Saunders Mac Lane

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Saunders Mac Lane
Lahir(1909-08-04)4 Agustus 1909
Taftville, Connecticut, AS
Meninggal14 April 2005(2005-04-14) (umur 95)
San Francisco, California, AS
KebangsaanAmerika Serikat
AlmamaterYale University
University of Chicago
University of Göttingen
Karier ilmiah
BidangMatematika
InstitusiHarvard University
Cornell University
University of Chicago
Columbia University
Pembimbing doktoralHermann Weyl
Paul Bernays
Mahasiswa doktoralSteve Awodey
David Eisenbud
William Howard
Irving Kaplansky
Roger Lyndon
Michael D. Morley
Anil Nerode
Robert Solovay
John G. Thompson

Saunders Mac Lane (4 Agustus 1909 – 14 April 2005) adalah seorang matematikawan Amerika Serikat yang mendirikan teori kategori dengan Samuel Eilenberg.

Kehidupan awal dan pendidikan[sunting | sunting sumber]

Mac Lane lahir di Norwich, Connecticut, dekat dimana keluarganya tinggal di Taftville.[1] Ia awalnya dinamai "Leslie Saunders MacLane", tetapi "Leslie" dihilangkan karena orangtuanya, Donald MacLane dan Winifred Saunders, tak menyukai sebutan tersebut. Ia mulai menempatkan spasi pada marganya karena istri pertamanya sulit mengkapitalkan nama tersebut tanpa sebuah spasi.[2] Ia adalah anak sulung dari tiga bersaudara; salah satu saudaranya, Gerald MacLane, juga menjadi profesor matematika di Rice University dan Purdue University. Adik lain mati saat bayi. Ayah dan kakeknya adalah pendeta; kakeknya adalah penganut Prebiterian, tetapi dikeluarkan dari gereja karena percaya dengan evolusi, dan ayahnya adalah seorang Kongregasionalis. Ibunya, née Winifred Saunders, belajar di Mount Holyoke College dan mengajar bahasa Inggris, Latin dan matematika.[1]

Dia melanjutkan dengan mempelajari matematika dan fisika bersamaan, dan belajar dari antara lain Jesse Beams, Ernest William Brown, Ernest Lawrence, F.S.C. Northrop, dan Øystein Ore.

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Albers, Donald J.; Alexanderson, Gerald L.; Reid, Constance, ed. (1990), "Saunders Mac Lane", More Mathematical People, Harcourt Brace Jovanovich, hlm. 196–219 .
  2. ^ Mac Lane (2005), p. 6.

Rujukan biografi[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]