Pulp Fiction (film)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Pulp Fiction
Poster film
SutradaraQuentin Tarantino
ProduserLawrence Bender
Ditulis olehQuentin Tarantino
Roger Avary
PemeranJohn Travolta
Samuel L. Jackson
Uma Thurman
Bruce Willis
Harvey Keitel
Tim Roth
Amanda Plummer
Maria de Medeiros
Ving Rhames
Eric Stoltz
Rosanna Arquette
Christopher Walken
SinematograferAndrzej Sekula
PenyuntingSally Menke
DistributorMiramax Films
(bioskop A.S)
Tanggal rilis
Mei 1994
(world premiere—Cannes Film Festival)
23 September 1994
(U.S. premiere—New York Film Festival)[1]
October 14, 1994
(U.S. general release)[2]
Durasi154 menit
Negara Amerika Serikat
BahasaInggris
AnggaranUS$8.5 juta
Pendapatan
kotor
US$107.9 juta (domestik)
US$212.9 juta (seluruh dunia)
IMDbInformasi di IMDb
AMGProfil All Movie Guide

Pulp Fiction adalah sebuah film kriminal tahun 1994 karya sutradara Quentin Tarantino, yang menulis naskah cerita film tersebut bersama Roger Avary. Dibintangi oleh John Travolta, Samuel L. Jackson, Uma Thurman, Bruce Willis, Tim Roth, dan Ving Rhames. Sebagai sebuah film drama kriminal dengan alur cerita yang non-linear, film tersebut terkenal karena dialog-dialognya yang kaya dan menggunakan kosakata yang unik, campuran humor dan kekerasan yang ironis, dan masuknya berbagai referensi film dan kebudayaan pop. Film ini dinominasikan untuk tujuh Piala Oscar, termasuk Film Terbaik. Tarantino dan Avary memenangi Oscar untuk kategori Best Original Screenplay. Film ini juga dianugerahi penghargaan Palme d'Or di Festival Film Cannes. Sebagai sebuah film yang sukses secara komersial, film ini juga menghidupkan kembali karier pemeran utamanya, John Travolta, yang menerima nominasi Piala Oscar, dan pemeran pembantunya, Samuel L. Jackson dan Uma Thurman.

Cerita[sunting | sunting sumber]

Struktur narasi[sunting | sunting sumber]

Narasi Pulp Fiction disampaikan melalui urutan kronologis, dan mengikuti tiga kisah utama yang saling terkait: Pembunuh Vincent Vega (John Travolta) sebagai protagonis dari cerita pertama, Butch Coolidge (Bruce Willis) seorang petinju dari cerita kedua, dan rekan Vincent, Jules Winnfield (Samuel L. Jackson) sebagai protagonis cerita ketiga.

Film dimulai dengan adegan sebuah pasangan di Restoran Diner, lalu pindah ke cerita tentang Vincent, Jules, dan Butch. Pada akhirnya, film ini kembali ke cerita di mana semua dimulai, yakni di Restoran Diner. Ada tujuh babak narasi; tiga alur cerita utama diawali dengan antarjudul:

  1. "Prolog – The Diner" (i)
  2. Pendahuluan untuk "Vincent Vega and Marsellus Wallace's Wife"
  3. "Vincent Vega and Marsellus Wallace's Wife"
  4. Pendahuluan untuk "The Gold Watch" (a – kilas balik, b – sekarang)
  5. "The Gold Watch"
  6. "The Bonnie Situation"
  7. "Epilog – The Diner" (ii)

Jika tujuh urutan di atas diurutkan secara kronologis, maka akan diceritakan secara: 4a, 2, 6, 1, 7, 4b, 3, 5. Cerita nomor 1 dan 7 disajikan dengan sudut pandang yang berbeda, seperti nomor 2 dan 6.

Ringkasan cerita[sunting | sunting sumber]

Pembunuh bayaran Vincent Vega dan Jules Winnfield tiba di sebuah apartemen untuk mengambil koper bos mereka, seorang gangster bernama Marsellus Wallace, dari seorang rekan bernama Brett. Setelah Vincent memeriksa isi dari koper tersebut, Jules menembak salah satu rekan Brett, dan membacakan suatu ayat Al-Kitab sebelum dia dan Vincent membunuh Breet karena mencoba untuk mengkhianati Marsellus. Mereka membawa kopernya ke Marsellus, tetapi harus menunggu sementara dia menyuap petinju juara Butch Coolidge untuk bersikap sengaja kalah di pertandingan selanjutnya.

Keesokan harinya, Vincent membeli heroin dari seorang gembong narkoba, Lance. Dia menghisapnya, dan kemudian mengemudi untuk bertemu istri Marsellus, Mia, yang sebelumnya telah berjanji untuk menjaganya selama Marsellus keluar kota. Mereka makan di restoran bertema tahun 1950-an dan berpartisipasi kompetisi dansa twist. Setelah kembali ke rumah dengan tropi, Vincent berada di kamar mandi, Mia menemukan heroin Vincent, dan salah menggunakannya sebagai kokaina, Mia menghisapnya, dan kemudian kelebihan dosis. Vincent tergesa-gesa datang ke rumah Lance sambil membawa Mia dan berhasil menyelamatkannya dengan menusuk obat adrenalin ke jantungnya.

Butch mengkhianati Marsellus dengan memenangkan pertarungan, dan tanpa sengaja membunuh lawannya. Di motel tempat dia menginap dengan pacarnya, Fabienne, bersiap-siap untuk melarikan diri. Namun Butch tidak menemukan arloji emas pemberian ayahnya, yang dianggap sebagai benda pusaka dan warisan kesayangannya sehingga Butch mengamuk. Butch kembali ke apartemennya untuk mengambil arlojinya, ia melihat senjata MAC-10 di dapur dan mendengar suara siraman toilet. Vincent keluar dari kamar mandi dan Butch menembaknya mati, meninggalkan senjata di dalam.

Butch pergi dan menunggu lampu merah di dalam mobilnya, Marsellus melihatnya secara kebetulan menyeberang jalan dan mengejarnya ke toko pegadaian. Pemilik pegadaian, Maynar, menangkap keduanya dan mengikat mereka di rubanah. Maynard bersama Zed, seorang petugas keamanan; mereka membawa Marsellus ke kamar lain untuk memerkosanya, meninggalkan "Si Gimp", seorang tokoh bisu dalam pakaian bondage untuk menjaga Butch. Butch berhasil melepaskan diri dan menyingkirkan si Gimp. Dia ingin melarikan diri, tetapi memutuskan untuk menyelamatkan Marsellus dengan katana dari toko tersebut. Dia membunuh Maynard; Marsellus mengambil senapan gentel Maynard dan menembak Zed. Marsellus memberitahu Butch bahwa mereka tidak boleh memberitahukan kepada siapa pun tentang kejadian tersebut dan memintanya meninggalkan Los Angeles selamanya. Butch mengambil motor chopper milik Zed untuk menjemput Fabienne dan pergi.

Sebelumnya, setelah Vincent dan Jules mengeksekusi Brett di apartemennya, pria lain muncul dari kamar mandi dan menembak mereka berdua dengan liar namun semuanya gagal; Jules dan Vincent membunuhnya. Jules menyatakan bahwa mereka selamat dari tembakan tersebut adalah sebuah keajaiban, tetapi Vincent membantah. Saat Jules mengemudi, Vincent secara tidak sengaja menembak rekan Brett, Marvin di kepala. Mereka menyembunyikan mobil di rumah teman Jules, Jimmie, yang menuntut mereka mengatasi masalah sebelum istrinya pulang. Marsellus mengirimkan Winston Wolfe, yang mengarahkan Jules dan Vincent untuk membersihkan mobil, menyembunyikan mayat di bagasi, membuang pakaian berdarah mereka, dan membawa mobil ke tempat barang rongsokan.

Di sebuah restoran, Jules memberi tahu Vincent bahwa ia berencana untuk pensiun dari kehidupan jahatnya, dia yakin bahwa keajaiban yang terjadi di apartemen tersebut adalah sebuah tanda. Sementara Vincent pergi ke kamar mandi, pasangan "Pumpkin" dan "Honey Bunny" merampok restoran. Jules mengalahkan Pumpkin dan menahannya di bawah todongan senjata; Honey Bunny menjadi histeris dan mengarahkan senjatanya. Vincent kembali dengan pistolnya yang diarahkan padanya, sehingga menciptakan Mexican Standoff. Jules membacakan ayat Al-Kitab, mengungkapkan cerita tentang kejahatannya, dan memungkinkan para perampok mengambil uangnya dan pergi. Jules dan Vincent meninggalkan restoran dengan koper.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Pulp Fiction: The Facts" (2002 studio interview), Pulp Fiction DVD (Buena Vista Home Entertainment).
  2. ^ Biskind (2004), p. 189.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]