Sage (pohon)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Nothofagus)
Nothofagus
Rentang fosil: 83.6–0 jtyl
Kapur Akhir – Sekarang
Nothofagus obliqua
Klasifikasi ilmiah
Kerajaan:
(tanpa takson):
(tanpa takson):
(tanpa takson):
(tanpa takson):
Ordo:
Famili:
Nothofagaceae

Genus:
Nothofagus

Spesies

Lihat teks

Tunas, daun, dan kupula dari N. obliqua
N. alpina, beech rauli

Nothofagus, juga dikenal sebagai kayu sage, adalah genus dari sekitar 35 spesies pohon dan semak yang berasal dari daerah oseania sejuk hingga daerah tropis belahan bumi selatan di bagian selatan Amerika Selatan (Chili, Argentina) dan Australasia (bagian timur & tenggara Australia, Tasmania, Selandia Baru, Irian and New Caledonia). Fosilnya baru-baru ini ditemukan di Antartika.[1]

Dulu mereka ditempatkan pada famili Fagaceae, namun tes genetik oleh Angiosperm Phylogeny Group mengungkapkan bahwa mereka berbeda secara genetik, dan mereka sekarang dimasukkan dalam famili mereka sendiri, Nothofagaceae.

Tepi Daunnya bergerigi atau rata, selalu berdaun atau gugur. Buahnya berupa kacang kecil, memipih atau segitiga, terbungkus dalam kupula yang terdiri dari 2-7 kacang.

Spesies Nothofagus digunakan sebagai makanan oleh larva ngengat Hepialidae dari genus Aenetus termasuk A. eximia dan A. virescens.

Banyak individu sangat tua, dan pada suatu waktu dipercaya bahwa beberapa populasi tidak dapat berkembangbiak di lokasi tempat mereka tumbuh, kecuali dengan membentuk anakan (reproduksi klonal), menjadi hutan sisa dari masa yang lebih sejuk. telah ditunjukkan bahwa reproduksi seksual dapat terjadi, [1], tetapi penyebaran di lingkungan di tempat tinggi yang sejuk dan terpencil di garis lintang temperate dan tropis konsisten dengan teori bahwa spesies ini lebih kuat pada masa yang sejuk.[2]

Taksonomi[sunting | sunting sumber]

Genus Nothofagus di klasifikasikan pada subgenus berikut:[3]

Subgenus Brassospora (tipe Nothofagus brassi)
Subgenus Fuscospora (tipe Nothofagus fusca)
Subgenus Lophozonia (tipe Nothofagus menziesii)
Subgenus Nothofagus (tipeNothofagus antarctica)

Distribusi[sunting | sunting sumber]

Pola sebaran di sekitar sabuk lingkar Pasifik memberi petunjuk bahwa genus ini mulai menyebar pada waktu Antartika, Australia dan Amerika Selatan terhubung satu sama lain, suatu daratan besar yang disebut Gondwana.[4]

Di Amerika Selatan batas sebaran genus ini di utara sampai Taman Nasional La Campana dan Pegunungan Vizcachas di bagian tengah Chile.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ H.M. Li and Z.K. Zhou (2007) Fossil nothofagaceous leaves from the Eocene of western Antarctica and their bearing on the origin, dispersal and systematics of Nothofagus. Science in China. 50(10): 1525-1535.
  2. ^ J. W. Dawson (1966) Observations on Nothofagus in New Caledonia, Tuatara: Volume 14, Issue 1, April 1966[pranala nonaktif permanen]
  3. ^ Nothofagus website (in French)
  4. ^ "Native Forest Network (2003) Gondwana Forest Sanctuary". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2008-05-16. Diakses tanggal 2009-02-22.