Ari

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Kandang kuda)
Interior ari dengan sekat pemisah antar kuda
Seekor kuda di dalam ari
Barisan ari di Einsiedeln Abbey, Swiss
Ari sederhana yang terdiri dari beberapa ruangan

Ari[1], gedongan atau istal adalah bangunan yang digunakan untuk menyimpan kuda (kandang) dan sebagai tempat kuda beraktivitas seperti makan dan tidur. Ari biasanya berupa bangunan dengan banyak ruangan di dalamnya yang terpisah dengan sekat atau dinding untuk pemisah antar kuda.

Desain bangunan bisa bervariasi tergantung iklim, budaya, kemudahan mendapatkan bahan bangunan, dan fungsi selain sebagai kandang, karena beberapa ari ada yang difungsikan sebagai tempat untuk memamerkan kuda yang akan dijual atau dipacu di pacuan kuda. Selain itu, ari yang difungsikan untuk menyimpan hewan militer bisa memiliki fasilitas tambahan untuk memasang zirah.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Kuda telah lama digunakan sebagai penyedia tenaga pertanian, terutama sebagai tenaga penarik gerobak untuk mengangkut hasil pertanian dan sebagai alat tunggangan. Dan jika kuda sudah cukup tua untuk bekerja, mereka akan disembelih untuk dimanfaatkan dagingnya. Mereka sangat berharga sehingga kandang mereka dibangun dekat dengan tempat tinggal pemiliknya. Bahkan tidak jarang ari memiliki fasilitas yang lebih baik dari kandang hewan ternak lainnya, seperti adanya tempat minum dan makan yang khusus tersedia untuk setiap ekor kuda.[2][3]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Rujukan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Arti kata ari - Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Online". kbbi.web.id. Diakses tanggal 2023-12-29. 
  2. ^ Historic Environment Local Management Website
  3. ^ The Conversion of Traditional Farm Buildings: A guide to good practice, by English Heritage.