Rosianna Silalahi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Rosianna Silalahi
Rosi pada tahun 2011
Lahir26 September 1972 (umur 51)
Indonesia Pangkalpinang, Kepulauan Bangka Belitung, Indonesia
AlmamaterUniversitas Indonesia
Pekerjaanpembawa acara
Tahun aktif1998 - sekarang
Dikenal atasPemimpin redaksi Liputan 6 SCTV dan Kompas TV
Suami/istriDino Gregory Izaak
Anak2

Rosianna Magdalena Silalahi (lahir 26 September 1972), juga dikenal dengan nama panggilan Rosi, adalah presenter berita dan mantan Pemimpin Redaksi Liputan 6 SCTV. Saat ini Rosi merupakan pemimpin redaksi dari news channel Kompas TV dan pembawa acara gelar wicara Rosi.

Riwayat Hidup[sunting | sunting sumber]

Bungsu dari tiga bersaudara pasangan L.M. Silalahi (alm) dan Ida Hutapea ini menggeluti dunia jurnalistik sejak di bangku SMA. Waktu sekolah di SMA Santa Ursula, Rosi mengikuti kegiatan ekstrakurikuler majalah dinding dan aktif di majalah sekolah, Serviam.

Selepas SMA, Rosi mengikuti seleksi penerimaan mahasiswa baru perguruan tinggi negeri. Sayangnya, Rosi gagal diterima di Jurusan Komunikasi FISIP Universitas Indonesia (UI) dan diterima di pilihan kedua, Jurusan Sastra Jepang Fakultas Sastra UI. Meski demikian, keinginannya untuk menjadi wartawan tak pernah pupus.

Usai meraih gelar sarjana, Rosi mengirimkan lamaran kerja ke TVRI yang sedang membuka lowongan. Sempat bekerja di perusahaan periklanan selama beberapa bulan, Rosi akhirnya dipanggil untuk menjalani tes di TVRI dan diterima sebagai reporter. Di sinilah awal karier yang membesarkan nama Rosi. Kesempatan datang pada tahun 1998 saat Liputan 6 SCTV mencari reporter dan presenter baru. Rosi diterima dan setahun kemudian mulai tampil di belakang meja siar sebagai pembaca berita, meski tugas sebagai reporter tetap dijalani.

Karier Rosi mulai menanjak setelah Ira Koesno dan Arief Suditomo hengkang dari SCTV. Rosi menjadi salah satu dari 6 jurnalis TV dari Asia yang mendapat kesempatan mewawancarai secara eksklusif Presiden AS George Bush di Gedung Putih, Washington DC, Amerika Serikat pada 2003. Nama Rosi melejit setelah mendapat gelar Pembawa Acara Talk Show Terfavorit dan Pembawa Acara Berita/Current Affair Terfavorit versi Panasonic Award 2004. Setahun kemudian, Rosi juga mendapat gelar terfavorit untuk kategori Presenter Berita (Curent Affairs) dalam ajang Panasonic Award 2005 yang diselenggarakan bulan Desember 2005. Sebelum itu, di bulan November 2005, Rosi diberi kepercayaan untuk menjabat sebagai pemimpin redaksi Liputan 6.[1] Saat Pemilu 2004, Rosi memproduksi program ‘Kotak Suara' yang membahas mengenai money politics sehingga ia memenangkan penghargaan ‘Indonesia Journalist Board' pada tahun 2004.[2] Pada tahun 2007, Rosi kembali menyabet gelar Pembawa Acara Berita/Current Affair Terfavorit di ajang Panasonic Award 2007.[3]

Mulai 1 September 2014, Rosi kembali ke meja redaksi dengan menggabungkan diri ke Kompas TV. Ia menggawangi news room Kompas TV sebagai Pemimpin Redaksi menggantikan wartawan senior Kompas, Taufik Mihardja (alm).

Rosi dipersunting Dino Gregory Izaak di Gereja Katedral, Lapangan Banteng, Jakarta Pusat pada tanggal 30 Juli 2005.[4]

Penghargaan[sunting | sunting sumber]

  • Pembawa Acara Talk Show Terfavorit Panasonic Award 2004
  • Pembawa Acara Berita/Current Affair Terfavorit Panasonic Award 2004
  • Pembawa Acara Berita/Current Affair Terfavorit Panasonic Award 2005

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]