People's Choice Awards

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

People's Choice Awards
PembuatBob Stivers
Negara asal Amerika Serikat
Bahasa asliInggris
Rilis asli
JaringanCBS
Rilis1975 –
sekarang

People's Choice Awards adalah sebuah ajang penghargaan Amerika Serikat yang mengapresiasi para penggiat dalam bidang seni pertunjukan dan budaya populer. Ajang ini telah diselenggarakan setiap tahun sejak tahun 1975 dan dipilih oleh masyarakat umum. People's Choice Awards mengudara di saluran CBS dan diproduksi oleh Procter & Gamble dan Mark Burnett. Di Kanada, acara ini disiarkan oleh Global Television Network

Pencipta acara penghargaan itu, Bob Stivers, memproduksi ajang pertama pada tahun 1975. Penghargaan pertama memilih The Sting sebagai Film Terfavorit tahun 1974, Barbra Streisand sebagai Aktris Film Favorit tahun 1974, dan John Wayne sebagai Aktor Film Favorit. Rating untuk acara ini mencapai puncaknya pada 1977, ketika People's Choice Awards ke-3 ditonton oleh 35,3 juta pemirsa yang menyaksikan Farrah Fawcett-Majors memenangkan penghargaan Bintang TV Wanita Favorit, Star Wars meraih penghargaan sebagai Film Terfavorit, serta Streisand dan Wayne yang sekali lagi membawa pulang piala untuk kategori Aktris dan Aktor Film Terfavorit.

Procter & Gamble, satu-satunya sponsor dari acara ini, membeli hak produksi People's Choice Awards dari Stivers pada tahun 1982.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]