Lambang Suriah

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lambang Negara Suriah
Detail
Digunakan sejak1980
Perisaiversi vertikal bendera Suriah
PenopangElang Quraisy (penopang tunggal)
MottoRepublik Arab Suriah (Arab)
Penggunaanpada mata uang Suriah; di ruang kelas sekolah; di gedung Parlemen; gedung pemerintahan; di paspor Suriah; kartu identitas penduduk Suriah; sebagai kop surat resmi (termasuk ijazah)

Lambang negara Suriah (Arab: شعار سوريا) menampilkan Elang Quraisy,[1] yang menopang perisai bergambar bendera nasional Suriah secara vertikal, dan menggenggam pita bertuliskan "Republik Arab Suriah" (dalam bahasa Arab الجمهورية العربية السورية).

Ketika Suriah bergabung dengan Mesir dalam Republik Arab Bersatu dalam kurun 1958 dan 1961, Elang pan-Arab lambang Salahuddin digunakan sebagai lambang negara. Ketika Suriah mundur dari persatuan ini pada tahun 1961, Mesir tetap menggunakan lambang, bendera dan nama Republik Uni Arab hingga 1971.

Pada kurun Federasi Republik Arab antara 1972 dan 1977, sebuah persatuan politik antara Mesir, Libya, dan Suriah, lambang Elang Quraisy digunakan sebagai lambang negara. Setelah persatuan berakhir, ketiga bekas negara anggota mempertahankan lambang Elang Quraisy. Mesir akhirnya mengganti lambangnya menjadi Elang Salahuddin pada 1984, yang menjadi lambang Mesir dan Libya sebelum persatuan, dan kini menjadi lambang Mesir, Irak, dan Palestina.

Suriah tetap menggunakan Elang Quraisy, demikian juga Libya di bawah pemerintahan Khadaffi, meskipun elang dalam versi Libya menengok ke kanan (dari sudut pandang sang elang) sementara versi Suriah menengok ke kiri.

Lambang sebelumnya[sunting | sunting sumber]

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]