Kapasitor elektrolit

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Kondensator elektrolit)
Kondensator elektrolit

Kondensator elektrolit (electrolyte condensator, disingkat elco) adalah jenis kondensator yang berbentuk tabung. Pemasangannya dilakukan dengan hati-hati karena memiliki polaritas positif dan polaritas negatif. Jika pemasangan kondensator elektrolit terbalik, kondensator bisa meledak dan nilai kapasitasnya membesar. Daya ledak akan semakin besar jika nilai kapasitasnya makin besar. Kapasitas kondensator elektrolit bisa dengan rentang nilai 0.47 mikroFarad hingga satuan Farad. Bahan isolatornya adalah cairan elektrolit yang digunakan untuk menyimpan energi listrik yang kemudian dibungkus lagi dengan aluminium.[1]

Lambang[sunting | sunting sumber]

Berbagai macam lambang gambar untuk ko

ndensator elektrolit pada rangkaian elektronika:

Tampak pada gambar di atas polaritas negatif pada kaki Kondensator Elektrolit.

Selain kondensator elektrolit yang mempunyai polaritas pada kakinya, ada juga kondensator yang berpolaritas yaitu kondensator solid tantalum.

Kerusakan umum pada kondensator elektrolit di antaranya adalah:

  • Kering (kapasitasnya berubah)
  • Korsleting (Hubungan arus pendek)
  • Meledak, yang dikarenakan salah dalam pemberian tegangan positif dan negatifnya, jika batas maksimum voltase dilampaui juga bisa meledak.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Basri, I. Y., dan Irfan, D. (2018). Komponen Elektronika (PDF). Padang: Sukabina Press. hlm. 35–36. ISBN 978-602-6277-88-6. 

Lihat pula[sunting | sunting sumber]