Puma (merek)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Puma AG Rudolf Dassler Sport
Publik
IndustriOlahraga
Didirikan1924
Kantor
pusat
Jerman Herzogenaurach, Jerman
Tokoh
kunci
Jerman Rudolf Dassler, Pendiri
Jerman Jochen Zeitz, CEO
ProdukPakaian dan perlengkapan olahraga
PendapatanKenaikan € 2,755 miliar (2006)
Karyawan
6.831 (2006)
IndukPPR
Situs webwww.puma.com

Puma adalah perusahaan internasional yang memproduksi sepatu olahraga serta perlengkapan olahraga lainnya. Perusahaan ini berbasis di Jerman, dan didirikan oleh Rudolf Dassler. Rudolf adalah kakak dari Adolf Dassler, pendiri Adidas.

Perusahaan ini dikenal dalam dunia sepak bola karena menjadi sponsor pemain sepak bola terkenal seperti Pelé, Eusébio, Johan Cruijff, Enzo Francescoli, Diego Maradona, Didier Deschamps, Lothar Matthäus, Kenny Dalglish, Neymar, Luis Suárez, Marco Reus, Sergio Agüero, Antoine Griezmann, dan Robert Pirès. Serta Klub sepak bola seperti AC Milan, Borussia Dortmund, PSV Eindhoven dan Manchester City. Dan sepak bola negara seperti Egypt, Ghana, Italia, Senegal, Swiss, dan Uruguay. Salahsatunya juga ada yang di desain khusus untuk atlit motocross Travis Pastrana Puma 199 Amerika Serikat, Puma terkenal dengan sepatu bola basket kulitnya yang diperkenalkan pada tahun 1968.

Selain sepatu olahraga, Puma juga memproduksi sepatu dan pakaian olahraga yang dirancang oleh perancang busana seperti Lamine Kouyate dan Amy Garbers. Sejak tahun 1996, Puma meningkatkan aktivitasnya di Amerika Serikat, seperti dengan pembelian 25% saham Logo Athletic. Pada tahun 2007, Puma menjadi anak perusahaan dari PPR, sebuah perusahaan holding Prancis.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]