Rumpun bahasa Roman Selatan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Bahasa Roman Selatan
Dituturkan diPrancis, Italia
WilayahKorsika, Sardinia
Penutur
Status resmi
Bahasa resmi di
 Italia
 Prancis
Diakui sebagai
bahasa minoritas di
Kode bahasa
ISO 639-3
Glottologsout3158[1]
QIDQ145345
Lokasi penuturan
Sardinia sebagai bagian dari wilayah Eropa yang berbahasa Roman Selatan.
 Portal Bahasa
Sunting kotak info
Sunting kotak info • L • B • PW
Info templat
Bantuan penggunaan templat ini

Bahasa Roman Selatan ialah cabang utama dari bahasa Roman.

Menurut klasifikasi ahli linguistik seperti Leonard (1980) and Agard (1984), rumpun bahasa Roman Selatan terdiri dari dialek Sardinia, Korsika, dan Lucanian Selatan.[2] Teori ini jauh dari dukungan secara universal. Faktanya, ahli linguistik lain mengklasifikasikan bahasa Korsika, termasuk bahasa Gallura dan bahasa Sassari sebagai bahasa Italo-Dalmasia yang berkaitan erat dengan dialek Toskano,[3] dan memang lebih dekat ke bahasa Italia Baku daripada bahasa Italia lainnya, menjadikan bahasa Sardinia sebagai cabang tersendiri.

Ahli filologi Lausberg adalah ahli linguistik pertama yang membagi dunia berbahasa Roman menjadi kelompok Barat (bahasa Spanyol, bahasa Portugis, bahasa Katala, bahasa Prancis, dll.), kelompok Timur (bahasa Italia/Korsika, bahasa Dalmasia, bahasa Romania), dan kelompok Selatan, yang meliputi dialek Roman Afrika yang punah,[butuh rujukan] bahasa Korsika yang punah sebagaimana yang dituturkan sebelum Toskanisasi pulaunya dan akhirnya, bahasa Sardinia modern, kini berdiri sebagai satu-satunya bahasa hidup kelompok itu.

Klasifikasi[sunting | sunting sumber]

Pendukung teori bahasa Roman Selatan[2][4] mengusulkan klasifikasi yang tidak didukung oleh ahli linguistik lain, yang mengklasifikasikan bahasa Korsika sebagai bahasa Italo-Dalmasia, dan bahasa Gallura sebagai dialek bahasa Korsika atau varietas peralihan antara bahasa Korsika dan bahasa Sardinia. Bahasa Sassari juga sering diklasifikasikan sebagai varietas peralihan antara bahasa Korsika, Toskana, dan Sardinia.

Galeri[sunting | sunting sumber]

Rujukan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Hammarström, Harald; Forkel, Robert; Haspelmath, Martin, ed. (2023). "Southern Romance". Glottolog 4.8. Jena, Jerman: Max Planck Institute for the Science of Human History. 
  2. ^ a b Subfamily: Southern Romance, Glottolog
  3. ^ Harris, Martin; Vincent, Nigel (1997). Romance Languages. London: Routlegde. ISBN 0-415-16417-6.
  4. ^ "Ethnologue report for Southern Romance".