Oxana Fedorova

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Oxana Fedorova
Oxana pada tahun 2008
LahirOksana Gennadyevna Fedorova
17 Desember 1977 (umur 46)
Pskov, Russian SFSR, Uni Soviet
Pekerjaan
GelarMiss St. Petersburg 1999
Miss Russia 2001
Miss Universe 2002
(dicopot/mengundurkan diri)
Suami/istriPhilip Toft (2007 - 2010)
Andrey Mikhaylovich Borodin (2011 - sekarang)
Anak2
Pemenang kontes kecantikan
Kompetisi
utama
Miss Russia 2001
(Pemenang)
Miss Universe 2002
(Pemenang)
(dicopot/mengundurkan diri)

Oxana Gennadyevna Fedorova (bahasa Rusia: Оксана Геннадьевна Фёдорова, Oksana Gennad'yevna Fyodorova (lahir 17 Desember 1977) adalah Miss Universe 2002 yang berasal dari Rusia. Namun kemenangannya dibatalkan dan mengakibatkan kedudukannya digantikan sang runner-up, Justine Pasek. Kini, ia bekerja sebagai Presenter, Aktris, dan duta UNICEF. Di luar karirnya di industri hiburan, Fedorova adalah mantan perwira polisi. Ia adalah miss universe tercantik sepanjang masa.

Biografi[sunting | sunting sumber]

Fedorova lahir di Pskov dari orang tua Gennadiy Fedorov, seorang fisikawan nuklir , dan Elena Fedorova (née Trofimovich), seorang perawat psikiatri. Orang tuanya bercerai ketika dia berusia tiga tahun, dan ayahnya kemudian meninggalkan keluarga. Dia dibesarkan sebagai anak tunggal dan dibesarkan oleh ibu dan kakek nenek dari pihak ibu. Dari 1985-1995, dia bersekolah di kamar bacaan di Pskov dan menjadi kapten tim bola voli dan belajar bermain gitar saat di sekolah. Setelah lulus, ia mencoba untuk memulai karir modeling tetapi berbagai agen model di Saint Petersburg dan Moskow tidak tertarik padanya. Mikhail Grigoryevich Vasilyev ( Rusia : Михаил Григорьевич Васильев ), ayah dari nenek dari pihak ibu, pernah menjadi polisi di Saint Petersburg sebelum dan selama Perang Patriotik Hebat setelah itu dia dipindahkan ke Pskov untuk tugas polisi lebih banyak dan menerima penghargaan "Warga Negara Kehormatan dari Kota Pskov" untuk pekerjaan polisinya di sana. [2] Kakek dari pihak ibu Alexey Trofimovich Kulikov ( Rusia : Алексей Трофимович Куликов ) mendorongnya untuk melanjutkan tradisi tugas keluarga ke negara dan menjadi petugas polisi.

Setelah bekerja sebagai petugas polisi di Pskov, dia pindah ke Saint Petersburg untuk kuliah di Universitas Saint Petersburg Kementerian Dalam Negeri Rusia. Saat menjadi mahasiswa, dia bekerja sebagai penyelidik di Polisi Transportasi Pulkovo.

Fedorova lulus dari universitas pada tahun 2000, dan kemudian memulai studi pasca sarjana di universitas yang sama. Dia menulis tesisnya tentang "Peraturan Detektif Swasta dan Kegiatan Keamanan di Federasi Rusia," dan juga mengajar hukum perdata kepada siswa yang lebih muda. Pada tahun 2002, Fedorova berhasil mempertahankan tesis doktoralnya, dan kemudian, ia memperoleh gelar Doctor of Philosophy dalam hukum perdata dari Universitas Saint Petersburg Kementerian Dalam Negeri Rusia pada tahun 2003. Setelah menerima gelar doktornya, dia terus mengajar di Universitas Saint Petersburg Kementerian Dalam Negeri Rusia.

Fedorova sebelumnya berpartisipasi dalam kampanye untuk Partai Kehidupan Rusia.

Karier[sunting | sunting sumber]

Karier polisi

Fedorova mendaftar di akademi kepolisian. Setelah lulus, Fedorova bekerja sebagai inspektur di Pskov selama enam bulan. Saat menjadi mahasiswa di Saint Petersburg, ia bekerja sebagai penyelidik untuk Polisi Transportasi Pulkovo. Setelah menyelesaikan gelar doktornya pada tahun 2005, ia melanjutkan karirnya sebagai polisi, dipromosikan menjadi kapten pada bulan September 2002 dan mayor pada tahun 2005.

Pemodelan dan arak-arakan Pada tahun 1999, Fedorova mulai bekerja secara profesional sebagai model, dan kemudian diperkenalkan ke kontes kecantikan. Tahun itu, dia bernama Miss Saint Petersburg dan Miss Kalokagathia. Pada tahun 2001, ia mewakili Saint Petersburg di Miss Russia, di mana ia dinyatakan sebagai pemenang.

Sebagai model, Fedorova telah berjalan di landasan pacu untuk desainer seperti Tony Ward dan Yulia Yanina, selain berpartisipasi dalam pekan mode di Roma, Milan, dan Moskow.

Miss Universe 2002

Sebagai Miss Russia 2001, Fedorova terpilih untuk mewakili Rusia di Miss Universe 2002, yang diadakan di San Juan, Puerto Rico. Visa kerjanya dari Rusia tertunda karena ketegangan antara Rusia dan Amerika Serikat atas diskusi senjata nuklir yang akan datang antara Presiden Amerika Serikat George W. Bush dan Presiden Rusia Vladimir Putin, jadi dia tiba di San Juan lebih lambat dari kontestan lainnya. Donald Trump, pemilik Organisasi Miss Universe mengatakan, "Ini adalah tahun yang tidak biasa, dan negara-negara ini berada tepat di tengah banyak kekacauan. Ini hal yang sulit. Begitu mereka di San Juan mereka merasa aman, tetapi sampai di sana yang menjadi perhatian beberapa dari mereka". Fedorova memenangkan kompetisi pakaian renang dan gaun malam dengan selisih besar atas sembilan semifinalis lainnya. Setelah dinobatkan sebagai Miss Universe 2002, Fedorova diberi banyak penghargaan dan hadiah. Desainer Rusia Helen Yarmak menciptakan boneka untuknya. Fedorova melakukan perjalanan ke Kanada, Perancis, Yunani, Indonesia, Italia, Kenya, Panama, Puerto Rico, dan Amerika Serikat sebagai Miss Universe 2002.

Di Kenya, Fedorova melakukan tur program HIV/AIDS dan di sekitar Nairobi, termasuk panti asuhan AIDS. Saat berada di Indonesia, ia mengunjungi Candi Borobudur di Jawa Tengah bersama Puteri Indonesia 2002 Melanie Putria Dewita Sari. Mereka juga bertemu dengan Presiden Indonesia Megawati Sukarnoputri di kediamannya Istana Negara. Di Paris, Fedorova menghadiri Sidang Umum ke-131 Biro Pameran Internasional, di mana ia bertemu dengan pemenang Hadiah Nobel dalam bidang fisika Zhores Alfyorof. Di Italia, Fedorova membantu memahkotai Miss Universe Italia 2003 Silvia Ceccon, dan saat mengunjungi Kanada, Fedorova menghadiri Festival Film Internasional Toronto 2002£. Di Panama, Fedorova menghadiri penandatanganan kontrak yang menjadikan Panama negara tuan rumah kompetisi Miss Universe 2003, dan pada September 2002, Fedorova kembali ke Puerto Rico untuk membantu menobatkan Miss Puerto Rico Universe 2003 Carla Tricoli.

Beberapa bulan setelah penobatan Fedorova, dia dikabarkan hamil, dan kemudian dicopot oleh Organisasi Miss Universe. Fedorova membantah rumor kehamilan dan menyatakan bahwa dia secara sukarela menyerahkan mahkotanya karena alasan pribadi, terutama karena dia ingin menyelesaikan gelar sarjana hukumnya. Dia kemudian menyatakan dalam sebuah wawancara bahwa dia telah menolak untuk melakukan tugasnya karena dia sangat terhina oleh The Howard Stern Show. Fedorova menyalahkan penyelenggara kontes karena tidak memperingatkannya tentang pertanyaan seksual yang sering diajukan Howard Stern. Mahkota Mikimoto diteruskan ke runner up pertama Justine Pasek Panama, yang kemudian menjadi Miss Universe pertama negaranya. Fedorova adalah Miss Universe pertama yang diturunkan tahta.

Terlepas dari pencopotannya, Fedorova dinobatkan sebagai Miss Universe tercantik sepanjang masa oleh situs web arak-arakan Global Beauties pada 2011, dan dalam jajak pendapat yang dilakukan oleh All-Russian Center for the Study of Public Opinion pada 2012, responden menyebut Fedorova sebagai wanita tercantik di Rusia.

Karier film dan televisi

Setelah pencopotannya pada tahun 2003, Fedorova mulai mengejar karir di televisi setelah terpilih untuk menjadi pembawa acara program anak-anak Rusia Good Night, Little Ones!, dimulai pada Januari 2003. Pertunjukan tersebut memenangkan penghargaan TEFI untuk Pertunjukan Anak-Anak Terbaik pada Oktober 2003. Dia menjadi pembawa acara bersama acara Subbotnik di Russia-1 dari 2004 hingga 2010. Dia menjadi pembawa acara Rusia seleksi nasional untuk Kontes Lagu Eurovision Junior 2009 dan Kontes Lagu Eurovision 2010, selain menjabat sebagai juru bicara Rusia untuk 2008, 2010, dan Kontes Lagu Eurovision 2012. Pada tahun 2014, ia mulai menjadi tuan rumah program gaya dan mode Koroleva krasoty.

Pada tahun 2006, Fedorova berkompetisi di musim kedua Dancing with the Stars versi Rusia. Dia datang di tempat kelima. Ia juga tampil sebagai juri tamu di Project Runway versi Rusia pada 2011, dan sebagai kontestan di Name That Tune versi Rusia pada 2014. Sebagai pengisi suara, Fedorova telah menyuarakan Barbie versi bahasa Rusia, di Toy Story 3 dan Queen Clarion dalam serial film TinkerBell.

Karier musik

Fedorova memulai karir musiknya pada tahun 2009, merilis single "Prava lyubov" dengan Nikolay Baskov. Lagu ini kemudian memenangkan Duet of the Year di Golden Gramophone Awards 2010. Ia kemudian merilis singel solo "Na shag odin" pada 2010. Album studio debutnya "Na krayu u lyubvi" dirilis pada 2011. Ia merilis singel "Moya doktrina" pada 2013. Fedorova dan penyanyi tenor Rusia, Dmitry Galikhin merilis video resmi duet Spanyol mereka "Historia de un Amor" pada 2019.

Kehidupan Pribadi[sunting | sunting sumber]

Sejak dia berusia tiga tahun, Fedorova tidak memiliki kontak dengan ayahnya. Pada tahun 2005, dia berusaha mencarinya tetapi menemukan bahwa ayahnya telah meninggal dunia.

Fedorova adalah seorang penganut Kristen Ortodoks Rusia yang taat. Pada tahun 2007, Fedorova menikah dengan model Jerman Philip Toft di Munich. Mereka bercerai pada tahun 2010.

Pada 2011, Fedorova menikah dengan Andrey Borodin, seorang perwira KGB, anggota Administrasi Presiden Rusia, dan wakil presiden Federasi Tinju Rusia. Fedorova dan Borodin memiliki dua anak bersama seorang putra yang lahir pada tahun 2012 dan seorang putri yang lahir pada tahun 2013.

Kontes[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 2001 ia mengikuti kontes kecantikan Miss Rusia dan ia dinobatkan menjadi pemenangnya. Bahkan ia berkesempatan mewakili negaranya dalam ajang kontes kecantikan Miss Universe pada tahun yang sama yang diadakan di San Juan, Puerto Rico. Dan ia dinobatkan menjadi Miss Universe 2002.

Namun beberapa bulan kemudian, ia memilih untuk melanjutkan studinya sehingga melepas jabatannya sebagai Miss Universe 2002 dan diserahkan kepada sang runner-up, Justine Pasek.

Usaha Lainnya[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 2008, Fedorova merilis buku pertamanya The Formula of Style. Buku itu berisi saran kecantikan dan gaya, di samping informasi otobiografi tentang Fedorova. Pada tahun 2010, ia menjadi pemimpin redaksi MODA TOPICAL Magazine. Fedorova meluncurkan lini fesyen OFERA pada tahun 2014. Ini memulai debutnya di Pekan Mode Mercedes-Benz Musim Semi/Musim Panas 2015 di Moskow.

Оксана_Фёдорова_2018

Presenter TV Oksana Fedorova (Direktur Museum Mode) di Museum Mode Moskow.

"Кинотаврик"_2016_Пресс-конференция_03

Konferensi pers "Kinotavrik" 2016 : Irina Shuiskaya, Oxana Fedorova.

Торжественное_открытие_27_фестиваля_"Кинотаврик"

Pembukaan besar festival ke-16 "Kinotavrik"

Fedorova telah mengambil bagian dalam berbagai proyek amal. Dia telah menjadi anggota UNICEF sejak 2006, dan menjadi Duta Niat Baik UNICEF pada 2007. Fedorova juga merupakan anggota Dewan Penasihat untuk Masyarakat Kesejahteraan Anak Rusia. Dia menciptakan badan amal Speshite delat dobro pada Oktober 2009 dengan bantuan Kementerian Pertahanan Rusia. Yayasan ini memberikan dukungan kepada anak yatim dan anak-anak dalam situasi sulit, memberikan perhatian khusus kepada anak-anak yatim piatu dari orang tua yang meninggal saat bertugas di Kementerian Dalam Negeri Rusia atau Angkatan Bersenjata Rusia. Pada tahun 2011, Fedorova mendirikan sekolah di Ufa untuk anak perempuan usia 10–16 tahun.

Filmografi[sunting | sunting sumber]

Year Title Role Notes
2003–present Good Night, Little Ones! Herself Host
2003–2004; 2006 Fort Boyard: Russia Host; contestant
2004–2010 Subbotnik Cohost
2005 Ty - supermodel (season 2) Judge
2006 Ne rodis krasivoy 1 episode
Yolka
Tantsy so zvyozdami Herself Contestant; 5th place
Sofi Sofi French Teacher
2008 Tinker Bell Queen Clarion Russian dub
2009 Zolotaya ribka Herself
National Final 2009
Zolotaya ribka
2009 Slavianski Bazaar in Vitebsk Cohost
2010 Evrovidenie-2010
Toy Story 3 Barbie Russian dub
2010 Slavianski Bazaar in Vitebsk Herself Cohost
2011 Project Runway Russia Guest judge; 1 episode
2012 Secret of the Wings Queen Clarion Russian dub
Eurovision Song Contest 2012 Herself Guest Spokesperson and Voting Announcer[1]
2014 The Pirate Fairy Queen Clarion Russian dub
Name That Tune Russia Herself Contestant; 1 episode
2014–present Koroleva krasoty Host

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Didahului oleh:
Anna Kruglova
Miss Russia
2001
Diteruskan oleh:
Svetlana Koroleva
Didahului oleh:
Denise Quiñones
Miss Universe
2002
(dibatalkan)
Diteruskan oleh:
Justine Pasek
  1. ^ "Dethroned Miss Universe 2002 Oxana Federova in Eurovision Song Contest 2012". Diakses tanggal 18 November 2021 – via www.youtube.com.