Kim Isabu

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Kim Isabu
Hangul
김이사부
Hanja
金異斯夫
Alih AksaraGim Isabu
McCune–ReischauerKim Isabu


Kim Isabu merupakan seorang jenderal dan politisi Silla selama abad ke-6. Ia juga dikenal sebagai Taejong. Ia sangat dikenal dihari ini atas perannya di dalam menundukkan negara pulau Usan-guk yang dikenal sebagai Batu Liancourt dihari ini. Meskipun sering dipanggil sebagai "Isabu", nama keluarganya ditulis sebagai Kim di dalam riwayat Samguk Sagi.[1] Ia merupakan generasi ke-4 keturunan Raja Naemul, yang juga menyediakan bukti langsung bahwa nama keluarganya adalah Kim.

Namun di dalam Riwayat Samguk Yusa, namanya adalah Park I-Jong(朴伊宗).

Karier[sunting | sunting sumber]

Selama masa pemerintahan Jijeung, pada tahun 505, Isabu ditunjuk sebagai gubernur (gunju) provinsi Siljik, yang sekarang adalah Samcheok. Pada saat menjadi gubernur di daerah yang lebih luas Aseulla (kemudian dikenal sebagai Gangwon) ia melancarkan ekspedisi melawan Usan-guk tujuh tahun kemudian.

Kemudian di dalam hidup, Isabu naik ke kueasaan militer tingkat tinggi di Silla, menjabat posisi ini dari tahun 541 sampai dengan tahun 562. Selama masa tersebut, ia melihat ekspansi wilayah Silla ke bekas wilayah kekuasaan Baekje dan Goguryeo, sejauh bagian utara sampai Hamgyong. Sebagai tambahan, ia memerintahkan penaklukan Daegaya, secara efektif menghapuskan Konfederasi Gaya dan terus mengkonsolidasikan Silla di Korea tenggara.

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Isabu" in Samguk Sagi, Yeoljeon 4.

Lihat Pula[sunting | sunting sumber]