Kadıköy

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Kadıköy
Kadıköy Belediyesi
Munisipalitas Kadıköy
Atas: Terminal Haydarpaşa, Kiri tengah: Monumen Atatürk, Kanan tengah: Jalur trem nostalgia, Bawah: Pusat kota
Atas: Terminal Haydarpaşa, Kiri tengah: Monumen Atatürk, Kanan tengah: Jalur trem nostalgia, Bawah: Pusat kota
Lokasi Kadıköy di Istanbul
Lokasi Kadıköy di Istanbul
NegaraTurki
ProvinsiProvinsi Istanbul
Pemerintahan
 • Wali kotaAykurt Nuhoğlu (CHP)
Luas
 • Distrik40,21 km2 (1,553 sq mi)
Populasi
 (2012)[2]
 • Distrik
521.005
 • Kepadatan Distrik130/km2 (340/sq mi)
Situs webwww.kadikoy.bel.tr

Kadıköy (pengucapan bahasa Turki: [ˈkadɯcøj] simak; Kalsedon (Yunani: Χαλκηδών) kuno dan era Bizantium), adalah suatu distrik kosmopolitan yang besar dan padat penduduk di Istanbul, Turki. Letaknya di pantai utara Laut Marmara, menghadap pusat kota yang bersejarah di sisi Eropa Selat Bosporus. Kadıköy juga merupakan nama dari lingkungan yang paling terkemuka di distrik ini, suatu area komersial dan perumahan yang—dengan berbagai toko buku, bioskop, dan barnya—merupakan pusat budaya di sisi Anatolia Istanbul. Kadıköy menjadi suatu distrik pada tahun 1928, hasil pemisahan dari Distrik Üsküdar. Lingkungan İçerenköy, Bostancı, dan Suadiye, juga dipisahkan dari Distrik Kartal pada tahun yang sama, dan akhirnya bergabung dengan Distrik Kadıköy yang baru dibentuk ini. Distrik-distrik di dekatnya yaitu Üsküdar di sebelah barat laut, Ataşehir di sebelah timur laut, Maltepe di sebelah tenggara, dan Kartal di selatan Maltepe. Menurut sensus tahun 2007, jumlah penduduk di Distrik Kadıköy yaitu 509.282 orang.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Area of regions (including lakes), km²". Regional Statistics Database. Turkish Statistical Institute. 2002. Diakses tanggal 2013-03-05. 
  2. ^ "Population of province/district centers and towns/villages by districts - 2012". Address Based Population Registration System (ABPRS) Database. Turkish Statistical Institute. Diakses tanggal 2013-02-27. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]