Permaisuri Yin (He)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Permaisuri Yin
(陰 皇后)
Permaisuri Dinasti Han Timur
Berkuasa96–102
PendahuluPermaisuri Dou
PenerusDeng Sui
Informasi pribadi
Kematian103
AyahYin Gang
PasanganKaisar He

Permaisuri Yin (陰 皇后, nama pribadinya tidak diketahui) merupakan seorang permaisuri pertama Kaisar He dari Dinasti Han Timur.

Keluarga[sunting | sunting sumber]

Permaisuri Yin adalah putri Yin Gang, cucu saudara ipar Kaisar Guangwu. Yin Gang merupakan cucu Yin Shi, saudara Permaisuri Yin Lihua.

Pernikahan[sunting | sunting sumber]

Nona Yin menjadi selir kekaisaran pada tahun 92 dan dengan cepat menjadi favorit Kaisar He. Dia digambarkan cantik, tetapi pendek dan kikuk, dan sering kali tidak dapat melaksanakan upacara-upacara yang dilakukan para permaisuri dengan kemurahan fisik. Ia juga digambarkan sebagai orang yang sombong karena berasal dari keturunan bangsawan.

Sebagai Permaisuri[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 96, Kaisar He menjadikan Selir Yin sebagai permaisuri. Pada tahun 97, Kaisar He memberi ayahandanya, Yin Geng gelar Marquis dari Wufang.

Ketika tahun-tahun berlalu, Permaisuri Yin mulai kehilangan dukungan Kaisar He. Terutama karena dia cemburu pada istri favorit lain, Deng Sui yang juga berasal dari garis keturunan bangsawan (Deng Sui merupakan buyut dari perdana menteri Kaisar Guangwu, Deng Yu). Dibandingkan dengan keangkuhan Permaisuri Yin, Selir Deng digambarkan sebagai orang yang rendah hati dan selalu berusaha mempertahankan hubungan damai dengan permaisuri dan dayang. Selir Deng prihatin Kaisar He terus menerus kehilangan anak laki-laki di usia muda, kerap merekomendasikan selir lain kepada Kaisar He untuk berhubungan intim dengan mereka, sementara Permaisuri Yin tidak. Karena itu dia menjadi lebih populer.

Suatu kali, ketika Kaisar He sakit, Permaisuri Yin membuat pernyataan bahwa jika dia menjadi ibu ratu, Klan Deng akan dibantai — dan setelah mendengar pernyataan itu, Selir Deng berencana untuk bunuh diri, dan salah satu dayangnya menyelamatkannya dengan berbohong bahwa kaisar telah pulih. Namun, kaisar segera pulih, sehingga Selir Deng dan keluarganya lolos dari nasib buruk.

Sihir dan Kutukan[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 102, Permaisuri Yin dan neneknya, Deng Zhu dituduh menggunakan sihir untuk mengutuk para selir kekaisaran (mungkin termasuk Selir Deng). Nyonya Deng dan putra-putranya, serta saudara Permaisuri Yin, Yin Fu, meninggal di bawah interogasi dan siksaan. Permaisuri Yin digulingkan dan ayahandanya, Yin Gang bunuh diri. Seluruh keluarganya diasingkan. Dia sendiri meninggal dalam kesedihan, pada tahun 103 saat berusia 23 tahun. Setelah Permaisuri Yin digulingkan, Selir Deng diangkat menjadi permaisuri untuk menggantikannya.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Keluarga Aisin Gioro
Didahului oleh:
Permaisuri Dou
Permaisuri Dinasti Han Timur
96–102
Diteruskan oleh:
Deng Sui