Palpatine

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Ian McDiarmid, tokoh Palpatin senior di The Phantom Menace

Palpatine, di The Phantom Menace sampai Revenge of the Sith disebut Senator Palpatine atau Chancellor Palpatine, di Episode IV sampai Episode VI sebagai Kaisar, atau dalam nama Sith sebagai Darth Sidious, adalah protagonis diam-diam sebagai Antagonis di prekuel Star Wars, tetapi sebagai Antagonis Utama di sekuelnya.

Trilogi Asli[sunting | sunting sumber]

Dalam Star Wars Episode IV: A New Hope, beberapa karakter menyebutkan bahwa Kaisar adalah penguasa Kekaisaran, tetapi ia tidak disebutkan namanya atau terlihat dalam film tersebut. Di Star Wars Episode V: The Empire Strikes Back, Kaisar Palpatine muncul untuk pertama kalinya sebagai master dari Sith Darth Vader (David Prowse / James Earl Jones). Kaisar mengontak Vader melalui hologram menceritakan sebuah "gangguan besar dalam Force ", dan memperingatkan dia bahwa Luke Skywalker (Mark Hamill) menjadi ancaman. Vader meyakinkan Kaisar bahwa Luke akan menjadi aset jika ia dapat beralih ke sisi gelap dari Force .

Dalam Star Wars Episode VI: Return of Jedi, Palpatine tiba pada Death Star kedua untuk mengawasi tahap terakhir konstruksi. Ketika Darth Vader memberikan anaknya, Luke Skywalker, untuk Palpatine, Kaisar-bermaksud mengganti Vader dengan Jedi yang lebih muda, lebih kuat agar beralih ke sisi gelap dengan menarik rasa takutnya untuk teman-temannya. Hal ini menyebabkan lightsaber duel di mana Luke mengalahkan dan hampir membunuh Vader. Luke akhirnya menolak untuk beralih ke sisi gelap walau bagaimanapun, dan Palpatine marah lalu menyerang dia dengan Force petir . Tak tega melihat penderitaan anaknya, Vader mengubah pendiriannya dan menebus dirinya dengan melemparkan Kaisar jahat ke poros reaktor Death Star, lalu menewaskannya karena armor yang tidak tahan listrik.

Trilogi Prekuel[sunting | sunting sumber]

Dalam Star Wars Episode I: The Phantom Menace, sekitar 32 tahun sebelum Star Wars IV: The New Hope, Palpatine adalah senator senior dari planet Naboo. Dalam Star Wars Episode II: Attack of the Clones, ia sudah diangkat menjadi Kanselir Tertinggi, menggantikan Supreme Chansellor Valorum. Di Star Wars Episode III: The Revenge of Sith, Dia mengkhianati Para Jedi dan membunuh Master Jedi Mace Windu, dan memerintah para Clonetrooper untuk Melaksanakan Order 66.