Kosmetologi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Kelas kosmetologi di California, 1946

Kosmetologi (dari bahasa Yunani κοσμητικός, kosmētikos, "kecantikan";[1] dan -λογία, -logia) adalah ilmu yang mempelajari mengenai perawatan kecantikan. Spesialisasi dari kosmetologi antara lain penataan rambut, penataan rias, perawatan kulit, kosmetik, manicure/pedicure, dan elektrologi.

Di perguruan tinggi, disiplin ilmu kosmetologi juga dikenal dengan tata rias dan kecantikan.

Kosmetolog[sunting | sunting sumber]

Kosmetolog adalah seseorang yang ahli dalam tata rias, tata rambut, perawatan kulit, dan produk-produk kecantikan (kosmetik). Secara keprofesian, kosmetolog ini mencakup penata rias, penata rambut, pakar kosmetik, dan konselor kecantikan, yang umumnya merupakan lulusan dari sekolah-sekolah kosmetologi dan kecantikan. Beberapa sekolah-sekolah kecantikan terkenal adalah Marissa Montoya Academy, Regency, Marinello Schools of Beauty, dan Empire Beauty School. Di Indonesia, beberapa perguruan tinggi dan sekolah menengah kejuruan juga banyak yang membuka spesialisasi tata rias dan kecantikan.[2]

Kosmetolog terkenal[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Merriam-Webster Online Dictionary
  2. ^ "About The Salon Industry". Average Yearly Income of a Hair Stylist. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2014-08-11. Diakses tanggal 2015-01-03. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]