Smile PreCure!

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Smile PreCure!
Glitter Force
スマイルプリキュア!
(Sumairu Purikyua!)
GenreMahou shoujo
Seri anime
SutradaraTakashi Otsuka
ProduserAtsutoshi Umezawa
SkenarioShōji Yonemura
MusikYasuharu Takanashi
StudioToei Animation
Saluran
asli
TV Asahi
Saluran bahasa Inggris
Tayang 5 Februari 2012 27 Januari 2013
Episode48 (40 sudah sulih suara) (Daftar episode)
Manga
PengarangIzumi Todo
IlustratorFutago Kamikita
PenerbitKodansha
MajalahNakayoshi
DemografiShōjo
TerbitMaret 2012Februari 2013
Permainan
Smile PreCure! Let's Go! Märchen World
PengembangNamco Bandai Games
PenerbitNamco Bandai Games
GenrePermainan kecil
PlatformNintendo 3DS
Rilis2 Agustus 2012
Film anime
Smile PreCure! The Movie: Big Mismatch in a Picture Book!
SutradaraNarumi Kuroda
SkenarioShoji Yonemura
StudioToei Animation
Tayang27 Oktober 2012
Durasi70 menit
 Portal anime dan manga

Smile PreCure! (スマイルプリキュア!, Sumairu Purikyua!) adalah serial anime Jepang yang termasuk dalam serial Pretty Cure karya Izumi Todo. Diproduksi oleh Toei Animation, serial ini ditulis oleh Shōji Yonemura. Desain karakter dibuat oleh Toshie Kawamura, yang sebelumnya juga mengerjakan Yes! PreCure 5. Serial ini disiarkan di TV Asahi pada 5 Februari 2012 hingga 27 Januari 2013, menggantikan Suite PreCure♪, dan serial ini digantikan oleh Dokidoki! PreCure.

Versi bahasa Inggris dari serial ini diproduseri oleh Saban Brands dengan judul Glitter Force, akan segera hadir di Netflix (luar Asia) pada 18 Desember 2015.[1]

Pengumuman Resmi[sunting | sunting sumber]

Smile Pretty Cure! pertama kali diumumkan pada Mantan Web Mainichi Shinbun pada November 2011 setelah Toei resmi mengungkapkan nama hak cipta baru untuk seri kesembilan serial Pretty Cure. Kemudian bulan itu logo resmi juga diungkapkan oleh TV Asahi. Juga, pamflet resmi termasuk dalam edisi Desember majalah Nakayoshi mengungkapkan desain karakter dari 5 Cures utama bersama dengan peri maskot mereka, Candy.

Pada tanggal 24 September 2015, Saban melakukan pengumuman resmi bahwa Smile! PreCure akan diadaptasi dengan versi Bahasa Inggris Amerika dengan judul Glitter Force. Di dalam sebuah website resmi Saban, Glitter Force menceritakan bahwa kelima gadis remaja harus melindungi bumi dengan menggunakan kekuatan super legenda dengan sebutan "Glitter Force" dan mereka harus melindungi bumi serta mengalahkan musuh yang berasal dari negeri dongeng [1]

Cerita[sunting | sunting sumber]

Di suatu tempat di alam semesta ini, terdapat sebuah tempat bernama Märchenland, di mana karakter dari cerita dongeng hidup. Dekat sudut Märchenland ada sebuah dunia yang disebut Bad End Kingdom (Kerajaan akhir terburuk), di mana karakter antagonis dari semua negeri dongeng berkumpul disana. Untuk menunjukkan kepada semua orang "Akhir Terburuk", orang-orang dari Bad End Kingdom pergi ke Bumi untuk mengumpulkan Bad Energy (energi keburukan). Jika mereka ini berhasil mengumpul Bad Energy, maka seluruh dunia di alam semesta akan menderita dari "Akhir Terburuk" tersebut. Untuk mencegah "Ending atau Akhir Terburuk", 5 Ksatria Legendaris Pretty Cure, perlu mengumpulkan Cure Decor. Cure Decor merupakan Kekuatan kebahagiaan dari Ratu Märchenland. Akan tetapi Cure Decor telah dicuri dan disembunyikan oleh Bad End Kingdom. Candy, sang peri dari negeri Marchenland pun diberi tugas untuk mencari Pretty Cure. Candy pun mengikuti 5 Bola Cahaya ke Bumi, di mana dia akan bertemu dengan seorang gadis bernama Miyuki (Cure Happy), yang merupakan murid pindahan pada hari pertama sekolah, dan dia sudah tergesa-gesa karena sudah terlambat...dan ini merupakan awal dia bertemu dengannya dan akan menjadi awal cerita perjuangan Pretty Cure.

Karakter[sunting | sunting sumber]

Pretty Cure[sunting | sunting sumber]

  • Miyuki Hoshizora/Cure Happy
Pengisi suara: Misato Fukuen (Jepang); Laura Bailey (Inggris)
Miyuki merupakan mahasiswi tahun ke-2 yang ditransfer ke kelas 2 dari Sekolah Menengah Nanairogaoka. Dia memiliki minat pada buku, terutama dongeng, & sering mengaku memiliki imajinasi pada karakter fiksi. Seperti kebanyakan pemimpin Cures, Miyuki memiliki sikap yang ceria & optimis, tapi juga memiliki sikap yang bermalas-malasan. Slogannya nya adalah "Ultra Happy!". Potensi dirinya sebagai Pretty Cure terbangun karena ingin melindungi Candy dari Wolfrun. Sebagai Cure Happy, rambutnya yang magenta gelap menjadi lebih terang & rambut kepangnya tumbuh lebih panjang, tema warnanya adalah merah magenta. Dia bisa memanipulasi energi cahaya dalam bentuk ini dan dapat melompat jauh lebih tinggi. Miyuki memperkenalkan dirinya sebagai "Sekejap, bersinar, cahaya masa depan! Cure Happy!" Di dalam Glitter Force, namanya berubah menjadi "Emily" & memperkenalkan dirinya sebagai Glitter Lucky. (Lahir: 10 Januari; Golongan Darah: AB)
  • Akane Hino/Cure Sunny
Pengisi suara: Asami Tano (Jepang); Colleen O'Shaughnessey (Inggris)
Merupakan teman sekelas Miyuki & anggota tim voli di sekolah. Dia berasal dari Osaka, setelah pindah ke Nanairogaoka, & dengan demikian dia biasa dapat berbicara dalam dialek Kansai. Keluarganya menjalankan toko okonomiyaki, & Akane sering membantu di toko. Akane mungkin banyol, tetapi dia memiliki seperangkat tujuan, dia bisa sangat bergairah untuk mencapainya. Dia memiliki rasa takut pada ketinggian & akan panik ketika dia melihat ke bawah. Potensi dirinya sebagai Pretty Cure terbangun ketika dia ingin membayar kembali utangnya pada Miyuki atas bantuannya yang telah melindunginya. Sebagai Cure Sunny, rambut merah gelapnya menjadi cerah keoranye & tumbuh lebih panjang dari sebelumnya, & tema warnanya orange. Dia bisa memanipulasi api dalam bentuk ini dan menggunakan kekuatan api. Akane memperkenalkan dirinya sebagai "Matahari brilian, daya berdarah panas-! Cure Sunny!" Di dalam Glitter Force namanya berubah menjadi "Kesley" & memperkenalkan dirinya sebagai "Glitter Sunny". (Lahir: 11 November; Golongan Darah: O)
  • Yayoi Kise/Cure Peace
Pengisi suara: Hisako Kanemoto (Jepang); Alex Cazares (Inggris)
Juga merupakan teman sekelas Miyuki, seorang gadis di klub komik sekolah yang bercita-cita ingin menjadi seorang seniman mangaka. Meskipun pemalu di luar, malu juga akan tentang pekerjaannya & kadang-kadang mudah menangis. Yayoi sangat loyal, rajin, & keras kepala ketika datang hal-hal lain & orang-orang yang peduli. Dia penggemar berat komik superhero & menjadi sangat bersemangat ketika sesuatu pahlawan seperti dibesarkan. Potensi dirinya sebagai Pretty Cure terbangun ketika dia berdiri untuk Akaoni untuk melindungi teman-teman sekelasnya & harga dirinya sebagai seorang seniman. Sebagai Cure Peace, rambutnya berubah menjadi pirang cerah & diikat seperti ekor kuda yang luas, & tema warnanya adalah kuning. Dia bisa memanipulasi listrik dalam bentuk ini & dapat mengejutkan dan menyetrum semua orang di dekatnya. Yayoi memperkenalkan dirinya sebagai "Sparkling, berkilauan, batu-kertas-gunting ♪ Cure Peace!" Di dalam Glitter Force namanya berubah menjadi "Lily" & memperkenalkan dirinya sebagai "Glitter Peace". (Lahir: 14 Desember; Golongan Darah: O)
  • Nao Midorikawa/Cure March
Pengisi suara: Marina Inoue (Jepang); Danielle Judovits (Inggris)
Juga merupakan teman sekelas Miyuki & juga merupakan anggota tim sepak bola wanita di sekolah. Nao sangat mudah & dapat diandalkan dengan rasa keadilan yang kuat, meskipun dia menjadi sangat frustrasi ketika hal-hal lainnya tidak berjalan baik seperti itu. Dia mengambil peran keibuan karena menjadi anak sulung dalam keluarga besar, & memiliki sedikit minat dalam kegiatan girly. Meskipun mempunyai keyakinan umum, dia sangat takut hal-hal tertentu seperti serangga, hantu & pada ketinggian suatu tempat. Potensi dirinya sebagai Pretty Cure terbangun sekaligus karena untuk melindungi adik-adiknya dari bahaya monster Akanbe. Sebagai Cure March, rambutnya yang tints hijau gelap ditata ekor kuda tinggi berubah menjadi warna hijau mint & tumbuh lebih besar & diikat menjadi ekor kuda yang sangat panjang & tema warnanya adalah hijau. Dia bisa memanipulasi angin dalam bentuk ini & keuntungannya adalah kecepatan super. Nao memperkenalkan dirinya sebagai "Keberanian Intens, pertarungan straight-up! Cure March!" Di dalam Glitter Force, namanya berubah menjadi "April" & memperkenalkan dirinya sebagai "Glitter Spring". (Lahir: 21 Oktober; Golongan Darah: A)
  • Reikai Aoki/Cure Beauty
Pengisi suara: Chinami Nishimura (Jepang); Kate Higgins (Inggris)
Merupakan juga teman sekelasnya Miyuki & teman masa kecil Nao, pada awalnya dia adalah wakil ketua OSIS (yang kemudian nanti menjadi Ketua OSIS pada episode 37). Dia juga merupakan anggota klub kyūdō di sekolah. Reikai adalah orang yang serius, elegan & baik hati, tetapi memiliki temperamen menakutkan sekali jika kesabarannya mencapai batasnya. Potensi dirinya sebagai Pretty Cure terbangun ketika dia berdiri untuk menghadapi Majorina yang menginjak-injak upaya teman-temannya dalam tugas OSIS. Sebagai Cure Beauty, rambut biru gelap bergaya potongan Hime-nya menjadi lebih cerah kebiruan & tumbuh lebih panjang lagi, ditarik kembali oleh tiara yang dia pakai dan tema warnanya adalah biru. Dia bisa memanipulasi es dalam bentuk ini & keuntungannya ditingkatkan dengan kemampuan refleks, yang memungkinkan dirinya untuk memprediksi langkah-langkah musuh selanjutnya. Reika memperkenalkan dirinya sebagai "Salju jatuh & pengumpulan hati yang mulia! Cure Beauty!" Di dalam Glitter Force, namanya berubah menjadi "Chloe" & memperkenalkan dirinya sebagai "Glitter Breeze". (Lahir: 10 Februari; Golongan Darah: A)

Maskot / Peri[sunting | sunting sumber]

  • Candy
Candy adalah maskot atau peri di kelompok Pretty Cure. Dia dikirim ke bumi untuk mengumpulkan Cure Decor untuk menyelamatkan negerinya, Märchenland dari ancaman Bad End Kingdom. Di Glitter Force namanya di dub menjadi Pixies
  • Pop
Pop adalah peri seperti singa dan merupakan maskot peri kedua di Smile Pretty Cure! Dia adalah kakak dari Candy dan dia datang ke bumi untuk membantu para Pretty Cure dengan memberikan bermacam-macam Decor Décor untuk dapat mengumpulkan potongan-potongan dari Cure Decor di bumi.

Bad End Kingdom / Shadow Realm[sunting | sunting sumber]

  • Pierrot/Nogo
Merupakan kaisar tertinggi dari kerajaan Bad End Kingdom, yang telah menginvasi Märchenland untuk mencuri Cure Decor dan membawa pengaruh jahat dari "Akhir terburuk".
  • Joker/Rascal
Dia adalah pelayan setia dari Pierrot, dia merupakan juga pimpinan dari Wolfrun, Majorina dan Akaoni.
  • Wolfrun/Ulric
Seekor serigala rakasa yang misinya adalah mengejar Candy sebelum dia dapat menemukan Pretty Cure. Dia berdasarkan penjahat serigala dari cerita dongeng Gadis Kecil Berkerudung Merah dan Tiga Babi Kecil.
  • Majorina/Brooha
Salah satu bawahan Pierrot, dia adalah penyihir tua dengan fostur tubuh kecil yang mengingatkan kita pada salah satu tokoh di cerita dongeng yaitu ibu tiri Putri Salju yang menyamar mejadi penyihir kerdil.
  • Akaoni/Brute
Juga merupakan pelayan dan bawahan Pierrot, dia adalah setan merah yang mengingatkan kita pada salah satu oni (iblis) dari dongeng Jepang yaitu Momotaro.
  • Akanbe/Buffoon
Monster mingguan yang sering muncul di seri ini dan sering dipanggil oleh musuh untuk melawan Pretty Cure. Mereka diciptakan dengan menggabungkan objek benda biasa lalu menjadi monster dengan hidung besar seperti badut yang mengandung daya kegelapan Akhir Buruk, yang mengubah energi Cure Decor itu untuk dapat berubah menjadi Bad Energy (Energi Keburukan).

Karakter lainnya[sunting | sunting sumber]

  • Namie Sasaki
Guru kelas Miyuki & teman-temannya di Sekolah Publik Menengah Nanairogaoka.
  • Midorikawa bersaudara; Keita, Haru, Hina, Yūta dan Kōta
5 saudara & adik-adik Nao. Nao selalu menjaga mereka dan sering berperan sebagai seorang Ibu.
  • Yui Midorikawa
Adik kecil Nao. Dia baru lahir di episode 42
  • Genji Midorikawa & Tomoko Midorikawa
Ayah & Ibunya Nao, mereka sering sibuk jadi tidak bisa menemani Nao & saudara-saudaranya
  • Irie
Ketua OSIS di sekolah Nanairogaoka. Dia merupakan pemuda yang tampan & orang yang paling populer yang disukai oleh seluruh gadis-gadis
  • Runa Terada
Sekretaris pribadi Ketua OSIS di sekolah Nanairogaoka
  • Chiharu Kise
Ibunya Yayoi. Dia bekerja sebagai manajer panggung fashion.
  • Yūichi Kise
Almarhum ayah Yayoi. Dialah orang yang memberi nama lahir Yayoi sejak dia masih bayi.
  • Daigo Hino
Ayahnya Akane. Dia bekerja menjalankan bisnis toko okonomiyaki "Akane"
  • Masako Hino
Ibunya Akane. Dia tidak terlalu banyak membantu di toko karena dia kurang handal dalam memasak.
  • Genki Hino
Adik laki-laki Akane. Jago dan ahli dalam bermain basket. Dia juga merupakan anggota tim basket di sekolah Menengah Publik Nanairogaoka.
  • Ikuyo Hoshizora & Hiroshi Hoshizora
Ayah & Ibunya Miyuki.
  • Tae Hoshizora
Neneknya Miyuki. Dia tinggal sendirian di pendesaan.
  • Soutarou Aoki
Kakeknya Reikai. Seorang yang jago dalam bidang menulis huruf kaligrafi Jepang
  • Shizuko Aoki
Ibu Reikai. Dia jago dalam bidang ilmu beladiri Aikido
  • Junnosuke Aoki
Kakaknya Reikai. Dia sangat jago dalam bidang beladiri Judo
  • Brian Taylor
Murid pindahan baru dari Inggris yang muncul di episode 36. Dia hanya tinggal di Jepang selama 3 minggu. Akane jatuh hati padanya.
  • Nico
karakter khusus yang hanya muncul di Smile PreCure the Movie: Kepanikan di Buku Dongeng!. Dia adalah gadis kecil di dalam buku gambar yang Miyuki temukan saat dia masih kecil. Miyuki berjanji akan membuat akhir cerita yang baik baginya, namun gambar yang dibuat Miyuki waktu kecil itu semuanya jelek. Akhirnya Miyuki memutuskan untuk menyerah & melupakan janjinya itu sampai pada akhirnya dia bertemu dengannya di dunia nyata pada saat Miyuki menginjak remaja. Nico pada awalnya benci & dendam pada Miyuki karena janjinya yang tidak ditepati. Namun di akhir film akhirnya dia sadar bahwa Miyuki akan terus menepati janjinya itu.

Catatan[sunting | sunting sumber]

  • Kota Nanairogaoka dalam versi Glitter Force berubah menjadi Rainbow Hills.
  • Sekolah Menengah Nanairogaoka dalam Glitter Force berubah menjadi Sekolah Menengah Rainbow Hills.
  • Kerajaan Marchenland dalam Glitter force menjadi Kerajaan Jubiland.
  • Bad End Kingdom dalam Glitter Force menjadi Shadow Realm.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Didahului oleh:
Suite PreCure
Serial Pretty Cure
2012-2013
Diteruskan oleh:
DokiDoki! PreCure