Runnymede

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Padang rumput Runnymede

Runnymede adalah padang rumput yang terletak di bantaran Sungai Thames, Surrey, Inggris, jaraknya kurang lebih 32 km (20 mil) di sebelah barat London. Tempat ini terkenal karena kaitannya dengan pengesahan piagam Magna Carta oleh Raja Inggris, John pada tahun 1215.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Nama Runnymede kemungkinan berasal dari bahasa Anglo-Saxon, 'runieg' (pertemuan rutin) dan 'mede' (madu atau padang rumput), untuk menggambarkan tempat di padang rumput yang digunakan untuk mengadakan pertemuan rutin. Pada masa pemerintahan Alfred yang Agung pada abad ke-7 sampai abad ke-11, para dewan kerajaan dari wilayah Anglo-Saxon sering mengadakan pertemuan di Runnymede. Mereka mengadakan pertemuan di udara terbuka. Pada tahun-tahun selanjutnya, pertemuan ini berubah menjadi gerakan politik yang mempengaruhi penciptaan parlemen di Inggris pada abad ke-13.[1]

Padang rumput di Runnymede diperkirakan adalah lokasi di mana Raja John mengesahkan Piagam Magna Carta. Piagam ini berdampak pada hukum umum dan konstitusional serta perwakilan politik yang mempengaruhi perkembangan parlemen di Inggris.[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Anon. "History of Runnymede". Days out ad visits. The National Trust. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2010-06-07. Diakses tanggal 1 October 2009. 
  2. ^ "American Bar Association". Runnymede Borough Council. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2009-04-09. Diakses tanggal 2008-10-21. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]