Laher

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Laher dengan penutup agak lejas

Laher (Inggris: bearing) adalah jenis bantalan elemen gelinding yang menggunakan gotri untuk menjaga jarak antara balap bantalan.

Tujuan dari bantalan bola adalah untuk mengurangi gesekan rotasi dan mendukung beban radial dan aksial. Ini mencapai ini dengan menggunakan setidaknya dua balapan untuk menahan bola dan mengirimkan beban melalui bola. Dalam kebanyakan aplikasi, satu balapan diam dan yang lainnya dipasang ke rakitan berputar (misalnya, hub atau poros). Karena salah satu perlombaan bantalan berputar itu menyebabkan bola juga berputar. Karena bola menggelinding, koefisien gesekannya jauh lebih rendah dibandingkan jika dua permukaan datar bergeser satu sama lain.

Meskipun bantalan telah dikembangkan sejak zaman kuno, paten tercatat modern pertama pada bantalan bola diberikan kepada Philip Vaughan, seorang penemu Welsh dan ahli besi yang menciptakan desain pertama untuk bantalan bola di Carmarthen pada tahun 1794. Ini adalah bantalan bola modern pertama desain, dengan bola berjalan di sepanjang alur di unit poros.[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Double- Row Angular Contact Ball Bearings". Diarsipkan dari versi asli tanggal 11 May 2013. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]