Nandini

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Nandi)
Lukisan Sang Lembu Nandini yang dinaiki Siwa dan Parwati.

Nandini (Dewanagari: नन्‍दिनी; ,IASTNandinī,; arti: "yang menyenangkan"), disebut juga Nandiswara, Nandikeswara, Nandideva, atau hanya Nandi saja, adalah lembu yang menjadi wahana dewa Siwa dalam mitologi Hindu. Dia juga merupakan juru kunci Siwa dan Parwati. Kuil Hindu yang mempunyai arca Nandi biasanya dikategorikan sebagai candi untuk pemujaan agama Hindu Siwa. Dia juga adalah guru dari 18 Siddha, termasuk Patanjali dan Thirumular.

Di Jawa, tokoh ini dipahatkan di sebelah pintu masuk candi bersifat Siwaistik, bersama pasangannya, Mahakala. Kedua tokoh ini dianggap sebagai emanasi atau pancaran Siwa dan dianggap sebagai tokoh penjaga pintu.

Nandini juga melambangkan sebagai lembu kekayaan, milik Bagawan Wasista, konon terlahir dari Surabhi, sang lembu kemakmuran yang muncul ketika samudra diaduk pada proses penciptaan alam semesta.

Nama lain Nandini yang dikenal di Indonesia adalah (H)Andini. Nama Nandini umum dipakai untuk nama perempuan di India dengan harapan agar yang diberi nama akan menjadi kuat. Namanya juga sering digunakan sebagai nama anak perempuan di dalam suku Jawa. Nama "Andini" yang dipakai di suku Jawa mempunyai arti yaitu "penurut".

Figur lembu Nandini banyak dijadikan arca pada percandian Hindu di Jawa, terutama dari periode Medang Mataram, khususnya pada percandian yang memuja Dewa Syiwa.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]