Model matematika

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Model adalah suatu pola, contoh (dalam bentuk rancangan ataupun miniatur atau prototipe) yang dibuat sebelum proses produksi yang sebenarnya. Bukan model sebagai suatu profesi (misalnya model foto)[1]. Model matematika adalah deskripsi dari suatu sistem dengan menggunakan konsep dan bahasa matematika. Proses pengembangan model matematika disebut pemodelan matematika. Model matematika digunakan dalam ilmu alam (seperti fisika, biologi, ilmu bumi, kimia) dan disiplin rekayasa (seperti ilmu komputer, teknik listrik), serta dalam sistem non-fisik seperti ilmu sosial (seperti ekonomi, psikologi, sosiologi, ilmu politik). Penggunaan model matematika untuk memecahkan masalah dalam bisnis atau operasi militer adalah bagian besar dari bidang riset operasi. Model matematika juga digunakan dalam musik,[2] linguistik,[3] dan filsafat (misalnya, secara intensif dalam filsafat analitik).

Sebuah model dapat membantu menjelaskan sebuah sistem dan mempelajari efek dari komponen yang berbeda, dan untuk membuat prediksi tentang perilaku.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Kerami, Djati (2015). Pemodelan Matematis (PDF). Tangerang Selatan: Iniversitas Terbuka. hlm. 2. ISBN 9789790119871. 
  2. ^ D. Tymoczko, A Geometry of Music: Harmony and Counterpoint in the Extended Common Practice (Oxford Studies in Music Theory), Oxford University Press; Illustrated Edition (March 21, 2011), ISBN 978-0195336672
  3. ^ Andras Kornai, Mathematical Linguistics (Advanced Information and Knowledge Processing),Springer, ISBN 978-1849966948

Bacaan lebih lanjut[sunting | sunting sumber]

Buku[sunting | sunting sumber]

Aplikasi khusus[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Referensi umum
Filosofis