Perang Kosovo

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Perang Kosovo
Bagian dari Perang Yugoslavia

Searah jarum jam dari kiri atas: markas staf umum Yugoslavia rusak akibat serangan udara NATO Koral Zastava terkubur di bawah puing-puing yang disebabkan oleh serangan udara NATO; tugu peringatan untuk komandan KLA setempat; F-15 USAF lepas landas dari Aviano Air Base
Tanggal28 Februari 1998 – 11 Juni 1999
(1 Tahun, 3 Bulan, 2 Minggu)
LokasiKosovo, Serbia
Hasil

Perjanjian Kumanovo

Pihak terlibat

Tentara Pembebasan Kosovo


 Albania
(Insiden Perbatasan Albania–Yugoslavia 1999)


 NATO (operasi pengeboman 1999)

 FR Yugoslavia

Tokoh dan pemimpin
Amerika SerikatNATO Wesley Clark
Amerika SerikatNATO John W. Hendrix
Spanyol Javier Solana
Britania RayaNATO Mike Jackson
Adem Jashari  
Hamëz Jashari  
Hashim Thaçi
Ridvan Qazimi
Njazi Azemi
Sylejman Selimi
Albania Kudusi Lama
Republik Federal Yugoslavia Slobodan Milošević
Republik Federal Yugoslavia Vlastimir Đorđević
Republik Federal Yugoslavia Zoltán Dani
Republik Federal Yugoslavia Sreten Lukić
Republik Federal Yugoslavia Nebojša Pavković
Republik Federal Yugoslavia Ninoslav Krstić
Republik Federal Yugoslavia Dragoljub Ojdanic
Republik Federal Yugoslavia Vladimir Lazarević
Kekuatan
20,000 Militan
100–150 Personel
 NATO :
5,000 (Penerbang dan Personel AL)
1,031 Pesawat Udara
30+ Kapal Angkatan Laut
144 UAV
Yugoslavia:
85,000 Tentara
20,000 Polisi
1,000+ Artileri
240 Pesawat
2,032 Kendaraan Lapis Baja dan Tank
 Serbia :
15,000 Paramiliter Scorpion
Sukarelawan Rusia :
500–1,000 Sukarelawan
Korban
1,500–2,131 Tewas
8 Tewas
 NATO :
2 Tewas
4 Terluka
3 ditangkap
1 F-117 Jatuh
1 F-16 Jatuh
1 AV-8B Jatuh
2 AH-64 Apache Jatuh
2 A-10 Rusak
30+ UAV Jatuh
Yugoslavia
1,004–1,200 Tewas
14 Tank Hancur
18 APC Hancur
20 Artileri Hancur
120 Pesawat Hancur
Tidak di Ketahui
Tidak diketahui
13,548 Warga Sipil Tewas

Istilah Perang Kosovo atau Konflik Kosovo dapat digunakan untuk mendeskripsikan dua konflik bersenjata di Kosovo:

  1. Awal tahun 1998[1]–1999: Perang antara polisi dan paramiliter Yugoslavia melawan paramiliter Albania Kosovo, yang berusaha memisahkan Kosovo dari Yugoslavia.
  2. 1999: Pengeboman NATO atas Yugoslavia 1999 antara 24 Maret hingga 10 Juni 1999,[2] di mana NATO menyerang penduduk dan militer Yugoslavia, dan paramiliter Albania terus bertempur melawan tentara Yugoslavia

Foto[sunting | sunting sumber]

Tentara Kosovo Setelah Perang Berakhir, 21 Juni 1999
Kendaraan tempur lapis baja Tentara Polandia di Kosovo, 1999
Tawanan Prajurit Serbia di Kosovo, 1999
bangunan di Serbia yang Terbakar akibat serangan udara NATO, 1999
Pesawat F-117 Nighthawk Angkatan Udara Amerika Serikat di Pangkalan Udara Italia, 24 Maret 1999
korban etnis Serbia di Kosovo, Selama Perang
Prajurit Jerman berpatroli di Kosovo Setelah Perang, 1999

Pengeboman NATO[sunting | sunting sumber]

Pesawat F-117 Nighthawk Angkatan Udara Amerika Serikat di Pangkalan Udara Italia, 24 Maret 1999

Pada tanggal 23 Maret 1999 pukul 21:30 UTC, Richard Holbrooke kembali ke Brussel dan mengumumkan bahwa pembicaraan damai telah gagal dan secara resmi menyerahkan masalah tersebut kepada NATO untuk tindakan militer.  Beberapa jam sebelum pengumuman, Yugoslavia mengumumkan di televisi nasional bahwa ia telah menyatakan keadaan darurat, mengutip ancaman perang yang akan segera terjadi dan memulai mobilisasi besar-besaran pasukan dan sumber daya.

Pada tanggal 23 Maret 1999 pukul 22:17 UTC, Sekretaris Jenderal NATO , Javier Solana , mengumumkan bahwa dia telah mengarahkan Panglima Tertinggi Sekutu Eropa (SACEUR), Jenderal Angkatan Darat AS Wesley Clark , untuk "memulai operasi udara di Republik Federal Yugoslavia. "  Pada tanggal 24 Maret pukul 19:00 UTC, NATO memulai kampanye pengeboman terhadap Yugoslavia.

Kampanye pengeboman NATO berlangsung dari 24 Maret hingga 11 Juni 1999, melibatkan hingga 1.000 pesawat yang beroperasi terutama dari pangkalan di Italia dan kapal induk yang ditempatkan di Laut Adriatik . Rudal jelajah Tomahawk juga banyak digunakan, ditembakkan dari pesawat, kapal, dan kapal selam. Kecuali Yunani, semua anggota NATO terlibat sampai taraf tertentu. Selama sepuluh minggu konflik, pesawat NATO menerbangkan lebih dari 38.000 misi tempur. Bagi Angkatan Udara Jerman ( Luftwaffe ), ini adalah kedua kalinya ikut serta dalam konflik sejak Perang Dunia II, setelah Perang Bosnia .

Tujuan yang dinyatakan dari operasi NATO diringkas oleh juru bicaranya sebagai " Serbia keluar, penjaga perdamaian masuk, pengungsi kembali". Artinya, pasukan Yugoslavia harus meninggalkan Kosovo dan digantikan oleh penjaga perdamaian internasional untuk memastikan para pengungsi Albania dapat kembali ke rumah mereka. Kampanye tersebut awalnya dirancang untuk menghancurkan pertahanan udara Yugoslavia dan target militer bernilai tinggi. Itu tidak berjalan dengan baik pada awalnya, dengan cuaca buruk yang menghambat banyak serangan mendadak sejak awal. NATO secara serius meremehkan keinginan Milošević untuk melawan: hanya sedikit orang di Brussel yang berpikir bahwa kampanye tersebut akan berlangsung lebih dari beberapa hari, dan meskipun pengeboman awal tidak signifikan, itu tidak sesuai dengan intensitas pengeboman Baghdad pada tahun 1991.

Operasi militer NATO semakin beralih untuk menyerang unit Yugoslavia di darat, mengenai target sekecil tank individu dan artileri, serta melanjutkan pengeboman strategis. Kegiatan ini sangat dibatasi oleh politik, karena setiap target harus disetujui oleh sembilan belas negara anggota. Montenegro dibom beberapa kali, tetapi NATO akhirnya berhenti untuk menopang posisi genting pemimpin anti-Milošević, Milo Đukanović.

Pada awal Mei, sebuah pesawat NATO menyerang konvoi pengungsi Albania , percaya itu adalah konvoi militer Yugoslavia, menewaskan sekitar lima puluh orang. NATO mengakui kesalahannya lima hari kemudian, dan Yugoslavia menuduh NATO sengaja menyerang para pengungsi.  Laporan selanjutnya yang dilakukan oleh Pengadilan Kriminal Internasional untuk bekas Yugoslavia (ICTY) berpendapat bahwa "warga sipil tidak sengaja diserang dalam insiden ini", dan bahwa "baik awak pesawat maupun komandan mereka tidak menunjukkan tingkat kecerobohan karena gagal mengambil tindakan pencegahan yang akan mempertahankan tuntutan pidana.”  Pada tanggal 7 Mei, bom NATO menghantam Kedutaan Besar Tiongkok di Beograd, membunuh tiga jurnalis Tiongkok dan membuat marah opini publik Tiongkok. Amerika Serikat dan NATO kemudian meminta maaf atas pengeboman tersebut, mengatakan bahwa itu terjadi karena peta usang yang disediakan oleh CIA , meskipun hal ini ditentang oleh laporan bersama dari surat kabar The Observer (Inggris) dan Politiken ( Denmark ),  yang mengklaim bahwa NATO sengaja membom kedutaan tersebut karena digunakan sebagai stasiun pemancar sinyal radio tentara Yugoslavia. Laporan surat kabar tersebut bertentangan dengan temuan dalam laporan yang sama oleh ICTY yang menyatakan bahwa akar kegagalan di lokasi target "tampaknya berasal dari teknik navigasi darat yang digunakan oleh seorang perwira intelijen." Dalam insiden lain di penjara Dubrava di Kosovo pada Mei 1999, pemerintah Yugoslavia mengaitkan sebanyak 95 kematian warga sipil dengan pengeboman fasilitas oleh NATO setelah NATO mengutip aktivitas militer Serbia dan Yugoslavia di daerah tersebut;  sebuah laporan Human Rights Watch kemudian menyimpulkan bahwa setidaknya sembilan belas tahanan etnis Albania telah dibunuh oleh pengeboman tersebut, tetapi jumlah yang tidak pasti – mungkin lebih dari 70 – dibunuh oleh pasukan Pemerintah Serbia pada hari-hari setelah pengeboman.

Bangunan di Serbia Terbakar Akibat Serangan Udara NATO

Pengeboman berakhir pada 10 Juni 1999, sehari sebelum Perang di daratan Kosovo Berakhir, akibat Pengeboman Tersebut Lebih dari 1,000 Orang Terbunuh

Menjelang Perang[sunting | sunting sumber]

Menurut laporan Amnesti Internasional pada tahun 1998, karena pemecatan dari pemerintah Yugoslavia diperkirakan pada tahun 1998 tingkat pengangguran di populasi Albania Kosovar lebih tinggi dari 70%. Apartheid ekonomi yang diberlakukan oleh Beograd ditujukan untuk memiskinkan populasi Albania Kosovo yang sudah miskin.

Pada tahun 1996, 16.000 pengungsi Serbia dari Bosnia dan Kroasia dimukimkan di Kosovo oleh pemerintah Milosevic, terkadang bertentangan dengan keinginan mereka.

Ibrahim Rugova , Presiden pertama Republik Kosovo menjalankan kebijakan perlawanan pasif yang berhasil menjaga perdamaian di Kosovo selama perang sebelumnya di Slovenia , Kroasia dan Bosnia pada awal 1990-an. Sebagaimana dibuktikan dengan munculnya Tentara Pembebasan Kosovo (KLA), hal ini mengakibatkan meningkatnya rasa frustrasi di antara penduduk Albania di Kosovo. Pada pertengahan 1990-an, Rugova meminta pasukan penjaga perdamaian PBB untuk Kosovo. Pada tahun 1997, Milošević dipromosikan menjadi presiden Republik Federal Yugoslavia (terdiri dari Serbia dan Montenegro sejak didirikan pada April 1992).

Penindasan yang berkelanjutan  meyakinkan banyak orang Albania bahwa hanya perlawanan bersenjata yang akan mengubah situasi. Pada tanggal 22 April 1996, empat serangan terhadap personel keamanan Serbia dilakukan hampir bersamaan di berbagai bagian Kosovo. KLA, sebuah organisasi yang sampai sekarang tidak dikenal, kemudian mengaku bertanggung jawab.  Sifat KLA pada awalnya misterius. Awalnya tampaknya satu-satunya tujuan mereka adalah menghentikan represi dari otoritas Yugoslavia.

Seperti disampaikan Jakup Krasniqi yang menjadi juru bicara kelompok itu, KLA dibentuk oleh beberapa anggota Liga Demokratik Kosovo (LDK), partai politik yang dipimpin Rugova.  KLA dan LDK memiliki tujuan yang sama untuk mengakhiri penindasan dari Beograd dan menjadikan Kosovo merdeka, tetapi KLA menentang 'kekuasaan internal' Kosovo oleh LDK.

Tujuan KLA juga mencakup pembentukan Albania Raya , sebuah negara bagian yang terbentang hingga mengelilingi Makedonia , Montenegro , dan Serbia selatan .  Pada Juli 1998, dalam sebuah wawancara untuk Der Spiegel , Jakup Krasniqi secara terbuka mengumumkan bahwa tujuan KLA adalah penyatuan semua tanah yang dihuni orang Albania. Sulejman Selimi , Panglima Umum KLA tahun 1998–1999, mengatakan: "Ada bangsa Albania de facto . Tragisnya adalah kekuatan Eropa setelah Perang Dunia I memutuskan untuk membagi negara itu di antara beberapa negara Balkan. Kami sekarang berjuang untuk menyatukan bangsa, untuk membebaskan semua orang Albania, termasuk yang ada di Makedonia, Montenegro, dan bagian lain Serbia. Kami bukan hanya tentara pembebasan untuk Kosovo"

Korban Etnis Serbia Selama Perang


mengakhiri semua sanksi. Pemerintahan Clinton mengklaim bahwa perjanjian tersebut mengikat Yugoslavia untuk mengadakan diskusi dengan Rugova mengenai Kosovo.

Krisis meningkat pada bulan Desember 1997 pada pertemuan Dewan Implementasi Perdamaian di Bonn , di mana komunitas internasional (sebagaimana didefinisikan dalam Perjanjian Dayton ) setuju untuk memberikan kekuasaan besar kepada Perwakilan Tinggi di Bosnia dan Herzegovina , termasuk hak untuk memberhentikan pemimpin terpilih. Pada saat yang sama, diplomat Barat bersikeras agar Kosovo dibahas, dan Yugoslavia harus menanggapi tuntutan Albania di sana. Delegasi dari Yugoslavia menyerbu keluar dari pertemuan sebagai protes.  Ini diikuti dengan kembalinya Grup Kontakyang mengawasi fase terakhir konflik Bosnia dan deklarasi dari kekuatan Eropa yang menuntut agar Yugoslavia menyelesaikan masalah di Kosovo.

di Mulai nya Perang

difoto bersama KLA. Publikasi gambar-gambar ini mengirim sinyal ke KLA, pendukung dan simpatisannya, dan pengamat pada umumnya, bahwa AS dengan tegas mendukung KLA dan penduduk Albania di Kosovo.

Perjanjian Yeltsin mengharuskan Milosevic untuk mengizinkan perwakilan internasional mendirikan misi di Kosovo untuk memantau situasi di sana. Misi Pengamat Diplomatik Kosovo (KDOM) mulai beroperasi pada awal Juli 1998. Pemerintah AS menyambut baik bagian dari perjanjian ini, tetapi mencela seruan prakarsa tersebut untuk gencatan senjata bersama. Sebaliknya, AS menuntut agar pihak Serbia-Yugoslavia harus menghentikan tembakan "tanpa hubungan ... dengan penghentian kegiatan teroris".

Sepanjang Juni dan hingga pertengahan Juli, KLA mempertahankan kemajuannya. KLA mengepung Peć dan Đakovica , dan mendirikan ibu kota sementara di kota Mališevo (utara Orahovac ). Pasukan KLA menyusup ke Suva Reka dan barat laut Pristina. Mereka melanjutkan untuk merebut lubang batu bara Belacevec pada akhir Juni, mengancam pasokan energi di wilayah tersebut. Taktik mereka seperti biasa berfokus terutama pada gerilya dan perang gunung , dan mengganggu dan menyergap pasukan Yugoslavia dan patroli polisi Serbia.

Air pasang berubah pada pertengahan Juli ketika KLA merebut Orahovac . Pada 17 Juli 1998, dua desa terdekat, Retimlije dan Opteruša, juga direbut, sementara peristiwa yang kurang sistematis terjadi di desa Velika Hoča yang berpenduduk Serbia. Biara Ortodoks Zočište tiga mil (4,8 km) dijarah dan dibakar.  Hal ini menyebabkan serangkaian serangan Serbia dan Yugoslavia yang berlanjut hingga awal Agustus.

Serangkaian serangan KLA baru pada pertengahan Agustus memicu operasi Yugoslavia di selatan-tengah Kosovo, di selatan jalan Pristina-Peć. KLA memulai serangan pada 1 September di sekitar Prizren , menyebabkan aktivitas militer Yugoslavia di sana. Di Kosovo barat, sekitar Peć, serangan lain menimbulkan kecaman karena pejabat internasional menyatakan ketakutan bahwa sejumlah besar pengungsi akan diserang.

Pada awal pertengahan September, untuk pertama kalinya aktivitas KLA dilaporkan di Kosovo utara sekitar Podujevo . Akhirnya, pada akhir September, upaya yang gigih dilakukan untuk membersihkan KLA dari bagian utara dan tengah Kosovo dan dari lembah Drenica itu sendiri. Selama ini banyak ancaman dibuat dari ibu kota Barat tetapi ini agak diredam oleh pemilihan di Bosnia, karena mereka tidak ingin Demokrat dan Radikal Serbia menang. Setelah pemilihan, ancaman meningkat sekali lagi, tetapi diperlukan acara yang menggembleng. Mereka mendapatkannya pada 28 September, ketika mayat keluarga yang dimutilasi ditemukan oleh KDOM di luar desa Gornje Obrinje. Gambar berdarah dari boneka anak-anak dan aliran orang-orang terlantar mendorong komunitas internasional untuk bertindak.

Moral

Moral adalah masalah serius bagi pasukan Serbia; survei intelijen menemukan bahwa banyak tentara tidak setuju dengan tindakan rekan mereka. Seorang komandan tank melaporkan, "selama saya berada di Kosovo, saya benar benar Hampir tidak pernah melihat tentara musuh dan unit saya tidak pernah sekalipun terlibat dalam penembakan ke sasaran musuh. Tank-tank yang masing-masing berharga $2,5 juta digunakan untuk membantai Warga Sipil Albania Tak Bersalah... Saya malu".

Saat mundur dari Kosovo setelah intervensi NATO, unit-unit Yugoslavia tampil efektif dalam pertempuran dengan semangat tinggi dan menampilkan sejumlah besar peralatan yang tidak rusak.  Beberapa minggu sebelum berakhirnya permusuhan, David Fromkin mencatat bahwa "tampaknya kesatuan NATO mungkin retak sebelum moral Yugoslavia pecah."  Pengumuman oleh Presiden Clinton bahwa AS tidak akan mengerahkan pasukan darat memberikan dorongan yang luar biasa bagi moral Serbia.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Kosovo war chronology". Human Rights Watch. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2010-08-28. Diakses tanggal 2009-09-13. 
  2. ^ "Operation Allied Force". NATO.