Juwana, Pati

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Juwana
Negara Indonesia
ProvinsiJawa Tengah
KabupatenPati
Pemerintahan
 • CamatTeguh Widyatmoko, AP
Populasi
 • Total95,597 jiwa (Juni 2.016) jiwa
Kode Kemendagri33.18.08
Kode BPS3318080
Luas55,93 km²
Desa/kelurahan29 desa/kelurahan
Perahu di Sungai Juwana di awal abad ke-20

Juwana (Jawa: ꦗꦸꦮꦤ) adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Pati, Provinsi Jawa Tengah, Indonesia.

Kecamatan Juwana merupakan kota di pesisir utara pulau Jawa yang terletak di jalur pantura yang menghubungkan kota Pati dan kota Rembang. Kota Juwana merupakan kecamatan terbesar kedua di Kabupaten Pati setelah Pati. Juwana terkenal dengan industri kerajinan kuningan dan pembudidayaan bandeng.

Asal nama[sunting | sunting sumber]

Nama Juwana kemungkinan berasal dari kata Jiwana, yang berasal dari kata bahasa Sansekerta, jiwa. Dengan demikian, perkataan Jiwana diduga adalah nama "Kahuripan" yang disansekertakan. Pendapat lain mengatakan bahwa Juwana berasal dari kata druju dan wana. Druju adalah nama pohon (suket glagah yang panjang dan besar), sementara wana berarti hutan.

Geografi[sunting | sunting sumber]

Utara Laut Jawa
Timur Kecamatan Batangan
Selatan Kecamatan Jakenan dan Pati
Barat Kecamatan Wedarijaksa

Merupakan daerah pesisir dan dataran rendah dengan tanah berjenis aluvial dan red yelloy mediteran. Kota ini juga dilalui oleh sungai Juwana (disebut juga sungai Silugonggo) yang menjadi daerah aliran sungai waduk Kedungombo. Sungai terbesar di Kabupaten Pati ini tiap tahun mengakibatkan banjir termasuk di kota Juwana. Luas wilayah kecamatan Juwana adalah 5.593 ha (55,93 km²)

Demografi[sunting | sunting sumber]

Jumlah penduduk kecamatan Juwana sebanyak 87.484 jiwa (2006) yang terdiri atas 43.565 jiwa laki-laki dan 43.919 jiwa penduduk perempuan. Mayoritas penduduk kecamatan Juwana bermata pencarian sebagai petani, nelayan dan buruh.

Kecamatan ini mempunyai banyak lapangan kerja. Hal yang menjadi ciri khas kecamatan Juwana adalah usaha kerajinan logam kuningan yang sebagian besar terdapat di desa Growonglor dan sekitarnya, serta usaha tambak perikanan di desa Bajomulyo, Agungmulyo dan desa-desa sekitarnya. Dua perusahaan kuningan terbesar dari kota Juwana adalah Krisna & Sampurna.

Kota Juwana juga merupakan kota industri. Pabrik Rokok Djarum mempunyai cabang produksi di Kota Juwana, dan juga Pabrik Rokok Tapel Kuda, yang merupakan salah satu pabrik rokok tertua di Indonesia, basis produksi nya berada di kota Juwana. Selain Pabrik Rokok, kota Juwana juga memiliki pabrik minyak kacang.

Pelabuhan Juwana menjadi salah satu tulang punggung kekuatan perekonomian kecamatan Juwana. Pelabuhan ini menjadi salah satu pintu masuk kapal-kapal pengangkut kayu dari Kalimantan. Hasil tambak maupun tangkapan nelayan yang didapat antara lain: bandeng, udang, tongkol, kakap merah, kepiting, ikan pe, cumi, dan kerapu.

Baru-baru ini dibuka sebuah wahana wisata air dan darat baru di Juwana, tepatnya di Jl. Juwana - Rembang Km.8 Ds. Bumimulyo (Mujil) Kec. Batangan Kab. Pati. Nama wahana wisata ini adalah Juwana Water Fantasy, terdiri dari 37 wahana yang diharapkan oleh pemiliknya yang merupakan warga juwana asli menjadi salah satu objek wisata kebanggan Juwana yang dikenal diseluruh Indonesia

Desa/kelurahan[sunting | sunting sumber]

Kecamatan Juwana terdiri atas 29 desa yang terdiri atas 87 Rukun Warga (RW) dan 362 Rukun Tetangga (RT). Desa-desa tersebut yaitu:

Pendidikan[sunting | sunting sumber]

Kecamatan Juwana memilikibanyak lembaga pendidikan mulai dari tingkat dasar sampai Sekolah Menengah Atas. Lembaga pendidikan itu antara lain:

Tokoh[sunting | sunting sumber]

  • Kwik Kian Gie adalah tokoh nasional kelahiran Juwana.
  • Tasiman adalah mantan bupati pati kelahiran Juwana.

Jarak dan Transportasi[sunting | sunting sumber]

Dari Juwana – Ke Semarang

  • Bus Lokal (Ekonomi) → Bus Indonesia, Sinar Mandiri, Widji dan Jaya Utama→Tarif berkisar 16.000-20.000
  • Bus Cepat Terbatas (PATAS) (Non-ekonomi) → Bus Indonesia, Sinar Mandiri, Widji, Jaya Utama dan Nusantara→Tarif berkisar 30.000-45.000
  • Travel (Non-ekonomi) → Travel Karisma (turun di jalan dokter cipto)→Tarif berkisar 95.000-115.000 (sudah termasuk administrasi pemesanan)

Dari Semarang – Ke Juwana

  • Bus Lokal (Ekonomi) → Bus Indonesia, Sinar Mandiri, Widji dan Jaya Utama→Tarif berkisar 16.000-20.000
  • Bus Cepat Terbatas (PATAS) (Non-ekonomi) → Bus Indonesia, Sinar Mandiri, Widji, Jaya Utama dan Nusantara→Tarif berkisar 30.000-45.000
  • Taksi → Taksi Puri Kencana, taksi BlueBird dan taksi semarang lain→Tarif berkisar 450.000-600.000 tergantung negosiasi

Dari Juwana – Ke Surabaya

  • Bus Lokal (Ekonomi) → Bus Indonesia, Sinar Mandiri, Widji dan Jaya Utama →Tarif berkisar 40.000-60.000
  • Bus Cepat Terbatas (PATAS) (Non-ekonomi) → Bus Indonesia, Sinar Mandiri, Widji, Jaya Utama dan Nusantara→Tarif berkisar 80.000-100.000