Persbul Buol

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Persbul Buol
Logo persbul buol
Nama lengkapPersatuan Sepak Bola Buol
JulukanKetam Kenari
Laskar Pogogul
StadionStadion Kuonoto, Kabupaten Buol, Sulawesi Tengah
(Kapasitas: 8.000)
KetuaIndonesia Abdullah Batalipu
PelatihIndonesia Jufri Bakri
LigaLiga 3
2017Degradasi
Kostum kandang
Kostum tandang

Persatuan Sepak bola Buol (biasa disingkat: Persbul Buol) adalah sebuah klub sepak bola Indonesia yang bermarkas di Buol, Provinsi Sulawesi Tengah. Saat ini Persbul Buol bermain di Liga 3 untuk musim kompetisi 2017-2018. Persbul mendapat tiket promosi ke Divisi Utama setelah berhasil menjadi runner-up pada kompetisi Divisi Satu musim kompetisi 2010-2011. Klub ini memainkan pertandingan kandangnya di Stadion Kuonoto yang berkapasitas 8.000 orang.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Sejak mulai merintis keikut sertaannya di liga Indonesia pada tahun 2007, Persbul Buol mampu menembus kompetisi Divisi Utama pada tahun 2011 setelah menjadi runner-up kompetisi Divisi Satu Liga Indonesia 2010. Pencapaian itu di dapatkan Persbul Buol setelah berjuang keras melewati klub-klub peserta Divisi Tiga, Divisi Dua, dan Divisi Satu Liga Indonesia. Persbul Buol menjadi runner up di divisi satu Liga Indonesia dan mendapat tiket promosi untuk berlaga di divisi utama Liga Indonesia pada musim kompetisi 2011-2012. Pencapaian terbaik Persbul Buol dalam dunia persepak bolaan indonesia ialah ketika Persbul Buol yang merupakan tim promosi divisi satu langsung berpeluang untuk bermain di Liga Super Indonesia musim 2012-2013.

Pada saat itu Persbul Buol menjadi klub peserta play off yang memperebutkan 3 tempat di Liga Primer indonesia. Kesempatan itu di dapat Persbul Buol setelah berhasil menjadi runner up grup 3 Divisi Utama musim 2011-2012. Babak Play Off ketika itu direncanakan akan mempertandingkan tiga klub yang berada di peringkat kedua masing-masing grup Divisi Utama dan peringkat ke-11 Indonesian Premier League (IPL). Persbul Buol sendiri akan bertarung bersama-sama PSLS Lhokseumawe (Grup 1), PSIR Rembang (Grup 2), dan Bontang FC (peringkat 11 IPL).

Impian untuk bermain di kasta tertinggi persepak bolaan indonesia akhirnya tertunda ketika menagemen Persbul Buol memutuskan untuk tidak lagi bermain di kompetisi yang di bawahi oleh PSSI dan memutuskan hijrah ke Liga Super Indonesia yang di selenggarakan oleh KPSI. Keputusan itu di ambil karena pihak managemen Persbul Buol kecewa dengan pengurus PSSI yang di anggap tidak konsisten. Keputusan hengkang ke Divisi Utama diketahui setelah Ketua Umum Persbul Buol Abdullah Batalipu mengeluarkan pernyataan resmi kepada media.[butuh rujukan]

Meskipun impian Persbul Buol tertunda, pencapaian yang dibuat Persbul Buol tentu sangat mencengangkan dan membuat bangga masyarakat khususnya yang berada di kabupaten Buol, pasalnya untuk bisa berkompetisi di divisi utama liga indonesia apalagi bisa menjadi runner up divisi utama, sebuah klub biasanya membutuhkan waktu yang lama untuk bisa mencapai itu. Persbul Buol yang mulai merintis jalan ke Liga Super Indonesia pada tahun 2007 hanya memerlukan waktu 4 tahun untuk dapat menjadi runner up grup 3 divisi utama liga Indonesia. Pencapaian yang cukup fantastis ini tidak lepas dari peran Kamaluddin selaku pelatih Persbul Buol dan juga H. Amran Batalipu S.E. M.M. selaku perintis terbentuknya Persbul Buol yang saat ini diberi julukan "Ketam kenari". Klub ini juga mendapat julukan Laskar Pogogul.

Julukan[sunting | sunting sumber]

Persbul Buol mempunyai julukan Ketam kenari, karena Ketam Kenari salah satu hewan langka yang bisa di temui di Kabupaten Buol. Persbul Buol juga mempunyai julukan Laskar Pogogul, Pogogul adalah gunung yang di keramatkan di kabupaten Buol.

Rekor musim ke musim[sunting | sunting sumber]

Musim Liga Piala IIC Asia Topskor tim
Komp. Main M S K GM GK Poin Pos Nama Gol
2016 ISC B (8) 10 2 3 5 7 18 9 5 Tidak ikut Tidak ikut
2017 Liga 2 (8) 10 0 0 10 5 29 0 6 Tidak ikut Tidak ikut
Juara Peringkat kedua Promosi Degradasi

Skuat[sunting | sunting sumber]

Tim Utama[sunting | sunting sumber]

Berikut Tim Utama Persbul Buol update 3 Maret 2017.[1]

Catatan: Bendera menunjukkan tim nasional sesuai dengan peraturan FIFA. Pemain dapat memiliki lebih dari satu kewarganegaraan non-FIFA.

No. Pos. Negara Pemain
-- GK Indonesia IDN Muhammad Irfan
-- DF Indonesia IDN Jefry Alfons Arsyad
-- DF Indonesia IDN Fadel Alhadar
-- DF Indonesia IDN Sarman Ladoe
-- DF Indonesia IDN Rosman Umar
No. Pos. Negara Pemain
-- MF Indonesia IDN Obeth Choiri
-- MF Indonesia IDN Fadli Batalipu
-- MF Indonesia IDN Gresianto Pratama
-- FW Indonesia IDN Bambang Irawan
-- FW Indonesia IDN Andri Riuh
-- FW Indonesia IDN Bagus Himawan

Prestasi[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Salinan arsip". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2017-10-14. Diakses tanggal 2017-10-14.