Pudel

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Pudel

Pudel adalah anjing dari kelompok non-sporting atau utility yang berasal dari Prancis. Ada beberapa jenis pudel, misalnya: pudel standar, miniatur dan mainan. Pudel-pudel yang terkenal adalah Georgette dari Oliver & Company, Cleo dari Clifford the Big Red Dog, Barbara Ann dari Good Boy!, Fifi dari "Open Season 2" dan "Open Season 3" dan sebagainya. Pudel atau biasa dikenal sebagai Poodle, adalah anjing yang berbulu keriting. Anjing ini memiliki beberapa macam warna, seperti putih, coklat, dan hitam. Pudel biasa di pangkas rambutnya dan disisakan kakinya, atas kepalanya, Dekat lehernya dan juga bagian pinggangnya. Anjing pudel betina memiliki ekor yang pendek, sementara yang jantan memiliki ekor yang panjang.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Pudel sebenarnya berasal dari Eropa, tepatnya dari Jerman dan kemudian populer di Prancis. Nama "pudel" sendiri berasal dari bahasa Jerman "pudel" yang artinya "untuk bermain di air". Pada awalnya, pudel merupakan anjing pemburu air yang digunakan untuk mencari dan mengambil buruan yang jatuh ke dalam air.

Pudel memiliki bulu keriting yang khas yang membuatnya tahan terhadap air dan cuaca dingin. Untuk menjaga kehangatannya saat berburu di air, pemilik biasanya hanya memangkas bulu di area tertentu saja, seperti badan dan kaki. Ini memberi asal muka karakteristik pudel dengan bulu keriting yang memanjang.

Seiring berjalannya waktu, pudel yang cerdas dan jenaka ini menarik perhatian para bangsawan Eropa. Pudel mulai dipelihara sebagai anjing pengantar dan hiburan di lingkungan istana-istana Prancis dan Spanyol pada abad ke-15 hingga 18.

Perkembangan budidaya pudel sebagai anjing hiburan mencapai puncaknya pada masa pemerintahan Louix XVI di Prancis. Pudel berkembang menjadi tiga jenis berdasarkan ukuran - pudel standar, pudel miniatur, dan pudel toy. Ketiga jenis ini populer di kalangan bangsawan dan gereja.

Setelah Revolusi Prancis, pudel menyebar ke seluruh dunia dan menjadi anjing peliharaan keluarga yang digemari hingga saat ini. Pudel sangat dicintai karena sifatnya yang cerdas, setia, jenaka dan mudah dilatih.

Walau penampilannya sangat berbeda dari fungsi awalnya, pudel modern masih mempertahankan beberapa karakteristik asli seperti bulu keriting tahan air. Kini pudel tidak hanya dipelihara sebagai anjing hiburan, tapi juga sebagai anjing penjaga, pelacak, terapi dan masih digunakan untuk berburu di beberapa daerah.

Kepribadian[sunting | sunting sumber]

Secara umum, ras anjing pudel memiliki kepribadian yang ramah dengan siapa saja termasuk hewan peliharaan lainnya seperti anjing lain atau kucing. Selain itu, mereka juga mempunyai karakter yang lembut dan tenang jika dipelihara di dalam rumah.[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Afdika, Zaky (2020-09-19). "Ini Bukti 6 Jenis Anjing yang Bisa Akur Tinggal Bareng Sama Kucing". PintarPet. Diakses tanggal 2021-07-30.