Midland F1 Racing

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

MF1
Berkas:Midland F1 Racing logo.png
Nama resmiMidland F1 Racing
Kantor pusatSilverstone, Northamptonshire, Britania Raya
PendiriAlex Shnaider
Staf terkenalColin Kolles
James Key
Pembalap terkenalPortugal Tiago Monteiro
Belanda Christijan Albers
Nama sebelumnyaJordan Grand Prix
Nama selanjutnyaSpyker F1 Team
Sejarah dalam ajang Formula Satu
MesinToyota
Gelar Konstruktor0
Gelar Pembalap0
Jumlah lomba18
Menang0
Posisi pole0
Putaran tercepat0
Lomba pertamaGrand Prix Bahrain 2006
Lomba terakhirGrand Prix Brasil 2006

Midland F1 Racing, atau disingkat MF1 Racing, adalah tim konstruktor di kompetisi balap mobil Formula 1. Tim ini dimiliki oleh Midland Group yang membelinya dari Jordan Grand Prix pada tahun 2005. Pada musim balap Formula 1 tahun 2006, tim ini bertanding dengan menggunakan pembalap Christijan Albers dan Tiago Monteiro. Tim ini dibentuk dengan mengganti nama Jordan Grand Prix setelah dibeli oleh seorang pengusaha asal Kanada, dan pemilik Midland Group, yaitu Alex Shnaider. Tim dilisensikan sebagai tim Formula Satu asal Rusia yang pertama,[1] mencerminkan akar Shnaider, meskipun terus berbasis di Inggris, di pabrik Silverstone di Jordan.

Akhir musim 2006, setelah gagal meraih satu poin pun di musim debutnya, tim ini kemudian di jual kepada Spyker Cars dan berubah nama menjadi Spyker F1 untuk musim 2007.[2] Musim 2008, tim ini kembali dijual kali ini kepada Vijay Mallya yang kemudian mengubah namanya menjadi Force India.[3]

Pembelian tim Jordan pada tahun 2005[sunting | sunting sumber]

Narain Karthikeyan membalap untuk tim Jordan milik Midland di Grand Prix Amerika Serikat 2005.

Ketertarikan Grup Midland terhadap keterlibatan Formula Satu dimulai pada tahun 2004 ketika mereka mengonfirmasi rencana untuk membentuk tim untuk balapan di musim 2006.[4] Meskipun pada awalnya mereka dikaitkan dengan pembuatan unit yang baru atau pembelian tim Jaguar,[5] grup tersebut malah menandatangani kesepakatan untuk membeli tim Jordan dari Eddie Jordan sebelum musim 2005, dengan jumlah $60 juta. Hasilnya, tim tersebut akan menjadi kelanjutan hukum dari Jordan dan bukan entitas baru yang tunduk pada jaminan masuk Formula Satu senilai $48 juta. Hal ini juga memungkinkan Midland untuk mengklaim pendapatan televisi yang dihasilkan oleh posisi kesembilan Jordan berikutnya di dalam klasemen Kejuaraan Dunia Konstruktor.[6]

Tim mempertahankan nama Jordan untuk musim 2005, tetapi mengalami kesulitan di grid belakang dengan dua pembalap pemula yaitu Narain Karthikeyan dan Tiago Monteiro. Hal yang menarik pada musim ini adalah finis ketiga Monteiro di Grand Prix AS (di mana hanya enam mobil saja yang berkompetisi karena masalah dengan ban Michelin), Monteiro berhasil menempati posisi kedelapan di Spa pada tahun 2005 di dalam kondisi yang basah untuk memberi nama Jordan poin terakhirnya dan rentetan finis berturut-turutnya yang panjang, yang menggarisbawahi keandalan mobilnya.

Beberapa laporan media pada saat ini mulai berspekulasi bahwa Midland tidak senang dengan pembelian mereka, dan ingin melepas Jordan bahkan sebelum tim tersebut masuk dengan namanya sendiri pada tahun 2006. Kepala tim, yaitu Trevor Carlin, keluar dari tim setelah tujuh balapan,[7] dan chief engineer dan desainer Mark Smith sebelum akhir musim.[8] Ada laporan yang konsisten bahwa tim tersebut dikaitkan dengan pembelian oleh mantan pembalap Formula Satu, yaitu Eddie Irvine.[9]

Musim 2006[sunting | sunting sumber]

Christijan Albers membalap untuk tim Midland di Grand Prix Amerika Serikat 2006.

Nama tim diubah menjadi MF1 Racing untuk Formula Satu musim 2006. Di negara Inggris, muncul sebuah lelucon mengenai formulir singkat ini yang ditulis dengan cara yang sama seperti produsen furnitur ekonomi MFI. Selama musim dingin, pembalap asal Rusia, yaitu Roman Rusinov, menguji mobil yang baru, yaitu Midland M16, dengan corak baru (merah, putih, dan hitam untuk mencerminkan warna korporat Midland Group) dan mesin Toyota. Pengendara sepeda motor MotoGP, yaitu Max Biaggi, juga menjalani tes mobil di Silverstone pada bulan Januari.[10] Konstruktor mobil balap asal Italia, yaitu Dallara, pada awalnya dikontrak untuk mengembangkan mobil M16, namun perjanjian tersebut dihentikan selama proses desain setelah kontribusi yang mengecewakan dari pabrikan asal Italia tersebut.[11] Manajemen senior kemudian menaruh kepercayaannya pada tim desain yang sedang menjabat, mempromosikan mantan kepala ilmu kendaraan James Key ke peran direktur teknis menjelang akhir musim 2005.[12]

Shnaider bersikeras bahwa tim Midland bermaksud untuk menurunkan pembalap asal Rusia yang pertama di dalam ajang Formula Satu - meskipun pembalap Rusia pernah melakukan tes di masa lalu, terutama untuk tim Minardi, tidak ada yang pernah membalap di Grand Prix - namun malah mengontrak pembalap asal Belanda, yaitu Christijan Albers, dari tim Minardi,[13] dan mempertahankan pembalap asal Portugal, yaitu Tiago Monteiro. Tim sebelumnya gagal dalam upaya untuk merekrut Takuma Sato.[14]

Selama waktu yang sangat singkat tim di dalam ajang F1, mereka menggunakan tiga pembalap pada hari Jumat Grand Prix:

  • Markus Winkelhock di Sakhir, Melbourne, Hockenheim, dan Hungaroring
  • Giorgio Mondini di Sepang, Imola, Barcelona, Monte Carlo, Silverstone, Montreal, Indianapolis, Istanbul, dan Monza
  • Adrian Sutil di Nürburgring dan Magny-Cours

Selama tiga balapan terakhir, sebagai Spyker MF1 Racing, tim menggunakan pembalap tes sebagai berikut:

Dua pembalap Midland saling bertabrakan satu sama lain pada putaran pertama Grand Prix Kanada 2006.

Seiring dengan berjalannya musim 2006, tim ini mulai unggul dari tim Super Aguri, namun tertinggal dari yang lain, hingga secara konsisten bertanding dengan tim lini tengah lain, seperti Red Bull Racing dan Scuderia Toro Rosso, meskipun hanya finis di depan mobil yang lumpuh, yakni tim Super Aguri dan sesekali Toro Rosso. Sebagian besar kemajuan tersebut disebabkan oleh pengembangan ban dari Bridgestone, ditambah dengan peningkatan signifikan dalam aerodinamis dan penanganan (masing-masing diawasi oleh Simon Phillips dan Richard Frith). Peningkatan kinerja membuat tim mulai sesekali memasuki sesi kualifikasi kedua - delapan kali dari kemungkinan 36 secara keseluruhan - dengan posisi kualifikasi terbaik di urutan ke-14.

Sayangnya, peningkatan performa di pertengahan musim ini tidak menghasilkan hasil yang sulit karena tim tersebut terlibat dalam sejumlah kecelakaan putaran pertama, terutama di Monako, Indianapolis, dan Montreal, dan tim tersebut didiskualifikasi dari Grand Prix Jerman karena menggunakan sayap yang fleksibel, bertentangan dengan peraturan teknis dari olahraga bermotor ini.

Kecepatan tim berubah dari selisih sekitar empat detik per putaran pada tahun 2005 menjadi sekitar 2 detik per putaran pada saat dijual ke mobil Spyker pada bulan September 2006.

Penjualan tim[sunting | sunting sumber]

Logo Spyker MF1 Racing.
Christijan Albers mengendarai M16 2006 dengan livery Spyker akhir musim.

Rumor telah beredar di paddock sepanjang pertengahan musim tentang kemungkinan penjualan tim, kurang dari dua tahun setelah Shnaider membelinya dari Eddie Jordan. Laporan menyebutkan banderol harganya sebesar $128 juta, dan Shnaider secara serius mempertimbangkan kemungkinan penjualan tersebut. Tim Formula Satu menjadi lebih berharga, karena tidak ada lagi tim yang bisa masuk setelah tahun 2008, dengan maksimal 12 tempat yang sudah terisi.

Pada tanggal 9 September 2006, terungkap bahwa tim tersebut dijual ke Spyker Cars.[15] Spyker membayar biaya sebesar $106,6 juta untuk tim.[16] Pada tanggal 10 September, ITV Sport mengatakan bahwa Shnaider tidak lagi terlibat di dalam tim sejak pengumuman penjualan. Colin Kolles masih tetap bertahan sebagai kepala tim, sementara Michiel Mol menjadi Direktur balap F1 yang baru dan anggota dewan Spyker, dan Mike Gascoyne bergabung sebagai Kepala Desainer di akhir musim. Mobil-mobil tersebut tampil dengan corak yang direvisi untuk tiga balapan terakhir tahun 2006.[17] Perubahan nama tidak diperbolehkan pada pertengahan musim, tetapi Spyker secara sah dapat menyebut diri mereka sebagai sponsor utama tim, sehingga tim tersebut berlomba di tiga Grand Prix terakhirnya dengan nama resmi "Spyker MF1 Racing". Pada tahun 2007, tim berkompetisi sebagai Spyker F1. Mulai tahun 2008 dan seterusnya, tim berkompetisi sebagai Force India.[18]

Hasil lengkap Formula Satu[sunting | sunting sumber]

(kunci) (Hasil dalam huruf tebal mengindikasikan posisi terdepan)

Tahun Sasis Mesin Ban Pembalap 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 Poin WCC
2006 M16 Toyota RVX-06 2.4 V8 B BHR MAL AUS SMR EUR ESP SEN GBR CAN USA FRA GER HUN TUR ITA CHN JPN BRA 0 10th
Portugal Tiago Monteiro 17 13 Ret 16 12 16 15 16 14 Ret Ret DSQ 9 Ret Ret Ret 16 15
Belanda Christijan Albers Ret 12 11 Ret 13 Ret 12 15 Ret Ret 15 DSQ 10 Ret 17 15 Ret 14
Sumber:[19][20]
  • Tim tersebut didiskualifikasi dari Grand Prix Jerman karena menjalankan sayap fleksibel yang melanggar peraturan teknis olahraga.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Midland". StatsF1. Diakses tanggal 4 April 2022. 
  2. ^ "Midland sells MF1 Racing to Spyker". Diarsipkan dari versi asli tanggal 26 April 2007. Diakses tanggal 2007-06-04. 
  3. ^ "FIA approve Spyker's Force India name change". The Official Formula 1 Website. 24 October 2007. Diakses tanggal 8 March 2009. 
  4. ^ "Midland F1 confirmed". GrandPrix.com. Inside F1. 8 October 2004. Diakses tanggal 8 March 2009. 
  5. ^ "Midland F1 considers Jag buy-out". Autosport. 21 October 2004. Diakses tanggal 18 April 2014. 
  6. ^ "Russian-Born Canadian Buys F1 Team". The Moscow Times. 25 January 2005. Diakses tanggal 18 April 2014. 
  7. ^ "Trevor Carlin replaced at Jordan". GPUpdate. 9 June 2005. Diakses tanggal 18 April 2014. 
  8. ^ "Smith leaving Jordan". grandprix.com. 30 January 2005. Diakses tanggal 18 April 2014. 
  9. ^ "Jordan welcomes Irvine F1 input". BBC Sport. 20 May 2005. Diakses tanggal 18 April 2014. 
  10. ^ "Max Biaggi to test Midland Formula 1 car". News on F1. 18 January 2006. Diakses tanggal 8 March 2009. 
  11. ^ Lostia, Michele (14 June 2005). "Dallara Won't Build Midland's Car". Autosport. Diakses tanggal 18 April 2014. 
  12. ^ "James Key new Midland technical director". formula1.com. 23 November 2005. Diakses tanggal 18 April 2014. 
  13. ^ "Albers named as Midland F1 driver". BBC Sport. BBC. 1 November 2005. Diakses tanggal 8 March 2009. 
  14. ^ "Midland offer Sato 2006 contract". BBC Sport. BBC. 20 October 2005. Diakses tanggal 8 March 2009. 
  15. ^ "Midland sells MF1 Racing to Spyker". GrandPrix.com. Inside F1. 6 September 2006. Diakses tanggal 8 March 2009. 
  16. ^ "Midland F1 team sold to Spyker". The Times of Malta. 11 September 2006. Diakses tanggal 18 April 2014. 
  17. ^ "Spyker goes orange". GrandPrix.com. Inside F1. 19 September 2006. Diakses tanggal 8 March 2009. 
  18. ^ "Spyker change name to Force India". BBC Sport. 24 October 2007. Diakses tanggal 18 April 2014. 
  19. ^ "Midland Results". Motorsport Stats. Diakses tanggal 15 May 2022. 
  20. ^ "All championship race entries from Midland". ChicaneF1. Diakses tanggal 15 May 2022. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]