Sory, Lary, Shirī, dan Dodory

Merupakan peri-peri kecil yang sering dipanggil Hummy untuk bisa dapat mengumpulan para Notasi, juga sebagai tempat penyimpanan Notasi. Selain itu Fairy Tone juga sering digunakan oleh para Pretty Cure untuk berubah dan untuk meningkatan kemampuan senjata mereka.

  • Crescendo Tone

Merupakan Fairy Tone emas yang paling tertinggi daripada peri Fairy Tone lainnya. Merupakan "Peri Nada". Dialah yang menciptakan semua nada-nada dan suara yang ada di bumi. Berbeda dengan Fairy Tone, dia lebih suka tinggal di kotak musik Mystical Healing Chest.

  • Aphrodite

Aphrodite adalah Ratu dari Major Land. Dia juga adalah host ulang tahun dari "Melodi Kebahagiaan" bagi perdamaian di seluruh dunia sampai Notasi pun terpecah dan tersebar di seluruh dunia manusia karena Mephisto. Dia meminta Hummy untuk pergi ke dunia manusia untuk mencari orang yang dapat menjadi Pretty Cure untuk mengumpulkan Notasi yang berserakan.

Penjahat[sunting | sunting sumber]

Raja Minor Land Mephisto

Raja dari "Minor Land" dan tokoh antagonis utama seri ini. Ia mencoba untuk membuat dan mengubah "Melodi Kebahagiaan" menjadi "Melodi Kedukaan" untuk membuat semua dunia tragis dan memenuhi musik penuh kesedihan di seluruh dunia manusia.

Trio the Minor

Para pengikut dari Mephisto dan merupakan paduan suara dari Minor Land yang mengerikan yang disebut Trio The Minor

  • Bassdrum

Salah satu anggota dan pemimpin Trio The Minor. Dia memiliki suara berat, ketika bernyanyi. Dia memiliki jenggot hijau, yang memiliki potongan rambut yang sama seperti rambutnya dan juga mempunyai tubuh yang sangat besar.

  • Bariton

Salah satu anggota Trio The Minor. Dia cerdas, dan memiliki kepribadian yang dingin. Dia memiliki rambut biru dan mempunyai tubuh yang ramping.

  • Falsetto

Juga salah satu anggota. Dia memiliki suara cukup bernada, ketika bernyanyi. Dia memiliki rambut merah muda.

Seiren

Pada awalnya, dia ada di pihak musuh dengan memproklamirkan dirinya sebagai "Penyanyi peri tahunan dari Minor Land". Setelah dia sadar bahwa dia sebenarnya dicuci otak oleh Mephisto dan dimanfaatkan olehnya, akhirnya diapun ikut bergabung dengan para Pretty Cure dengan menjadi Cure Beat. Sebelum Bassdrum menjadi pimpinan Trio Minor, Seiren lah yang pada awalnya yang memimpin Trio The Minor dan sering men-summon para Negatone.

Negatone

Monster of the week di seri ini. Diciptakan dari sebuah Notasi yang tersebar dan bersembunyi di suatu benda, melalui kekuatan Seiren dan Trio Minor, Notasi itupun mengubah benda itu menjadi monster.

Noise

Musuh yang sebenarnya di balik rencana jahat Minor Land. Dialah yang mencuci otak Mephisto, Trio The Minor, dan Seiren untuk menjadi jahat dalam membantu rencananya itu (menciptakan dunia yang penuh duka dan kesedihan). Dia juga memiliki tiga bentuk yaitu P-Chan, bentuk binatang dan humanoid.

Karakter lain[sunting | sunting sumber]

  • Dan Hojo

Ayahnya Hibiki, sekaligus guru musik di sekolah.

  • Maria Hojo

Ibunya Hibiki, merupakan pemain biola terkenal, suka pergi ke luar negeri.

  • Sousuke Minamino

Ayahnya Kanade, sekaligus pemilik toko kue "The Lucky Spoon".

  • Misora Minamino

Ibunya Kanade, dan isterinya Sousuke. Suka membantu Sousuke dalam membuat kue

  • Souta Minamino

Adiknya Kanade dan merupakan temannya Ako di sekolah yang sama, suka main sepak bola.

  • Masamune Ouji

Cowok yang paling terkenal di sekolah Aria Academy Private School, merupakan leader dari grup musik, Kanade jatuh hati padanya.

  • Seika Higashiyama

Teman Kanade di kelas memasak, sering dipanggil "The Princess Of Sweet".

  • Waon Nishijima

Teman sekelas Hibiki sekaligus teman Hibiki di semua klub olahraga, juga merupakan saingannya Hibiki.

  • Otokichi Shirabe

Kakeknya Ako, sekaligus penunggu gereja di kota Kanon. Dia juga merupakan mertua dari Mephisto. Dulunya dia merupakan kesatria legenda yang pernah melawan Noise.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Situs Resmi
Didahului oleh:
HeartCatch PreCure!
Serial Pretty Cure
2011-2012
Diteruskan oleh:
Smile PreCure!
  1. ^ Komatsu, Mikikazu (09 November 2016). "Cover Illustration for "Suite PreCure♪" Sequel Novel Revealed". crunchyroll. Diakses tanggal 18 Desember 2023.