Politeknik Negeri Malang

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Politeknik Negeri Malang
State Polytechnic of Malang
Nama lain
POLINEMA
Nama sebelumnya
Politeknik Universitas Brawijaya
JenisPerguruan tinggi negeri berbasis vokasi
Didirikan27 Januari 1979; 45 tahun lalu (1979-01-27)
sebagai Program Pendidikan Diploma Bidang Teknik, Universitas Brawijaya.[1]
Lembaga induk
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi
DirekturSupriatna Adhisuwignjo, ST., MT.
Alamat
Jalan Soekarno Hatta No. 9
, ,
KampusUrban
WarnaBiru  
Situs webpolinema.ac.id

Politeknik Negeri Malang, disingkat POLINEMA, adalah perguruan tinggi negeri vokasi yang berlokasi di Kota Malang, Jawa Timur, Indonesia. Pendidikan vokasi adalah pendidikan tinggi program diploma yang menyiapkan mahasiswa untuk pekerjaan dengan keahlian terapan tertentu. POLINEMA menyelenggarakan pendidikan vokasi Program Diploma III, Diploma IV dan Program Magister Terapan.

POLINEMA didirikan sejak tahun 1982 dengan nama Program Pendidikan Diploma Bidang Teknik, Fakultas Non Gelar Teknologi, Universitas Brawijaya dan pada tahun 2004 memperoleh status kemandirian menjadi Politeknik Negeri Malang.[butuh rujukan] POLINEMA sendiri termasuk 6 Politeknik perintis di Indonesia.[butuh rujukan]

POLINEMA memiliki 4 kampus, kampus utama di Kota Malang, (Jl. Soekarno Hatta), kampus kedua berada di Pamekasan (Jl. Stadion IX/3 Kelurahan Lawangan Daya), kampus ketiga berada di Lumajang (Jl. Lintas Timur, Area Sawah/Kebun, Jogotrunan), dan kampus keempat berada di Kediri (Jl. Mayor Bismo, No. 27, Semampir, Kampus 2 : Jl. Lingkar Maskumambang, No. 1, Sukorame)

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Politeknik Negeri Malang awalnya bernama Politeknik Universitas Brawijaya, berdiri pada tahun 1982 berdasarkan Surat Keputusan Presiden No. 59/Tahun 1982.[butuh rujukan] Politeknik Universitas Brawijaya berkedudukan di Kota Malang, Provinsi Jawa Timur dan merupakan salah satu dari 6 politeknik perintis berdasarkan Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi No.115/DIKTI/KEP/1984. Perubahan nama Politeknik Universitas Brawijaya menjadi Politeknik Negeri Malang (POLINEMA) didasarkan pada Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 147/O/2004 tanggal 22 November 2004.

Pada awal berdiri, Politeknik Universitas Brawijaya memiliki empat jurusan, yaitu Jurusan Teknik Elektronika, Jurusan Teknik Listrik, Jurusan Teknik Mesin, dan Jurusan Teknik Sipil. Seiring dengan perkembangan industri dan pembangunan nasional di Indonesia, pada tahun 1986 dibuka Jurusan Teknik Telekomunikasi, Jurusan Akuntansi, dan Jurusan Kesekretariatan. Setahun berikutnya, yakni tahun 1987 dibuka Jurusan Teknik Kimia.

Politeknik Universitas Brawijaya merupakan lembaga pendidikan profesional, pada awalnya dibantu oleh tenaga ahli dari Swiss yang tergabung dalam Swiss Contact dan bertindak sebagai technical assistant bersama dengan beberapa tenaga ahli dari Indonesia yang telah mendapat pendidikan khusus di Pusat Pengembangan Pendidikan Politeknik Bandung. Khusus untuk Jurusan Akuntansi dan Jurusan Administrasi Niaga mendapatkan bantuan dari The Australian Project. Berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 0313/O/1991, Politeknik Universitas Brawijaya terdiri atas jurusan/program studi sebagai berikut:

  1. Jurusan Teknik Elektro, terdiri atas:
  2. Jurusan Teknik Mesin
  3. Jurusan Teknik Sipil
  4. Jurusan Teknik Kimia
  5. Jurusan Akuntansi[2]
  6. Jurusan Administrasi Niaga
    • Program Studi Kesekretariatan dan Administrasi Perkantoran
  7. Jurusan Teknologi Informasi

Mulai tanggal 12 Februari 2001, Jurusan Administrasi Niaga Program Studi Kesekretariatan dan Administrasi Perkantoran diubah menjadi Jurusan Administrasi Niaga Program Studi Administrasi Bisnis, berdasarkan Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Nomor 45/DIKTI/Kep/2001.

Untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dan industri, pada tahun 2004 Jurusan Teknik Sipil membuka Diploma IV Program Studi Manajemen Rekayasa Konstruksi berdasarkan surat izin Dirjen Dikti nomor: 3803/D/T/2004. Kemudian, pada tahun 2005 Jurusan Teknik Mesin menambah program studi baru dengan membuka Diploma IV Program Studi Teknik Otomotif Elektronik berdasarkan surat izin Dirjen Dikti Nomor: 2964/D/T/2005 dan Jurusan Teknik Elektro membuka Diploma III Program Studi Manajemen Informatika berdasarkan surat izin Dirjen Dikti nomor: 2001/D/T/2005. Selanjutnya, pada tahun 2006 Jurusan Teknik Elektro membuka Diploma IV Program Studi Sistem Kelistrikan berdasarkan surat izin Dirjen Dikti Nomor: 1920/D/T/2006, dan Program Studi Teknik Jaringan Telekomunikasi Digital berdasarkan SK Dirjen DIKTI Nomor 4679/D/T/2009. Jurusan Akuntansi membuka Diploma IV Program Studi Akuntansi Manajemen berdasarkan surat izin Dirjen Dikti nomor: 2690/D/T/2006. Jurusan Administrasi Niaga membuka Diploma IV Program Studi Manajemen Pemasaran berdasarkan surat izin Dirjen Dikti Nomor: 3414/D/T/2006. Jurusan Elektro membuka diploma IV Program Studi Teknik Elektronika berdasarkan surat izin Dirjen Dikti Nomor: 522/D/T/2009, dan Program Studi Teknik Informatika berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Nomor: 50/D/0/2010. Pada Tahun 2014 jurusan Teknik Mesin membuka Program Diploma IV Program Studi Teknik Mesin Produksi dan Perawatan berdasarkan Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 34/E/O/2014. Pada tanggal 6 Maret 2015 dibuka jurusan baru yaitu Teknologi Informasi berdasarkan SK Direktur No. 53 tahun 2015 dengan Program Studi Diploma III Manajemen Informatika dan Diploma IV Teknik Informatika. Selain itu pada tahun 2015 juga dibuka Program Studi baru Diploma IV Teknologi Kimia Industri sesuai SK Nomor 381/M/Kp/VI/2015.

Sistem Pendidikan[sunting | sunting sumber]

Masa pendidikan program Diploma III (Ahli Madya) di Politeknik Negeri Malang adalah 3 tahun atau 6 semester, dengan rincian 5 semester kuliah di kampus dan 1 semester terakhir digunakan untuk praktik kerja lapangan (PKL) dan penyelesaian laporan akhir studi. Masa pendidikan program Diploma IV (Sarjana Sains Terapan) adalah 4 tahun atau 8 semester, dengan rincian 7 semester kuliah di kampus dan 1 semester terakhir digunakan untuk praktik kerja lapangan (PKL) dan penyelesaian skripsi. Setiap semester berlangsung selama 19 minggu efektif yang terbagi dalam 17 minggu tatap muka, 1 minggu ujian tengah semester (UTS), 1 minggu ujian akhir semester (UAS) dengan beban berkisar 38 jam kuliah tiap minggu (1 jam tatap muka selama 45 menit), sehingga total jam untuk D-III selama 3 tahun adalah 4.332 jam yang setara dengan 110-120 SKS dan untuk D-IV selama 4 tahun adalah 5.776 jam yang setara dengan 144-160 SKS. Komposisi jumlah jam kuliah untuk D-III dan D-IV sekitar 45 % teori dan 55 % praktik. Program alih jenjang dari Diploma III ke Diploma IV masa pendidikan selama 3 semester. Setiap semester berlangsung selama 19 minggu efektif, dengan beban 38 jam kuliah tiap minggu, sehingga total jam selama masa pendidikan adalah 2.166 jam yang setara dengan 34-50 SKS. Adapun untuk program alih jenjang dari Diploma I dan Diploma II ke jenjang Diploma III atau Diploma IV serta bagi mahasiswa pindahan diatur dengan Surat Keputusan Direktur. Pendidikan di POLINEMA menggunakan sistem paket yang mewajibkan mahasiswa menempuh seluruh mata kuliah yang diprogramkan. Sistem paket pada pendidikan Politeknik Negeri Malang mempunyai ciri-ciri sebagai berikut:

  1. Mahasiswa menempuh semua mata kuliah yang diprogramkan dan harus lulus pada setiap semester sesuai peraturan yang berlaku.
  2. Keberhasilan studi mahasiswa ditentukan berdasarkan prestasi akademik, kehadiran mengikuti perkuliahan, dan ketaatan mengikuti tata tertib.
  3. Jumlah jam per minggu untuk tiap-tiap mata kuliah ditentukan atas dasar sasaran kemampuan dan keterampilan yang akan dicapai.

Jurusan / Program Studi[sunting | sunting sumber]

Hingga 2023, Politeknik Negeri Malang memiliki 7 Jurusan dengan 46 Program Studi pada jenjang pendidikan D-II, D-III, D-IV dan Magister Terapan (S2) dengan jurusan/program studi sebagai berikut:

Program Pendidikan Diploma Dua (D-II), Diploma Tiga (D-III), Sarjana Terapan (D-IV) dan Magister Terapan (S2)

  • JURUSAN TEKNIK ELEKTRO
    1. D-III Teknik Listrik
    2. D-III Teknik Elektronika
    3. D-III Teknik Telekomunikasi
    4. D-IV Sistem Kelistrikan
    5. D-IV Teknik Elektronika
    6. D-IV Teknik Jaringan Telekomunikasi Digital
    7. Magister Terapan (S2) Teknik Elektro
  • JURUSAN TEKNIK MESIN
    1. D-III Teknik Mesin
    2. D-III Teknologi Pemeliharaan Pesawat Udara
    3. D-IV Teknik Mesin Produksi dan Perawatan
    4. D-IV Teknik Otomotif Elektronik
    5. Magister Terapan (S2) Rekayasa Teknologi Manufaktur
  • JURUSAN TEKNOLOGI INFORMASI
    1. D-II Pengembangan Piranti Lunak Situs
    2. D-IV Sistem Informasi Bisnis
    3. D-IV Teknik Informatika
    4. Magister Terapan (S2) Rekayasa Teknologi Informasi
  • JURUSAN TEKNIK KIMIA
    1. D-III Teknik Kimia
    2. D-IV Teknologi Kimia Industri
  • JURUSAN TEKNIK SIPIL
    1. D-III Teknik Sipil
    2. D-III Teknologi Konstruksi Jalan, Jembatan, Dan Bangunan Air
    3. D-III Teknologi Pertambangan
    4. D-IV Teknologi Rekayasa Konstruksi Jalan Dan Jembatan
    5. D-IV Manajemen Rekayasa Konstruksi
  • JURUSAN AKUNTANSI
    1. D-III Akuntansi
    2. D-IV Keuangan
    3. D-IV Akuntansi Manajemen
    4. Magister Terapan (S2) Sistem Informasi Akuntansi
  • JURUSAN ADMINISTRASI NIAGA
    1. D-III Administrasi Bisnis
    2. D-IV Manajemen Pemasaran
    3. D-IV Bahasa Inggris untuk Komunikasi Bisnis dan Profesional
    4. D-IV Bahasa Inggris untuk Industri Pariwisata
    5. D-IV Pengelolaan Arsip dan Rekaman Informasi
    6. D-IV Usaha Perjalanan Wisata

Organisasi Kemahasiswaan Intra Politeknik Negeri Malang (OKI Polinema)[sunting | sunting sumber]

  1. Lembaga Tinggi Polinema
  2. Unit Kegiatan Mahasiswa
  3. Himpunan Mahasiswa Jurusan
  4. Workshop (non UKM)
  5. Alumni Politeknik Negeri Malang

Direktur[sunting | sunting sumber]

No Nama Mulai Menjabat Selesai Menjabat Keterangan
1.
2. Dr. Ir. Tundung Subali Patma, MT 2013 2017
3. Drs. Awan Setiawan, MMT., MM 2017 2021
4. Supriatna Adhisuwignjo, ST., MT. 2021 Petahana

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Sejarah Singkat | Politeknik Negeri Malang". Politeknik Negeri Malang. Diakses tanggal 10 November 2023. 
  2. ^ "Akuntansi | Politeknik Negeri Malang". Diakses tanggal 2023-07-28. 


Pranala luar[sunting | sunting sumber]