Seretse Khama

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Sir Seretse Khama
Presiden Botswana pertama
Masa jabatan
30 September 1966 – 13 Juli 1980
Wakil PresidenQuett Masire
Sebelum
Pendahulu
Sekgoma Khama, King (Kgosi) Sekgoma II (1923-1925)
Informasi pribadi
Lahir1 Juli 1921
Serowe
Meninggal13 Juli 1980(1980-07-13) (umur 59)
Gaborone
Partai politikPartai Demokrat Botswana (BDP)
Suami/istriRuth Williams Khama
Sunting kotak info
Sunting kotak info • L • B
Bantuan penggunaan templat ini

Sir Seretse Khama KBE (1 Juli 1921 – 13 Juli 1980) tampil pertama untuk jabatan Presiden Botswana pada periode 1966-1980. Ia menjadi presiden pertama di Botswana ketika Protekterat Bechuanaland memperoleh kemerdekaan dari Kerajaan Inggris. Seretse adalah cucu Raja Khama III dari Bamangwato. Sempat hidup di pengasingan, pada 1961, ia kembali ke gerakan politik dengan mendirikan Partai Demokratik Bechuanaland yang nasionalis.

Pada masa jabatannya sebagai Presiden, Khama melancarkan program-program ekonomi yang mengubah negaranya menjadi negara yang berorientasi pada ekspor daging sapi, tembaga dan berlian. Penemuan tambang permata Orapa pada tahun 1967 membantu mendanai program-programnya. Pemerintahannya bersahabat dengan pasar dan menerapkan kebijakan-kebijakan liberal untuk mendorong pertumbuhan ekonomi. Khama menjanjikan pajak yang rendah dan stabil untuk perusahaan-perusahaan penambangan, melakukan liberalisasi perdagangan, dan memperkuat kebebasan pribadi.

Khama juga merupakan tokoh anti-korupsi. Ia mempekerjakan pegawai negeri berdasarkan prestasi mereka. Ia menolak "membotswanakan" pegawai-pegawainya hanya karena mereka adalah orang Botswana; ia masih tetap mempekerjakan orang-orang asing dan mereka baru akan diganti jika ada orang Botswana yang dapat menggantikan mereka.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Didahului oleh:
(–)
Presiden Botswana
19661980
Diteruskan oleh:
Quett Masire