Kota Tua Vilnius

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Pusat Sejarah Vilnius
Situs Warisan Dunia UNESCO
KriteriaBudaya: ii, iv
Nomor identifikasi541
Pengukuhan1994 (Ke-18)

Kota Tua Vilnius (bahasa Lituania: Vilniaus senamiestis, bahasa Polandia: Stare Miasto w Wilnie) adalah salah satu kota tua abad pertengahan terbesar yang berhasil bertahan di Eropa Utara dengan luas wilayah sebesar 3,59 km2 (887 are). Bagian tertua dari Lituania, ibu kota Vilnius telah berkembang selama beberapa abad, terbentuk oleh sejarah kota dan pengaruh budaya yang terus berubah. Kota ini merupakan tempat di mana beberapa gaya arsitektur terbaik Eropa, seperti gotik, renaisans, barok dan neoklasik berdiri berdampingan dan saling melengkapi.

Jalan Pilies adalah jalan utama Kota Tua dan merupakan pusat kehidupan pasar jalanan dan kafe maupun restoran. Dua bangunan terkenal di Kota Tua adalah Cathedral Square dan Town Hall Square.

Salah satu kompleks arsitektur yang paling rumit adalah Ansambel Arsitektur Universitas Vilnius yang menempati sebagian besar Kota Tua dan memiliki 13 halaman pagar tembok. Kawasan ini terpilih mewakilkan Lithuania di Mini-Europe Park di Brussel.

Pada tahun 1994, Kota Tua Vilnius masuk dalam daftar Situs Warisan Dunia UNESCO (nomor 541) atas nilai universal dan keasliannya. Definisi "pusat sejarah" itu sendiri memiliki makna yang lebih luas daripada Kota Tua, yang sebelumnya dikelilingi dengan tembok pertahanan. Kota ini mencakup pinggiran kota bersejarah yang berharga dari Vilnius, seperti Užupis yang secara historis seharusnya berada di luar perbatasan kota. Sehingga, Užupis sering dianggap sebagai bagian dari Kota Tua Vilnius.

Markah tanah[sunting | sunting sumber]

Ada lebih banyak monumen menarik di Kota Tua daripada di bagian lain Vilnius, yakni:

Istana[sunting | sunting sumber]

Kota Tua Vilnius

Monumen agama[sunting | sunting sumber]

Tempat menarik lainnya[sunting | sunting sumber]

Panorama Kota Tua Vilnius, terlihat dari atas Menara Gediminas

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Templat:Situs Warisan Dunia di Lituania

Koordinat: 54°41′N 25°17′E / 54.683°N 25.283°E / 54.683; 25.283