Kurasao

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Kurasao
JenisLiqueur
ProdusenBervariasi
Negara asalCuraçao
DiperkenalkanAbad ke-19
Alkohol menurut volume40%

Kurasao (Spanyol: Curaçao) adalah sebuah likeur dengan rasa buah sitrus laraha, yang ditanam di Curaçao. Buah ini sangat mirip dengan jeruk, laraha merupakan hasil cangkokan dari pelaut Spanyol yang ingin menanam jeruk Valencia yang manis di Curaçao. Dikarenakan tanah yang tidak bernutrisi dan keringnya iklim Curaçao, buah yang dihasilkan sangat kecil dan sangat pahit, tetapi bau dari buah ini sangat wangi dan akhirnya pohon ini dibudidayakan di Curaçao sampai sekarang, walaupun rasa dari buah ini masih tetap pahit.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Likeur ini dibuat pertama kali karena tidak sengaja, minuman ini pertama kali dibuat dan dijual oleh keluarga Senior (Keluarga Yahudi keturunan Spanyol) pada abad ke-19. Untuk membuat minuman ini, parutan kulit lahara dikeringkan, agar minyak dari kulit lahara yang wangi keluar. Setelah direndam di alkohol dan air selama seminggu, parutannya dibuang dan dibubuhi bumbu dapur.

Rasa[sunting | sunting sumber]

Likeur ini cukup manis namun kadang cukup pahit. Minuman ini sebenarnya tidak berwarna, tetapi kadang ditambahkan pewarna, kebanyakan biru, sehingga minuman ini terlihat mewah dan eksotis, liqueur ini sangat cocok dibuat koktail.