Kaisar Qianlong

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Kaisar Qianlong
乾隆帝
Kaisar Agung
Pangeran Bao
Kaisar Qing di Tiongkok ke-6
Berkuasa8 Oktober 1735 - 9 Februari 1796 (60 tahun, 124 hari)
PendahuluKaisar Yongzheng
PenerusKaisar Jiaqing
Berkuasa8 Februari 1795 – 3 Januari 1799
(3 tahun, 329 hari)
Informasi pribadi
Kelahiran(1711-09-25)25 September 1711
Dinasti QingKota Terlarang, Beijing
Kematian7 Februari 1799(1799-02-07) (umur 87)
Dinasti QingBeijing
Pemakaman
WangsaKeluarga Aisin-Gioro(爱新觉罗)
Nama lengkap
Mandarin: Aixin-Jueluo Hongli 愛新覺羅弘曆
Manchu: Aisin-Gioro Hung Li
Nama periode
Nama anumerta
Kaisar Fatian Longyun Zhicheng Xianjue Tiyuan Liji Fuwen Fenwu Qinming Xiaoci Shensheng Chun
(法天隆運至誠先覺體元立極敷文奮武欽明孝慈神聖純皇帝)
Nama kuil
Qing Gaozong
清高宗
AyahKaisar Yongzheng
IbuPermaisuri Xiao Sheng Xian
PasanganPermaisuri Xiao Xian Chun
Permaisuri Hoifa-Nara
Permaisuri Xiao Yi Chun
AnakYonghuang, Pangeran Ding
Yonglian
Putri He Jing
Yongzhang, Pangeran Xun
Yongqi, Pangeran Rong
Putri He Jia
Yongzhong, Pangeran Zhe
Yongxuan, Pangeran Yi
Yongxing, Pangeran Cheng
Yongji, Beile
Putri He Jing
Yong Yan, Kaisar Jiaqing
Yonglin, Pangeran Qing
Kaisar Qianlong

Kaisar Qianlong (Chinese: 乾隆帝, pinyin: Qiánlóngdì, Wade-Giles: Ch'ien-lung Ti, Mongolian: Tengeriin Tetgesen Khaan, Manchu: Abkai Wehiyehe, Tibetan: lha skyong rgyal po, 25 September 1711 – 7 Februari 1799) terlahir dengan nama Hongli adalah kaisar bangsa Manchu, Dinasti Qing yang keenam dan merupakan kaisar Qing keempat yang memerintah Tiongkok. Qianlong adalah putra keempat dari Kaisar Yongzheng, dia memerintah secara resmi dari 11 Oktober 1736 sampai dengan 7 Februari 1795. Pada tanggal 8 Februari Qianlong pensiunkan diri dan digantikan oleh anaknya, Kaisar Jiaqing dengan alasan bahwa tidak etis bagi dirinya untuk memerintah lebih lama dari kakeknya, Kaisar Kangxi. Walaupun Qianlong sudah pensiun, akan tetapi dia masih memerintah di balik layar sampai kematiannya pada tahun 1799. Walaupun kesejahteraan menyertai Tiongkok pada awal pemerintahannya, hal tersebut tidak bertahan lama dan Tiongkok begitu halnya Dinasti Qing mengalami kemunduran pada masa akhir pemerintahannya.

Awal Kehidupan[sunting | sunting sumber]

Qianlong muda
Xiao Xian Chun dan Qianlong

Ada mitos dan legenda yang menyatakan bahwa Hongli sebenarnya adalah seorang Han dan bukan keturunan Manchu, selain itu ada juga yang menyatakan bahwa Hongli adalah keturunan setengah Han dan setengah Manchu. Walaupun begitu, dari catatan sejarah, Hongli sangat dikagumi oleh Kakek dan Ayahnya yaitu Kaisar Kangxi dan Kaisar Yongzheng. Beberapa sejarawan berpendapat bahwa alasan utama Kaisar Kangxi menunjuk Yongzheng sebagai penerusnya karena Qianlong adalah cucu favoritnya. Dia merasa kepribadian dan watak Hongli sangat mirip dengan dirinya. Sebagai remaja, Hongli sangat ahli dalam hal seni bela diri, dan menunjukkan kemampuan yang luar biasa.

Setelah ayahnya menjadi Kaisar pada tahun 1722, Hongli menjadi Pangeran Bao. Seperti halnya paman - pamannya, Hongli terjerumus dalam pertikaian merebut tahta dengan saudara setengah kandung (sama ayah, beda ibu), Hongshi, yang mendapat banyak dukungan dari pejabat istana, seperti halnya Yinsi, Pangeran Lian. Sudah bertahun - tahun Yongzheng tidak menunjuk putera mahkota, tetapi banyak orang yang berpendapat bahwa Hongli adalah calon favoritnya. Hongli dikirim keluar istana dalam rangka inspeksi di wilayah selatan, dan dikenal sebagai negosiator yang handal serta pemimpin yang bijak. Dia juga terpilih sebagai kepala pengurus pemerintahan sementara, ketika ayahnya sedang berpergian keluar kota.

Hongli menikah dengan seorang wanita Manchu dari keluara Fucha yang kemudian menjadi Permaisuri Xiao Xian Chun pada saat Hongli menjadi Kaisar. Permaisuri Xian Chun adalah permaisuri pertama dan juga merupakan favorit Qianlong, sayang Xian Chun meninggal pada usia muda.

Perjalanan Menuju Tahta[sunting | sunting sumber]

Qianlong dan para pejabat

Walaupun Hongli belum diumumkan sebagai putera mahkota, orang banyak sudah mengetahui siapa yang akan menjadi Kaisar berikutnya. Hongli muda merupakan favorit kakeknya, Kaisar Kangxi dan juga ayahnya, Kaisar Yongzheng yang mempercayakan banyak hal penting kepadanya ketika Hongli masih sebagai seorang pangeran. Hongli juga diikutsertakan dalam diskusi penting mengenai strategi militer. Untuk menghindari krisis suksesi seperti masanya, Yongzheng menulis nama penerusnya, memasukkannya ke dalam kotak bersegel dan disimpan di belakang singgasana di istana Kemurnian Surga (Qianqing Gong 乾清宫). Nama tersebut akan diumumkan kepada anggota kerajaan lainnya dan segenap pejabat senior kerajaan pada saat Kaisar wafat. Yongzheng meninggal secara tiba - tiba pada tahun 1735, surat wasiat tersebut dikeluarkan dan dibacakan, dan Hongli menjadi Kaisar Tiongkok dari bangsa Manchu yang keempat. Dia memakai nama era Qianlong (乾隆), 乾 berarti surga, 隆 berarti kesejahteraan, dimana jika digabung artinya menjadi "Kesejahteraan Surgawi".

Pemerintahan[sunting | sunting sumber]

Kostum Militer Qianlong

Ekspansi Wilayah[sunting | sunting sumber]

Xinjiang

Kaisar Qianlong adalah pemimpin militer yang sukses, dia melakukan ekspansi besar - besaran untuk menambah wilayah Dinasti Qing. Hal tersebut dilakukan bukan hanya dengan kekuatan Qing, tetapi juga karena menurunnya kekuatan orang - orang Asia tengah. Dibawah pimpinan Qianlong, kawasan orang Turki dikuasai Dinasti Qing dan diganti namanya menjadi Xinjiang, sedangkan disebelah barat, Ili ditaklukkan dan dibatasi. Penguasaan Xinjiang oleh Dinasti Qing dikarenakan oleh kekalahan dan kehancuran bangsa Dzungars, koalisi dari Mongolia barat yang menyebabkan masalah di perbatasan Qing sejak tahun 1680. Di antara tahun 1755 dan 1758, 80% dari populasi bangsa Dzungars, atau sekitar 480,000 dan 800,000 orang terbunuh. Hal itu bukan saja sebagai kekalahan perang kerajaan Dzungars, tetapi juga kehancuran bangsa Dzungars itu sendiri. Walaupun menurut perkiraan orang Tiongkok pada abad ke 19, 40% dari bangsa Dzungars kemungkinan terbunuh oleh penyakit Syphilis.

Kuil puning yang dibangun sebagai monumen setelah mengalahkan bangsa Dzungars

Pada masa ini, pengaruh Mongol memasuki Tibet dan aliran buddha Tibet mulai tersebar di Mongolia. Qianlong lagi - lagi mengirimkan pasukan ke Tibet dan menetapkan Dalai Lama sebagai penguasa, dengan ketentuan Tibet adalah bagian dari kekuasaan Qing dan harus mengirimkan pajak dan upeti. Setelah itu, ekspansi militer ke Nepal dan Gurkhas menyebabkan kedua bangsa ini menyerah dan mengirimkan upeti kepada Qing.

Myanmar

Ekspansi militer Qing ke Myanmar (1765-1770) adalah perang yang sangat mahal yang harus dibayar oleh Dinasti Qing. Pada awalnya, Qianlong mengira akan dengan mudah memenangkan peran ini dalam satu serangan, karena dia menganggap Myanmar tidak lebih dari sebuah suku liar yang tidak memiliki kekuatan apapun. Setelah pasukan bendera hijau di Yunnan gagal menaklukkan Myanmar, Qianlong mengirim kan pasukan elit Manchu. Pasukan garis depan manchu harus berhadapan dengan hutan liar tropis serta berbagai penyakit menular. Bukan hanya satu persatu Jenderal Qing gagal menaklukkan Myanmar, akan tetapi pasukan Qing juga mengalami kehidupan yang sangat amat berat. Setelah peperangan selama empat tahun, panglima dari kedua belah pihak (Qing & Myanmar) setuju untuk mengakhiri perang pada tahun 1769 dengan hasilnya Qing gagal menaklukkan Myanmar dan mundur total. Qing menjaga ketat perbatasan Yunnan selama satu dekade, disamping itu menyiapkan perang lain dan memutuskan perdagangan selama dua dekade.

Inspeksi militer Qianlong ke Selatan

Vietnam

Kondisi di Vietnam juga tidak sesukses yang diharapkan. Pada tahun 1787, raja terakhir Dinasti Le, Le Chieu Thong mengungsi dari vietnam dan secara resmi meminta ditahtakan kembali di Thanglong (sekarang Hanoi). Kaisar Qianlong setuju dan mengirimkan pasukan dalam jumlah besar ke Vietnam untuk menyingkirkan Tay Son, petani pemberontak yang berhasil menguasai Vietnam. Ibu kota Vietnam, Thanglong berhasil ditaklukkan pada tahun 1788 tetapi beberapa bulan kemudian, pasukan Qing dikalahkan dan invasi tersebut berubah keadaan ketika serangan tiba - tiba dari Nguyen Hue, orang kedua sekaligus orang yang paling intelek dari ketiga Tay Son bersaudara. Qing memberikan perlidungan kepada Raja le dan keluarganya, dan tidak menggangu Vietnam dalam kurun waktu 90 tahun berikutnya.

Qianlong berkuda dengan baju perang

Efek Perang[sunting | sunting sumber]

Secara keseluruhan ekspansi militer Qianlong menguasai jutaan meter kubik wilayah dan membawa orang - orang bukan Han seperti Uyghur, Kazaks, Kyrgyzs, Evenks dan Mongol yang kemungkinan tidak bersahabat. Ekspansi militer yang dilancarkan Qianlong, memakan biaya yang sangat banyak, dana dari kas kerajaan hampir semuanya dihabiskan untuk keperluan militer. Mungkin hal tersebut yang menyebabkan kemunduran Qing pada saat menghadapi ancaman dari negara barat, pasukan Qing tidak dapat mengembangkan dan meperbaharui senjata mereka.

Walaupun ada perang yang dimenangkan, tetapi sebenarnya tidak sesukses yang dibayangkan. Pasukan Qing mengalami kemunduran dan menghadapi kesulitan ketika menghadapi musuh. Daerah Jin Chuan baru berhasil ditaklukkan setelah 3 tahun, pasukan Qing dibantai habis - habisan sebelum Yue Zhongqi mengambil alih pasukan dan kemudian bisa mengontrol keadaan. Peperangan dengan bangsa Dzungar sangat sengit, dan menyebabkan kerugian berat pada kedua pihak.

Pada akhir masa peperangan, pasukan Qing melemah dengan tajam. Disamping itu, karena sistem militer yang lunak, para jenderal sangat menikmati kehidupan mereka. Sejak banyak perang dilancarkan, para jenderal melihat tidak alasan untuk melatih pasukan mereka, alhasil melemahnya kekuatan pasukan Qing pada masa akhir Qianlong. Hal ini merupakan alasan utama kekalahan militer melawan Sekte Teratai Putih, pada masa akhir pemerintahan Qianlong.

Keluarga[sunting | sunting sumber]

Orang Tua
Ayah:

  • Yinzhen, Kaisar Yongzheng
    Kaisar ke-5 Dinasti Qing

Ibu:

  • Selir Mulia Xi
    dari Klan Niohuru, kemudian bergelar Ibu Suri Chongqing, secara anumerta Permaisuri Xiao Sheng Xian.

Permaisuri
(Empress)

  1. Permaisuri Xiao Xian Chun
    dari Klan Fuca, gelar diberikan secara anumerta.
  2. (nama pribadi tidak diketahui)
    dari Klan Nara


Selir Mulia Kaisar
(Imperial Noble Consort)

  1. Selir Mulia Kaisar Huixian
    dari Klan Gao, gelar diberikan secara anumerta.
  2. Selir Mulia Kaisar Chunhui
    dari Klan Su, gelar diberikan secara anumerta.
  3. Selir Mulia Kaisar Lingyi
    dari Klan Wei, gelar diberikan secara anumerta kemudian dihormati sebagai Permaisuri Xiao Yi Chun.


Selir Mulia
(Noble Consort)

  1. Selir Mulia Jia
    dari Klan Kim atau Klan Jin, Korea, secara anumerta Selir Mulia Kaisar Shujia.
  2. Selir Mulia Qing
    dari Klan Lu, secara anumerta Selir Mulia Kaisar Qinggong


Selir
(Consort)

  1. Selir Ying
    dari Klan Baarin, kemudian dinaikkan menjadi Selir Mulia Ying.
  2. Selir Xin
    dari Klan Daigiya, secara anumerta Selir Mulia Xin.
  3. Selir Yu
    dari Klan Keliyete, secara anumerta Selir Mulia Yu.
  4. Selir Xun
    dari Klan Irgen Gioro, secara anumerta Selir Mulia Xun.
  5. Selir Wan
    dari Klan Chen, dinaikkan menjadi Selir Mulia Wan.
  6. Selir Shu
    dari Klan Yehe-Nara
  7. Selir Yu
    dari Klan Oirat Borjigit
  8. Selir Rong
    dari Klan Xojam, etnis Uyghur
  9. Selir Dun
    dari Klan Wang
  10. Selir Fang
    dari Klan Chen
  11. Selir Jin
    dari Klan Fuca


Selir
(Concubine)

  1. Selir Huang
    dari Huang, secara anumerta Selir Yi
  2. Selir Yi
    dari Klan Bo
  3. Selir Shen
    dari Klan Bai'ergesi
  4. Selir Cheng
    dari Klan Niohuru
  5. Selir Gong
    dari Klan Lin


Nyonya Mulia
(Noble Lady)

  1. Nyonya Mulia Shun
    dari Klan Niohuru
  2. Nyonya Mulia Guo
    dari Klan Huoshuote, secara anumerta Selir Xun
  3. Nyonya Mulia E
    dari Klan Sirin Gioro
  4. Nyonya Mulia Rui
    dari Klan Socoro
  5. Nyonya Mulia Bai
    dari Klan Bo
  6. Nyonya Mulia Lu
    dari Klan Lu
  7. Nyonya Mulia Shou
    dari Klan Bo
  8. Nyonya Mulia Xiu
  9. Nyonya Mulia Shen
  10. Nyonya Mulia Wu
  11. Nyonya Mulia Jin
  12. Nyonya Mulia Xin
  13. Nyonya Mulia Fu


Nyonya
(Mistress)

  1. (nama pribadi tidak diketahui)
    dari Klan Fuca, meninggal sebelum Kaisar Qianlong naik takhta, secara anumerta Selir Mulia Kaisar Zhemin.

Anak

  1. Yonghuang, Pangeran Ding
    lahir dari Nyonya Fuca
  2. Yonglian, Putra Mahkota Duanhui
    lahir dari Permaisuri Xiao Xian Chun
  3. Putri Hejing
    lahir dari Permaisuri Xiao Xian Chun, menikah dengan Septeng Baljur dari Klan Khorchin Borjigit.
  4. Yongzhang, Pangeran Xun
    lahir dari Selir Mulia Kaisar Chunhui
  5. Yongcheng, Pangeran Lu
    lahir dari Selir Mulia Jia
  6. Yongqi, Pangeran Rong
    lahir dari Selir Yu
  7. Yongrong, Pangeran Zhi
    lahir dari Selir Mulia Kaisar Chunhui
  8. Putri Hejia
    lahir dari Selir Mulia Kaisar Chunhui, menikah dengan Fulong'an dari Klan Fuca.
  9. Yongcong, Pangeran Zhe
    lahir dari Permaisuri Xiao Xian Chun
  10. Yongxuan, Pangeran Yi
    lahir dari Selir Mulia Jia
  11. Yongxing, Pangeran Cheng
    lahir dari Selir Mulia Jia
  12. Yongji
    lahir dari Permaisuri Nara
  13. Yongjing
    lahir dari Permaisuri Nara
  14. Putri Hejing
    lahir dari Selir Mulia Kaisar Lingyi, menikah dengan Lhawang Dorji dari Klan Khalkha Borjigit.
  15. Yonglu
    lahir dari Selir Mulia Kaisar Lingyi
  16. Putri Heke
    lahir dari Selir Mulia Kaisar Lingyi, menikah dengan Jalantai dari Klan Uya.
  17. Yongyan, Kaisar Jiaqing
    lahir dari Selir Mulia Kaisar Lingyi
  18. Yongxing, Pangeran Cheng
    lahir dari Selir Mulia Jia
  19. Yonglin, Pangeran Qing
    lahir dari Selir Mulia Kaisar Lingyi
  20. Putri Hexiao
    lahir dari Selir Dun, menikah dengan Fengseninde dari Klan Niohuru.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • Æneas Anderson, A Narrative of the British Embassy to China, in the Years 1792, 1793, and 1794; Containing the Various Circumstances of the Embassy, with Accounts of Customs and Manners of the Chinese (London: J. Debrett, 1795)
  • van Braam Houckgeest, Andreas Everardus. (1797). Voyage de l'ambassade de la Compagnie des Indes Orientales hollandaises vers l'empereur de la Chine, dans les années 1794 et 1795. Philadelphia: M.L.E. Moreau de Saint-Méry.
  • _______________. (1798). An authentic account of the embassy of the Dutch East-India company, to the court of the emperor of China, in the years 1974 and 1795, Vol. I. London: R. Phillips. [digitized by University of Hong Kong Libraries, Digital Initiatives, "China Through Western Eyes." ]
  • Clarke, Michael Edmund (2004). "In the Eye of Power: China and Xinjiang from the Qing Conquest to the 'New Great Game' for Central Asia, 1759-2004." Doctoral thesis, Dept. of International Business & Asian Studies, Griffith University, Brisbane.
  • Crossley, Pamela."A Translucent Mirror: History and Identity in Qing Imperial Ideology." 10-ISBN 0-520-23424-3; 13-ISBN 978-0-520-23424-6
  • de Guignes, Chrétien-Louis-Joseph (1808). Voyage a Pékin, Manille et l'Ile de France. Paris.
  • Henss, Michael: The Qianlong Emperor as a Grand Lama. In: Asian Art Gallery, Nov. 1998.
  • Perdue, Peter C. (2005). China Marches West: The Qing Conquest of Central Eurasia. Cambridge, Mass.; London, England: The Belknap Press of Harvard University Press.
  • Robbins, Helen Henrietta Macartney (1908). Our First Ambassador to China: An Account of the Life of *George, Earl of Macartney with Extracts from His Letters, and the Narrative of His Experiences in China, as Told by Himself, 1737-1806, from Hitherto Unpublished Correspondence and Documents. London: John Murray. [digitized by University of Hong Kong Libraries, Digital Initiatives, "China Through Western Eyes." ]
  • Rockhill, William Woodville. "Diplomatic Missions to the Court of China: The Kotow Question I," The American Historical Review, Vol. 2, No. 3 (Apr., 1897), pp. 427–442.
  • Potret Tentara Tiongkok 1793
    Rockhill, William Woodville. "Diplomatic Missions to the Court of China: The Kotow Question II," The American Historical Review, Vol. 2, No. 4 (Jul., 1897), pp. 627–643.
Kaisar Qianlong
Lahir: 25 September 1711 Meninggal: 7 Februari 1799
Didahului oleh:
Kaisar Yongzheng
Kaisar Tiongkok
1736-1795
Diteruskan oleh:
Kaisar Jiaqing