Kushari

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Kushari
Kushari
Nama lainKoshary, kosheri atau koshari
JenisVegetarian
Tempat asalMesir
Suhu penyajianhangat atau panas
Bahan utamanasi, makaroni, saus tomat, minyak sayur, bawang merah, jintan putih, lentil
Variasikacang arab, saus pedas, perasan bawang putih, cuka, spaghetti pendek
Energi makanan
(per porsi 300 g)
954 kkal (3994 kJ)
Nilai gizi
(per porsi 300 g)
Protein33 g
Lemak11 g
Karbohidrat181 g
Hidangan serupaKhichdi
Sunting kotak info
Sunting kotak info • L • B
Info templat
Bantuan penggunaan templat ini

Kushari, yang juga disebut koshary, kosheri atau koshari (bahasa Arab Mesir: كشرى, [ˈkoʃæɾi]), adalah sebuah hidangan Mesir yang dibuat pada abad ke-19, yang terbuat dari nasi, makaroni dan lentil yang dicampur secara bersamaan, dan diberi saus tomat-cuka di bagian atasnya; serta diberi tambahan beberapa potongan pendek spaghetti yang ditaburi dengan kacang arab dan bawang goreng renyah. Perasan bawang putih dan saus pedas juga dapat ditambahkan.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Kushari bermula pada pertengahan abad ke-19, pada waktu ketika Mesir menjadi sebuah negara dengan keragaman budaya dan ekonomi yang ditandai dengan jumlah penduduk yang signifikan.

Beberapa sumber menyatakan bahwa hidangan tersebut berasal dari India dan Italia, pada 1914 ketika orang-orang India berupaya untuk menggunakan lentil dan nasi Khichdi, orang-orang Italia menambahkan makaroni pada hidangan tersebut, selama beberapa waktu hidangan tersebut dijadikan sebuah hidangan untuk para prajurit Mesir, kemudian oleh warga negara Mesir.[1]

Koshari sangat terkenal di kalangan pekerja dan buruh. Hidangan tersebut dapat dibuar di rumah, dan juga disajikan sebagai hidangan tempat makan pinggir jalan dan restoran di seluruh Mesir; beberapa restoran secara khusus menghidangkan kushari ketimbang hidangan lain.[2] Karena tidak mengandung produk hewani, hidangan tersebut dapat disantap oleh orang-orang vegan selama hidangan tersebut dimasak menggunakan minyak sayur.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "yahoo- maktoob CNBC". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2014-11-13. Diakses tanggal 2015-07-23. 
  2. ^ "Kushari recipe". Whats4eats.com. Diakses tanggal 2013-02-17. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Templat:Masakan nasi