Portal:Militer

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Portal Militer


Selamat Datang di Portal Militer

Pertempuran Austerlitz oleh François Gerard.

Militer dapat diartikan sebagai angkatan bersenjata dari suatu negara, atau segala sesuatu yang berhubungan dengan angkatan bersenjata.

Perang adalah keadaan konflik antara dua pihak yang besar, seperti negara, organisasi, dan kelompok sosial, yang dikarakterisasikan dengan adanya pemakaian senjata mematikan. Gambaran umum tentang perang adalah kampanye militer antara dua atau lebih pihak yang bertentangan atas kedaulatan, daerah kekuasaan, sumber daya alam, agama, dan isu-isu lainnya. Perang untuk membebaskan negara yang terokupasi sering disebut "perang kemerdekaan", sementara perang antara pihak-pihak dalam satu negara dapat disebut perang saudara.

Pertempuran Gibraltar oleh Hendrick Cornelisz Vroom.

Selain manusia, spesies lain yang diketahui melakukan konflik dengan skala besar hanyalah semut, yang sering melakukan perang antar koloni.

Pertempuran adalah suatu kontak senjata antara dua atau lebih pihak di mana masing-masing pihak bertujuan mengalahkan pihak lainnya. Pertemuran umumnya terjadi dalam suatu perang atau kampanye militer dan biasanya terjadi pada waktu, lokasi, dan aktivitas tertentu. Perang dan kampanye dijalankan dengan strategi, sedangkan pertempuran dijalankan dengan taktik.

Sejarah militer adalah dokumentasi, secara tertulis maupun tidak, akan kejadian-kejadian dalam sejarah manusia yang masuk dalam kategori konflik. Dari perang antar dua suku, perang antar angkatan bersenjata, sampai perang dunia yang mempengaruhi hidup sebagian besar manusia.

Tampilkan isi pilihan baru...

Artikel pilihan

Perang Soviet-Afganistan merupakan masa sembilan tahun dimana Uni Soviet berusaha mempertahankan pemerintahan Marxis Afganistan, yaitu Partai Demokrasi Rakyat Afganistan, menghadapi mujahidin Afganistan yang ingin menggulingkan pemerintahan. Uni Soviet mendukung pemerintahan Afganistan, sementara para mujahidin mendapat dukungan dari banyak negara, antara lain Amerika Serikat dan Pakistan.

Pasukan Soviet pertama kali sampai di Afganistan pada 25 Desember 1979, dan penarikan pasukan terakhir terjadi pada 2 Februari 1989. Uni Soviet lalu mengumumkan bahwa semua pasukan mereka sudah ditarik dari Afganistan pada tanggal 15 Februari 1989. Karena banyak negara adidaya ikut dalam konflik ini, Perang Soviet-Afganistan sama besarnya dengan Perang Vietnam.

Kategori

Tokoh pilihan

Jeanne d'Arc (Lorraine, Prancis, 6 Januari 1412Rouen, Normandia, 30 Mei 1431), (dalam bahasa Inggris: Joan of Arc) adalah pahlawan negara Prancis dan orang suci (santa) dalam agama Katolik. Di Prancis ia dijuluki La Pucelle yang berarti "sang dara" atau "sang perawan". Ia mengaku mendapat suatu pencerahan, yang dipercayainya berasal dari Tuhan, dan menggunakannya untuk membangkitkan semangat pasukan Charles VII untuk merebut kembali bekas wilayah kekuasaan mereka yang dikuasai Inggris dan Burgundi pada masa Perang Seratus Tahun.

Gambar pilihan

Kapal perang USS Iowa menembakkan meriamnya pada latihan perang di dekat Vieques, Puerto Rico.

Kapal tempur USS Iowa menembakkan meriamnya pada latihan perang di dekat Vieques, Puerto Rico.

Tahukah anda

ProyekWiki

ProyekWiki perbaikan kualitas artikel bertopik militer adalah sebuah ProyekWiki yang bertujuan untuk mengkoordinasikan perbaikan kualitas artikel-artikel bertopik militer. Kalau Anda ingin bergabung dan ikut membantu ProyekWiki ini, silakan masuk kedalam halaman proyek ini dan menambahkan nama Anda di daftar partisipan.