Protectobot

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Protectobots adalah sebuah sub-group dari Autobots dalam serial Transformers. Mereka bisa berubah menjadi beberapa mobil atau kendaraan P3K (pertolongan pertama pada kecelakaan. Saingan sekaligus rival mereka adalah Combaticons dari Decepticons.

Transformers G1[sunting | sunting sumber]

Anggota[sunting | sunting sumber]

Blades[sunting | sunting sumber]

Blades merupakan satu dari lim anggota Protectobots yang bertugas sebagai tim pencari dan penolong (SAR) dari Autobots. Protectobots adalah sub-grup Autobots yang melayani pertolongan kepada masyarakat sipil dan mereka bisa berubah menjadi combiner Defensor. Blades yang bisa berubah menjadi helikopter ini merupakan ksatria Autobots yang sangat menghindari pertarungan dengan musuh. Ia lebih suka akan kedamaian dan cinta kasih kepada masyarakat banyak.

Protectobots pertama muncul dalam serial season kedua, dengan tanpa penjelasan tentang siapa mereka dan dari mana mereka berasal. Selanjutnya Protectobots hadir dalam beberapa episode di serial season ketiga. Penampilan terakhir Protectobots adalah saat mereka membantu Ultra Magnus dalam usahanya menghentikan Galvatron di season keempat. Asumsi mengatakan bahwa mereka selamat bersama Ultra Magnus setelah Masa Keemasan Cybertron kembali berkat jasa Optimus Prime dan para Nebulans.

Pengisi suara Blades adalah Frank Welker.

Groove[sunting | sunting sumber]

First Aid[sunting | sunting sumber]

First Aid adalah robot Autobots yang juga menjadi dokter dan ahli kesehatan untuk seluruh anggota Autobots. Ia bisa berubah menjadi mobil ambulans Toyota Hiace. Ia dikenal tidak suka bila ada mesin yang rusak, atau benda apapun yang rusak. Meskipun begitu ia adalah petarung sejati. Dan ia merupakan salah satu bagian dari Defensor.

Pertama kali First Aid muncul adalah dalam episode #63, "The Revenge of Bruticus" dengan tanpa penjelasan siapa dia dan dari mana Protectobots berasal. Setelah kematian Ratchet dalam The Transformers: The Movie, First Aid menjadi tulang punggung utama Autobots bila ada salah satu anggotanya yang cedera atau rusak. Peran utama ia dapatkan dalam episode #85, The Ultimate Weapon. Dalam episode ini, First Aid masuk ke Metroplex untuk menolong Blades yang ditembak oleh Decepticons. Dan saat itu, hanya First Aid-lah satu-satunya Protectobots yang ada di Metroplex. Kesempatan ini dimanfaatkan dengan baik oleh Combaticon Swindle untuk menyelinap ke Metroplex dan ia mencuri roda transformasi Metroplex. First Aid mencoba menghadang, tetapi gagal. Daripada ia dimarahi oleh para Autobots, First Aid kemudian memilih untuk kabur. Sementara itu, begitu mengetahui roda Metroplex dicuri, Autobots akhirnya memutuskan untuk mencuri roda milik Trypticon. Sayangnya roda tersebut tidak berfungsi karena memang tidak kompartibel. Satu-satunya orang yang bisa menambatkan roda tersebut dengan benar adalah First Aid. Akhirnya Hot Spot mencoba untuk merayu First Aid agar kembali ke Autobots, dan Hot Spot berhasil. Ketika Metroplex diserang Trypticon, First Aid memberanikan diri masuk ke Metroplex, dan menyetel roda transformasi untuk Metroplex, dan hal itu berhasil, Metroplex berhasil mengalahkan Trypticon sekali lagi, dan hal ini membuat First Aid semakin bersemangat. Dalam The Return of Optimus Prime Part 1, First Aid membuatkan Jessica Morgan sebuah kaki mekanik, dikarenakan Jessica mengalami kelumpuhan akibat di serang Decepticon, tetapi ayah Jessica, Dr. Mark Morgan tidak suka dengan hal tersebut, dan malah menyerang Autobots dengan Hate Plague. Namun semua Transformers berhasil selamat berkat usaha Optimus Prime yang memakai Matrix. Penampilan terakhir First Aid adalah di episode The Rebirth Part 3.

Pengisi suaranya adalah aktor Michael Bell.

Hot Spot[sunting | sunting sumber]

Hot Spot merupakan pemimpin dari Protectobots. Ia merupakan seorang ksatria dan pemimpin yang aktif, tegas, dan juga disiplin. Ia lantas meminta semua anggota Protectobots untuk bertindak sama dengannya, yaitu disiplin. Hot Spot merupakan salah satu bagian dari Defensor ketika semua anggota Protectobots bergabung menjadi satu.

Ia pertama kali tampil dalam episode 63, "The Revenge of Bruticus", dengan tanpa penjelasan dari mana ia dan Protectobots berasal, dan juga siapa mereka sebenarnya. Intinya, Protectobots merupakan satu-satunya tim Autobots yang tidak bermarkas di The Ark, mereka memilih untuk tinggal di sebuah gedung di kota. Dalam serial season dua dan tiga, mereka sering membantu manusia dalam menghadapi perang yang berkecamuk antara Autobots dan Decepticons.Terkadang mereka juga bertarung di luar angkasa, seperti di Cybertron. Seperti ketika mereka pergi ke kepala Unicron untuk menyelidiki pengaktifan kembali Unicron oleh hantu Starscream.Protectobots terakhir kali tampil saat membantu Ultra Magnus untuk menghentikan usaha Galvatron di season empat. Namun mereka gagal, dan tertembak oleh Galvatron.

Streetwise[sunting | sunting sumber]

Defensor[sunting | sunting sumber]

Sama seperti tim-tim kombinasi lainnya, Defensor merupakan satu dari semua generasi kedua Transformers Combiners selain Aerialbots (Superion), Stunticons (Menasor), Combaticons (Bruticus), Technobots (Computron), Terrorcons (Abominus), dan Seacons (Piranacons). Secara umum, kemampuan Defensor terbilang biasa saja kalau dibandingkan dengan kombinasi Technobots (Computron) yang dinilai sangat pintar, atau Menasor (Stunticons) yang dinilai sangat tangkas. Walaupun begitu, Defensor merupakan satu-satunya tim kombinasi Transformers yang mampu berdiri hanya dengan empat anggota saja. Ini terjadi ketika dalam pertarungan Defensor melawan Menasor yang terjadi di Jepang, dimana salah satu anggota Defensor yaitu First Aid diceritakan mengalami stress akibat tekanan tinggi terhadapnya sebagai salah satu anggota Protectobots yang dinilai tidak becus dalam menjaga perbaikan Metroplex. Dalam pertarungan tersebut, Defensor yang hanya berjumlah empat anggota saja, mampu mengalahkan Menasor yang turun dengan kekuatan penuh. Diakhir cerita, First Aid yang stress berhasil dibujuk untuk kembali kedalam tim Protectobots, hingga akhirnya kekuatan Defensor kembali seperti semula dengan dipenuhi oleh lima anggota. Defensor merupakan salah satu robot Transformers yang dirilis di Transformers AS dan Jepang dengan nama yang sama.

Profil[sunting | sunting sumber]

Season 2[sunting | sunting sumber]

Sama seperti Aerialbots, Combaticons, atau Stunticons, Protectobots merupakan sebuah grup yang dibuat di tengah-tengah cerita Transformers dan bukan berasal dari serial orsinil season 1. Protectobots pertama kali muncul dalam episode "The Revenge of Bruticus," namun mereka belum cukup kuat dan belum bisa bergabung menjadi Defensor sampai episoden "B.O.T", dimana ketika itu mereka melawan Combaticons, dengan hasil Defensor berhasil mengalahkan Combaticons yang bergabung menjadi Bruticus. Ketika Bruticus tampil kembali setelah diperbaiki oleh Swindle, Defensor kembali lagi mengalahkan Bruticus dan menyebabkan salah satu komponen Combaticons digunakan oleh manusia untuk membangun robot B.O.T untuk sebuah tugas sekolahan. Namun akhirnya robot B.O.T yang dibangun dengan memakai komponen Combaticons berhasil di KO oleh para anggota Autobots.

Selanjutnya, grup Protectobots menjadi salah satu sub-grup Autobots yang tidak memakai The Ark sebagai markas mereka. Protectobots lebih memilih untuk bermarkas di dekat pemukiman manusia di kota besar. Dalam serial season kedua dan ketiga, pihak Protectobots menjadi satu-satunya tim Autobots penolong ketika manusia di kota sedang berada dalam masalah, seperti kasus kebakaran, gempa bumi, banjir, ataupun masalah-masalah yang terjadi akibat perang Autobots vs. Decepticons.

Season 3[sunting | sunting sumber]

Protectobots pernah ditugaskan oleh Rodimus Prime untuk meng-investigasi kepala Unicron yang dibangkitkan oleh hantu (atau arwah) Starscream. Mereka semua kemudian bertarung melawan Decepticons, dan sekaligus pula menjadi pertarungan pertama Protectobots di luar Bumi.

Protectobots menjadi satu-satunya grup yang terkena efek besar akibat ulah First Aid yang stress setelah kematian Ratchet dalam film The Transformers: The Movie. Ceritanya begini, First Aid gagal mencegah Swindle ketika ia mencuri salah satu komponen Metroplex. Daripada ia dimarahi oleh Rodimus Prime, First Aid memutuskan untuk kabur. Sementara di tempat lain, pihak Protectobots harus menjalani pertarungan melawan Menasor dari Stunticons. Akibatnya Defensor hanya mempunyai sebelah tangan saja. Namun Autobots yang lain datang membantu dan akhirnya Menasor berhasil dihalau.

Di tempat lain, setelah Hot Spot berhasil mendapatkan kembali komponen Metroplex yang hilang, ia lantas mencari First Aid dan membujuknya agar kembali ke Autobots City, sebab hanya dialah yang mampu memperbaiki Metroplex. First Aid setuju, dan berkat jasanya, Metroplex bisa mengalahkan Trypticon. Dan pihak Protectobots akhirnya bisa bersatu kembali menjadi sebuah tim yang utuh (lima anggota).

Kemudian Rodimus Prime dalam episode "The Return of Optimus Prime", sempat menyuruh Defensor mengawasi tubuh Optimus Prime, ketika Optimus akan dibangkitkan kembali. Sayangnya baik Rodimus, Ultra Magnus, tim Aerialbots, dan juga tim Protectobots juga terserang oleh serangan Hate Plague. Akhirnya mereka semua selamat, setelah Optimus Prime berhasil dibangkitkan oleh Quintessons dan mengambil Matrix dari tangan Rodimus untuk kemudian dipakai menyelamatkan seluruh umat manusia dan para Transformers.

Season 4[sunting | sunting sumber]

Penampilan terakhir Protectobots dalam serial Transformers AS adalah pada saat membantu Ultra Magnus menghentikan usaha Galvatron. Namun gagal dan mereka semua tertembak. Ada asumsi mereka semua berhasil disembuhkan ketika Golden Age of Cybertron berhasil diwujudkan oleh Optimus Prime.

Transformers: Universe[sunting | sunting sumber]

Protectobots dalam Transformers: Universe merupakan sebuah tim yang di versi Jepang dikenal dengan nama Sixturbo Team.

Anggota[sunting | sunting sumber]

Prowl (Road Police)[sunting | sunting sumber]

Merupakan pemimpin tim yang dapat berubah menjadi sebuah mobil polisi berwarna putih. Memiliki kecepatan yang tinggi, dan memiliki kegemaran mengoleksi beragam jenis senjata pistol versi Bumi.

Groove (Glide)[sunting | sunting sumber]

Seorang pengintai, yang bisa berubah menjadi sebuah sepeda motor warna biru. Dari spek teknisnya dapat diketahi bahwa ia senang berada di Bumi, dan lebih menyenangi jika seorang wanita cantik mengendarai dirinya. Namun jika dalam tugas, ia sangatlah disiplin dan tegas.

Streetwise (Circuit)[sunting | sunting sumber]

Seorang juru bicara dan ahli pengantaran, bisa berubah menjadi sebuah mobil Formula 1 warna putih. Namun kadang-kadang ia lebih memilih untuk tampil dalam mode robot dikarenakan ia sering takut akan membawa masalah jika mengendarai mobil F1 dengan kencang di jalan raya.

Hot Spot (Neo-Wheel)[sunting | sunting sumber]

Seorang petarung dan ksatria, berubah menjadi mobil kuning seperti Bumblebee. Ia mencintai alam Bumi dan binatang.

Red Alert (Discharge)[sunting | sunting sumber]

Merupakan satu-satunya anggota tim wanita, berubah menjadi sebuah mobil pemadam kebakaran warna merah. Dengan karakter wanitanya, ia sangat suka menolong manusia, dan lemah lembut kepada manusia yang diselamatkannya jika terluka. Uniknya, ia tidak suka perkelahian, tetapi akan berubah menjadi kemarahan jika ia dihina atau diprovokasi.

First Aid (Sireen)[sunting | sunting sumber]

Ahli medis dan kesehatan, berubah menjadi mobil ambulans, mempunyai catatan kerja yang sangat baik dan memuaskan manusia Bumi.

Defensor (Sixturbo)[sunting | sunting sumber]

Merupakan penggabungan dari semua anggota. Satu komponen ekstra yang bisa diperoleh adalah salah satu bagian tubuhnya bisa berubah menjadi pesawat jet, dan satu anggotanya bisa mengendarai pesawat tersebut.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]