Masyarakat internasional

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Masyarakat internasional adalah istilah hubungan internasional yang mengacu pada kumpulan manusia dan pemerintahan di dunia.

Sebagai istilah retoris[sunting | sunting sumber]

Istilah ini biasanya dipakai untuk menyebut adanya kesamaan pandangan terhadap berbagai masalah seperti hak asasi manusia. Aktivis, politikus, dan komentator sering memakai istilah ini untuk menuntut adanya tindakan perubahan, misalnya tindakan melawan penindasan politik di sebuah negara. Istilah ini lazim digunakan untuk menyebut dukungan bulat dunia internasional atas suatu permasalahan, contohnya memperbaiki kredibilitas suara mayoritas di Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa.

Kritis[sunting | sunting sumber]

Noam Chomsky menulis bahwa istilah ini merujuk pada Amerika Serikat, negara klien, dan sekutu-sekutunya.[1][2][3] Ilmuwan dan akademisi Martin Jacques berkata, "Bukankah kita semua tahu makna dari 'koomunitas internasional'? Artinya dunia Barat, tidak lebih, tidak kurang. Memakai kata 'masyarakat internasional' adalah cara [kita] memuja-muja Barat, mengglobalisasikan Barat, dan menjadikan Barat terdengar lebih terhormat, lebih netral, dan lebih penting."[4]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Salinan arsip". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2015-09-23. Diakses tanggal 2015-05-31. 
  2. ^ "Salinan arsip". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2019-12-15. Diakses tanggal 2015-05-31. 
  3. ^ "Salinan arsip". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2013-11-14. Diakses tanggal 2015-05-31. 
  4. ^ http://www.theguardian.com/commentisfree/2006/aug/24/whatthehellistheinternati