Power inverter

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Pembalik daya atau disebut juga inverter (Inggris: power inverter) adalah konverter daya listrik yang mengubah arus searah (DC) menjadi arus bolak-balik (AC), Arus AC dapat dikonversi pada setiap tegangan dan frekuensi yang diperlukan dengan penggunaan transformator, switching, dan control circuit (rangkaian kendali) yang tepat. Inverter tidak memproduksi daya listrik sendiri, melainkan daya disediakan dari sumber arus searah (DC), sebagai input dari power inverter tersebut, dapat berupa baterai atau akki. maupun dari solar cell (sel surya). Power inverter ini akan sangat bermanfaat, apabila digunakan sebagai listrik cadangan, maupun sebagai listrik pada wilayah yang memiliki keterbatasan listrik arus bolak-balik (AC). Karena dengan adanya power inverter ini, kita dapat menggunakan akki ataupun sel surya, untuk menghidupkan peralatan pada keperluan rumah tangga, seperti televisi, kipas angin, lampu, radio, kulkas, maupun mesin cuci yang pada umumnya masih selalu memerlukan sumber dari listrik arus bolak-balik (AC) bertegangan 110 Volt AC ataupun 220 Volt AC.

Bentuk Gelombang yang Dihasilkan oleh Pembalik daya[sunting | sunting sumber]

Bentuk gelombang yang dapat di hasilkan oleh power inverter adalah jenis gelombang persegi (square wave), gelombang sinus (sine wave), gelombang sinus yang di modifikasi (modified sine wave) dan gelombang modulasi pulsa lebar (Pulse width modulated wave). tergantung dari desain rangkaian power inverter tersebut. Namun pada saat ini, Power inverter dengan bentuk gelombang yang paling banyak di gunakan, berbentuk gelombang sinus (sine wave) dan gelombang sinus yang di modifikasi (modified sine wave).

Jenis gelombang yang dihasilkan[sunting | sunting sumber]

Sinyal gelombang kotak.
  • Gelombang Square Sine Wave Adalah jenis power inverter dengan gelombang sinyal yang berbentuk kotak. Sinyal kotak ini, tidak cocok digunakan untuk beban coil, serta tidak cocok untuk beban trafo jenis tertentu. Inverter jenis ini juga disebut sebagai power inverter jenis push-pull, dimana pada penggunaan untuk peralatan elektronika, seperti kulkas, power supply, tv, radio, kipas angin tidak di perkenankan, karena dapat merusak peralatan elektronika tersebut. Dan pada jenis power inverter jenis ini hanya dapat digunakan pada peralatan elektronika jenis lampu.
Sinyal gelombang sinus.
  • Modified Sine Wave Adalah jenis power inverter dengan gelombang hasil dari modifikasi dari gelombang kotak (square Sine wave). Berbeda dengan jenis inverter sebelumnya, inverter ini memang dapat di pakai untuk beban coil. Kekuranganya dari jenis power inverter ini kurang maksimal. Selain itu dari jenis gelombang yang di hasilkan pada inverter modifikasi, cenderung menyebabkan pemborosan daya pada skala yang lebih tinggi. Serta tidak di perkenankan pada penggunan peralatan elektronika seperti pada penggunaan audio power amplifier.
  • Pure Sine Wave Inverter Adalah jenis power inverter jenis yang terbaik dari power inverter lainnya. Karena power inverter ini dapat bekerja maksimal pada seluruh peralatan elektronika dan gelombang yang dihasilkan pada power inverter ini murni, seperti yang dihasilkan oleh listrik PLN. Keunggulan jenis power inverter pure Sine wave ini, lebih efisiensi, dari daya yang dihasilkan. Serta lebih tinggi, karena daya yang di konsumsi lebih sedikit. Namun dari semua kelebihan, dari power inverter Puri Sine wave, Yang di tawarkan dipasaran, harganya yang masih relatif lebih mahal, bila dibandingkan dengan jenis power inverter lainnya.

Galeri[sunting | sunting sumber]

Rujukan[sunting | sunting sumber]