Karakter (komputasi)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Pada istilah komputer dan telekomunikasi berbasis mesin, suatu karakter ialah unit informasi yang berhubungan kepada sebuah grafem, unit mirip-grafem, atau simbol seperti alfabet atau aksara silabis dalam bentuk tertulis dari bahasa alami.[1]

Contoh dari karakter mencakup huruf, digit numerik, tanda baca umum (seperti "." atau "-") dan karakter spasi-putih. Konsep karakter pula mencakup karakter kendali yang tidak berhubungan kepada simbol dalam bahasa alami tertentu daripada informasi bit lain digunakan pada mengolah satu atau lebih bahasa. Contoh dari karakter kendali mencakup kursor tombol Tab serta instruksi kepada pencetak atau perangkat lain yang menampilkan atau mengolah teks.

Karakter secara umum yang digabung akan menjadi string.

Pengodean[sunting | sunting sumber]

Komputer dan peralatan komunikasi merepresentasi karakter menggunakan pengodean karakter yang menetapkan setiap karakter kepada sesuatu — kuantitas integer direpresentasi dengan urutan digit, secara umum dapat disimpan atau disalurkan melalui sebuah jaringan. Dua contoh pengodean ialah ASCII dan pengodean UTF-8 atas Unicode. Sementara sebagian besar pengodean karakter menggambarkan karakter kepada angka atau urutan bit, kode Morse daripada itu merepresentasi karakter menggunakan rangkaian gaya elektris panjang bervariasi.

Istilah[sunting | sunting sumber]

Istilah karakter digunakan kepada hanya menunjukkan angka spesifik akan bit berdekatan. Secara umum sebagian besar karakter diasumsi mengacu kepada 8 bit.

Pada menguraikan rupa visual karakter tertentu digunakan istilah glif. Sebagian besar fon terdiri dari glif yang diberi indeks dengan kode numerik akan karakter bersesuaian.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Character". Merriam-Webster (Definisi). Diakses tanggal 2 Mei 2020.