Mikhail Bakhtin

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Infobox orangMikhail Bakhtin

Nama dalam bahasa asli(ru) Михаил Бахти́н
Biografi
Kelahiran5 November 1895 (Kalender Masehi Julius)
Oryol
Kematian7 Maret 1975 (79 tahun)
Moskow
Tempat pemakamanVvedenskoye Cemetery (en) Galat: Kedua parameter tahun harus terisi!
Data pribadi
PendidikanUniversitas Negeri Sankt-Peterburg
Kegiatan
SpesialisasiFilsafat
Pekerjaanfilsuf, literary historian (en), literary scholar (en), kritikus sastra, ahli bahasa, penulis, art theorist (en)
PeriodeFilsafat kontemporer
Bekerja diMordovia State University (en)
AliranFilsafat Barat
Murid dariAleksander Thomson (en)
Dipengaruhi oleh
Karya kreatif
Karya terkenal

Mikhail Mikhailovich Bakhtin (1895-1975) adalah seorang filsuf Rusia dan pemikir kebudayaan yang terkenal.[1] Pengaruh Bakhtin meluas ke berbagai disiplin akademis, mulai dari hermeneutika sastra, epistemologi ilmu-ilmu humaniora, teori kebudayaan, hingga feminisme.[1] Bakhtin tinggal di Vitebsk dan Leningrad sebelum dibuang ke Kazakhstan dari tahun 1929 hingga tahun 1934.[2] Setelah itu, Bakhtin mengajar sastra di Institut Pedagogis Mordovian di Saransk.[2]

Gagasan Bakhtin yang paling penting dari pemikirannya adalah tentang dialogisme atau konsepsi tentang dialog.[2] Menurut Bakhtin, dialog menandai kondisi eksistensial dari kemanusiaan di mana manusia yang satu dengan manusia lainnya memiliki ikatan.[1] Manusia dikatakan "ada" (exist) hanya bila ia berkomunikasi secara dialogis, dan ketika dialog berakhir, maka tidak ada yang tertinggal dari hakikat manusia itu.[1] Karena itu, dialog adalah proses yang berlangsung terus-menerus di dalam kehidupan seorang manusia.[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c d e (Inggris)Hwa Yol Jung. 1999. "Bakhtin, Mikhail Mikhailovich". In The Cambridge Dictionary to Philosophy. Robert Audi, ed. 70-71 . London: Cambridge University Press.
  2. ^ a b c (Inggris)Ted Honderich, ed. 1995. The Oxford Companion of Philosophy. New York: Oxford University Press. P. 112.