Paloalto

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Paloalto
팔로알토
Informasi latar belakang
Nama lahirJeon Sanghyeon (전상현)
Lahir24 Januari 1984 (umur 40)
AsalKorea Selatan
Genre
Pekerjaan
Instrumen
Tahun aktif2002–sekarang
Label
Artis terkaitZico
Situs webhiliterecords.com

Templat:Korean membutuhkan parameter |hangul=.

Jeon Sanghyeon (Hangul전상현; RRJeon Sanghyeon; MRChŏn Sanghyŏn; lahir 24 Januari 1984) atau yang lebih dikenal dengan nama panggungnya, Paloalto, adalah rapper dan produser rekaman dari Korea Selatan. Nama Paloalto berasal dari Palo Alto, sebuah kota dekat San Francisco, California, di mana ia mendapatkan kenangan yang indah di masa kecilnya. Saat ini Paloalto adalah anggota dari label ko dan telah terlibat dalam tiga kru: Gaehwasan, ko, dan terakhir Poets Avenue. Ia juga berkolaborasi dengan temannya 211 dalam grup The Lonely Hearts Club, serta dengan The Quiett dalam P&Q.

Biografi[sunting | sunting sumber]

Paloalto memulai aktivitas musiknya pada tahun 2002 dengan lagu berjudul "Memories (solo version)", dan pada awal 2003, ia melakukan siaran internet Mojoradio bersama dengan dengan ko. Dia menjadi terkenal pada tahun 2003 dengan album kompilasinya yang berjudul People & Places vol.1, dan ia menjadi anggota pendiri label ko pada tahun tersebut. Pada tahun berikutnya, pada bulan Februari 2004, ia merilis album pertamanya bersama tiga artis dari Willrecords, dan kemudian menghasilkan banyak kolaborasi selama periode menunggu vinyl dari album tersebut. Albumnya Resounding memberinya kesempatan untuk berkenalan dengan kru Gaehwasan.

Pada bulan Desember 2005, ia meninggalkan label Willrecords dan bergabung dengan label ko. Setelah membentuk tim yang disebut Buffalo dengan Bust This, tim DJ dari Hallyangsa, dan merilis album. Namun tidak lama setelahnya ia keluar dari label tersebut. Pada tahun 2006, ia bergabung dengan The Quiett di siaran internet P&Q. Pada bulan Juli tahun itu, ia menciptakan duo bernama P&Q bersama The Quiett lewat ko. Ia juga berkolaborasi dengan Dynamic Duo dalam "Wave", di mana ia berkenalan dengan Movement Crew dan bekolaborasi bersama-sama sebagai P&Q pada tur nasional Dynamic Duo. Lewat koneksi ini ia menjadi kenal dengan ko. Seo Jung-kwon mengundangnya untuk bergabung dengan ko, dan kontrak resminya dibuat setelah bulan Agustus 2008, ketika ia secara resmi diberhentikan dari wajib militer. Sejak itu, ia lebih sering bertindak sebagai asisten MC untuk aktivitas album ke 8 dari Drunken Tiger dibandingkan melakukan aktivitas solo untuk sementara waktu.[1]

Pada tahun 2015 Paloalto bersama dengan Zico menjadi juri dan produser dari kontes hip hop Korea Selatan, ko, yang ditayangkan di Mnet. Ia dan Zico menjadi produser atas Ja Mezz, AndUp, One, dan juara kedua dari kontes tersebut, MINO.[2][3] Pada tanggal 26 Agustus pada tahun yang sama, Paloalto bersama dengan Zico dan Hyorin merilis lagu kolaborasi mereka "Dark Panda".[4]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "2010년 5월 28일 팔로알토 인터뷰" [Wawancara Paloalto 28 Mei 2010]. Rhythmer. 
  2. ^ ddangha (2015-05-08). ""Show Me the Money 4" Finalizes Judges, Paloalto to Join Zico" [“Show Me the Money 4” Mengesahkan Juri-jurinya, Paloalto Bergabung dengan Zico]. Soompi. Diakses tanggal 2016-11-03. 
  3. ^ lahkim (2015-07-18). ""Show Me the Money 4" Producers Battle it Out for First Place" [Produser-produser “Show Me the Money 4” Bertarung untuk Tempat Pertama]. Soompi. Diakses tanggal 2016-11-03. 
  4. ^ K. Do (2015-08-26). "Hyorin X Zico Z Paloalto Reflect on Their Dark Sides for "Dark Panda" MV" [Hyorin X Zico Z Paloalto Bercermin pada Sisi Gelap Mereka untuk Video Musik “Dark Panda”]. Soompi. Diakses tanggal 2016-11-03. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]